Wednesday, January 11, 2012

BINTANG dan MATAHARI

No comments

compare jupiter and earth

Sun

Arcturus

antares
sumber gambar:
www.universetoday.com

Definisi bintang menurut Astronomi, adalah:
Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir. Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang.

KelasWarna Suhu Permukaan-Celcius Contoh
OBiru>25.000Spica
BPutih-Biru11.000-25.000Regel
APutih7.500-11.000Sirius
FPutih-Kuning6.000-7.500Procyon A
GKuning5.000-6.000Matahari
KJingga3.500-5.000Arcturus
MMerah<3.500Betelgeuse

Jadi, Matahari adalah jelas bintang, tapi bintang belum tentu disebut matahari, dengan kata lain matahari adalah bintang dengan kelas G, antares adalah bintang dengan kelas M (warnanya merah, <3500 derajat celcius) untuk disebut matahari kira-kira kelasnya harus sama, lihat "quote" dibawah, NASA menyebut antares bintang tapi bukan matahari.

stars

Quote - NASA
"Antares is only the 15th brightest star as viewed from the Earth (and excluding the Sun.
(Antares meskipun sangat terang, bukan bintang terang di Galaxy. Antares hanya 15 bintang paling terang yang dilihat dari bumi (dan tidak termasuk Matahari).

Jika kita dapat memindahkan semua bintang di galaksi dengan jarak yang sama dari kita, sehingga kita bisa membandingkan cahaya terang mereka, Antares akan mengesankan - tetapi akan ada banyak bintang terang. Mungkin Antares adalah bintang paling terang dalam waktu sekitar 1.000 tahun cahaya dari kita, tapi di luar itu Deneb, Betelgeuse dan Rigel adalah sekitar 10 kali lebih terang. Saat ini dikenal bintang paling terang di Galaxy Cygnus OB2 nomor 12, sekitar 200 kali lebih terang dari Antares."

"Antares adalah objek spektakuler yang cantik - berada dalam ratusan bintang di galaksi. Ini adalah "supergiant" merah, yang berarti bahwa ia telah menghabiskan seluruh hidrogen dan masih bersinar. Ketika semua elemen fuseable telah dikonsumsi, Antares akan runtuh dan meledak dalam supernova."

No comments :

Post a Comment