Kalender Astronomi, April 2012.

Buat teman-teman pecinta Astronomi dan yang sukkaaa banget memandangi langit jangan lewatkan yaa beberapa peristiwa Astronomi yang akan ter...

Buat teman-teman pecinta Astronomi dan yang sukkaaa banget memandangi langit jangan lewatkan yaa beberapa peristiwa Astronomi yang akan terjadi bulan April tahun 2012 ini :

6 April : Bulan Purnama

15 April : Oposisi Saturnus


 (Planet Saturnus)

Planet bercincin ini akan berada dekat dengan bumi dan akan diterangi oleh cahaya matahari. Sehingga pada tanggal 15 April ini merupakan waktu yang tepat untuk mengamati planet bercincin ini.

21 April : Bulan Baru

21-22 April : Hujan Meteor Lyrids

Hujan meteor Lyrids akan kembali menghiasi langit pada tanggal 16 - 25 April, dan puncaknya yaitu pada tanggal 21 - 22 April. Kebetulan untuk tahun ini, sepertinya bulan baru saja memasuki fase bulan baru pada tanggal 21 sehingga sangat memudahkan bagi kita untuk mengamatinya. Seperti namanya, hujan meteor ini berasal dari rasi bintang Lyra. Lihatlah ke arah Lyra selepas tengah malam untuk dapat menikmati hujan meteor ini. Kalau saya sarankan waktu yang cocok adalah sekitar jam 03.30 - 05.00 itu waktu yang tepat karena Lyra sudah berada di atas kepala.
So, jangan sampai melewatkannya yaa....


 (Rasi bintang Lyra)

Konstelasi di Bulan ini

Konstelasi yang ada di bawah dapat dilihat mulai jam 9 malam.

Antlia


Chamaeleon

Crater

Hydra

Leo

Sextans

 Leo Minor

You Might Also Like

0 Comments