Tuesday, January 24, 2012

Pareidolia pada Awan

No comments
Masih ingat arti istilah "Pareidolia"?
atau mungkin kamu baru mendengar istilah tersebut?
 
Menurut Wikipedia, Pareidolia adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting. 
Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, pria di bulan atau kelinci Bulan, dan pendengaran pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik. 
Kata ini berasal dari bahasa Yunani para-- "samping", "dengan", atau "bersama"-yang berarti, dalam konteks ini, sesuatu yang salah atau salah (seperti dalam paraphasia, pidato gangguan) dan eidolon - "gambar", kata pengecil dari eidos - "gambar", "bentuk", "bentuk".
Penampakan paling sering terlihat pada bentuk awan.

Pareidolia pada awan jadi menarik saat diabadikan dalam foto. 
Dikutip dari Telegraph.co.uk, ayo kita lihat gambar-gambar awan unik di bawah ini.

1. Awan Mick Jagger
Awan yang menyerupai bentuk bibir ini dipotret oleh Peter Beardsley/BNPS.
 

2. Ikan Terbang
Gavin Tobin mengambil gambar ini di Blasket Islands, Irlandia. Hasilnya, tampak bentuk awan yang mirip ikan merah (Red Snapper).

 
3. Arah Kanan
Secara tak terduga awan tiba-tiba membentuk lambang panah ke arah kanan di Endeavour Hills, Melbourne, Australia. Rowena Coutts pun langsung menjepretnya.

 

4. Kuda Laut
Yang satu ini mirip kuda laut? Hasil karya fotografer Alan C. Tough.

 

5. Kelinci Putih
Wah, ada kelinci berlari di langit biru. Hasil jepretan Fiorella Lacona/BNPS.

 

6. Anjing Poodle
Kalau yang satu ini mirip anjing poodle, ya. Bentuk awan ini didapat Bill Williamson di daerah Blackpool, Lancashire, Inggris.

 

7. UFO?
Penampakan UFO di Australia? Rupanya hanya awan belaka. Karya Cobalt Osanga

 

8. Awan Petruk 
Yang terakhir ini mungkin masih ingat. Ya, awan panas membentuk wajah Petruk yang tiba-tiba muncul saat gunung Merapi meletus 2010 lalu.

 

Fenomena ini sempat jadi polemik, murni pareidolia atau isyarat alam perlambang kemarahan mbah Petruk? Yang pasti, amarah Merapi akhirnya berlalu juga.

No comments :

Post a Comment