Sunday, February 12, 2012

Al-Qur'an Dasar Tanya Jawab Ilmiah - Nazwar Syamsu (bagian 3)

No comments
5. Istilah apakah yang di pakai Al-Qur'an untuk pengertian tentang Tatasurya?
Ada berbagai istilah yang dipakai Al-Qur'an untuk Tatasurya dan semua itu meminta penelitian yang seksama, antara lain:
  1. Sama' dipakai untuk pengertian tentang Tatasurya seperti di sampaikan pada pertanyaan no:4. Ayat 2/29 menyatakan bahwa Allah menyelesaikan Tatasurya kita dengan tujuh planet yang mengorbit diatas Bumi. Ayat 16/79 menyatakan bahwa benda-benda yang melayang dalam kekosongan daerah Tatasurya hanyalah ditahan oleh Allah hingga tiada satupun yang keluar dari orbitnya. Tetapi susunan itu akan pecah nantinya di waktu kehancuran total, tersebut pada ayat 25/25, terseret oleh benturan comet, dinyatakan oleh ayat 82/1. Ayat 51/7 menyatakan Tatasurya ini mempunyai sangkut paut antara surya dan planet-planet dan antara bulan dengan planet yang dikitarinya. Manusia yang hidup dalam Tatasurya kita ini tidak dibiarkan pergi ke daerah Tatasurya lain menurut ayat 29/22
  2. Dan yang berarti Tatasurya yang diciptakan Allah secara logis termuat pada ayat 6/73, 9/36. Musa diperintah memperingatkan kaumnya mengenai Tatasurya 14/5. Ayat 22/47 dan 32/5 menyatakan bahwa Tatasurya berputar di sumbunya 360 derajat selama 1000 tahun menurut kalender Qomariah (Lunar Year). Putaran atau rotasi Tatasurya itulah yang menjadi dasar bilangan hari Allah. Seperti Bumi berputar 360 derajat selama 24 jam maka satu hari di Bumi ialah 24 jam dan satu hari Tatasurya adalah 1000 tahun Bumi. Ukuran hari yang amat panjang ini nantinya menjadi penting dan berpengaruh besar diwaktu telah terlaksanannya penerbangan antar planet. Semisal jam yang ujung jarumnya bergerak keliling dengan mana dapat ditentukan waktu di permukaan Bumi, demikian pula Tatasurya ini berputar dengan ujung jarumnya terdiri dari planet yang terjauh itu akan mudahlah ditentukan pula posisi planet lain yang mengorbit di bawahnya. Jadi pernyataan Allah dengan Hari-NYA yang seribu tahun Bumi ini, disamping memperlihatkan kebesaran-NYA juga berfaedah untuk manusia.
  3. Dan dengan istilah YAUM juga ayat 20/104 menyatakan bahwa orang-orang yang kafir diantara penduduk Tatasurya ini akan dikumpulkan ke dalam neraka pada hari kiamat, waktu itu barulah mereka menginsyafi rencana dan hukum Allah bahwa mereka berasal dari satu diri yang kini terpisah-pisah pada sepuluh planet yang mengitari surya.
  4. NUUR dengan arti Tatasurya termuat pada ayat 24/35 dimana dinyatakan bahwa Tatasurya ini bagaikan suatu lubang di semesta raya, di tengah lubang itu ada bintang selaku pelita dan dia berada didalam kaca yaitu planet-planet yang berkilauan senantiasa mengorbit keliling. Juga dengan istilah NUUR ayat 39/69 menggambarkan keadaan mendatang bahwa Tatasurya ini nantinya sesudah kiamat tetap berwujud dimana planet Bumi ini jadi cemerlang bersama planet lainnya.   
Pada ayat-ayat lain NUUR itu berartikan petunjuk Ilahi, dan banyak ayat berartikan sinar. Begitu pula YAUM pada umumnya berartikan hari. Sementara itu ada lagi istilah yang menyangkut dengan Tatasurya yaitu 'Al-Amien. Istilah ini berartikan seluruh manusia yang hidup dalam Tatasurya ini. Banyak sekali istilah itu didapati orang dalam Al-Qur'an, umpamanya saja pada ayat 30/22, 21/107, 45/36, 81/27 dan lain sebagainya.

No comments :

Post a Comment