Monday, May 28, 2012

Menu Diet yang Sehat dan Praktis

2 comments
Haaaiiiii...... apakabar semuaaa ^_^
Di postingan kali ini, aku mau bagi-bagi menu diet yang sehat dan juga praktis bin mudah juga murah untuk disajikan. Tapi sebelumnya, aku mau cerita-cerita dulu neh, bolehh yaa? boleh dongs, hehehe...


Awalnya, gak pernah terpikirkan sama sekali untuk melakukan diet, dengan berat badanku 45 kg dan tinggi badan 155cm, yang termasuk kategori normal... aku merasa baik-baik saja, aku merasa tidak ada yang perlu diubah dengan pola hidupku, terutama tentang pola makanku, terlebih aku memang suka makan dan suka masak...
Sebenarnya sih, kalau dibilang suka banget makan, nggak juga... tapi seringnya aku tu suka menunda jam makan, aku makan tu gak teratur, kadang, kalau udah bener-bener lapar baru deh makan...
Malah, kadang seharian gak makan, atau kadang-kadang juga sehari makannya bisa sampai beberapa kali dengan porsi yang gak teratur.
Tentang kesehatan? aku pikir selama aku bisa makan enak dan banyak, aku akan sehat-sehat aja, yang ada dikepalaku tu malah diet itu adalah salah satu bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri, yaa lah secara kenapa juga coba kita harus mengurangi jatah makan kita, berlapar-lapar ria kaya gitu, ya gak...? 
kalau ada makanan yaa tinggal dimakan aja,
(ini benar-benar cara berpikir yang sangat-sangat-sangat parraaahhhh banget yaa, hahahaa)

Naaahhh, kalau diantara kalian ada juga yang punya pemikiran seperti itu, 
hmmm... atau mungkin lebih parah dari itu, hihihiiii....
aku kasih tau yaa... menurut informasi yang aku dapat :

Ternyata... 
Pada kenyataan yang sebenarnya adalah, diet bukan mengurangi porsi makan.

Tetapi...
Diet adalah sebuah bentuk pengaturan pola makan yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat tubuh fit dan sehat. 

Jadi, 
sekali lagi, diet bukan merupakan bentuk pengurangan porsi makan kita sehari-hari. Diet adalah pengaturan pola makan. 

Tujuannya jelas,
untuk membuat tubuh kita tetap dalam kondisi terbaiknya.
Jika kemudian tubuh kita menjadi terlihat lebih proporsional (yang kurus menjadi lebih berisi, dan yang gendut menjadi lebih langsing) itu adalah sekedar ‘bonus’.
Prinsip dari diet sebenarnya sangat sederhana, makanlah saat kamu lapar dan berhentilah sebelum kamu kenyang. 
Dan sebenarnya, ini juga sesuai dengan kata-kata Nabi Muhammad SAW, "nabi makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang"  
 
Dan asal tahu saja, makan 3x sehari itu tidak cukup bagi kita. 
Kalau kita makan 3x sehari, kita pasti akan mengalami rasa lapar pada jam-jam dimana jarak makan yang satu dengan yang lainnya cukup jauh. Karena itu, di dalam prinsip diet, dianjurkan untuk makan 5-6 sehari agar tubuh tidak terlalu lemas.

Dari situlah, aku mulai berpikir untuk segera mengubah pola hidupku. Pola hidup yang lebih sehat, terutama mengubah pola makanku yang selama ini tu gak teratur, dari mulai waktu dan porsi makannya juga.
Semuanya ini aku lakukan untuk hidup yang lebih sehat, dan saat ini aku telah memulainya

Ini dia menu diet saya
http://www.tipsdietcepat.com/wp-content/uploads/2011/07/TIPS-DIET-CEPAT-DETOKS-e1311226490697.jpg

Jam 07.00 atau 08:00 Pagi
  • 1 lembar roti gandum + selai (selai kacang atau selai buah) + susu rendah lemak
 Jam 10.00 Pagi
  • Jus buah, atau
  • 1  piring kecil buah potong
Jam 12.00 Siang
  • 1 buah kentang rebus + steak (ayam/tenderloin/tuna) + salad tanpa mayonaise, atau
  • 4 sendok makan nasi merah + ikan bakar + lalapan
 Jam 03.00 Sore
  • 1 gelas jus buah, boleh tambah sedikit susu, atau
  • 1 pisang/ubi rebus + teh hijau tanpa gula, atau
  • Salad buah
Pada intinya, disini kita mengurangi asupan garam, gula dan minyak ke dalam tubuh kita.


Bila mengkonsumsi jus buah usahakan menghindari pemberian gula yang berlebihan. 

Selain itu sering-seringlah mngonsumsi air minum khususnya air putih sehingga untuk menghindari rasa haus yang terlalu sering. 

Rasa haus inilah yang kadang sulit untuk dibedakan dengan rasa lapar, sehingga kita sering kali makan di saat merasa kehausan. 

Menu diet sehat ini diharapkan bisa diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Untuk mengetahui atau menghitung tinggi dan berat tubuh yang ideal silahkan klik disini

2 comments :

  1. wah kalau gemukin badan ada ngak....hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mkan aja yang banyakk, tenang nanti aku yang masakin... hehe

      Delete