Thursday, May 10, 2012

SUPERNOVA

No comments
Supernova mengacu kepada beberapa jenis ledakan besar yang menghasilkan jasad yang sangat cerah yang dihasilkan oleh plasma dan kemudian menurun ke tingkat yang tidak dapat dilihat dalam waktu beberapa minggu atau bulan. Ada dua rute menuju ke akhir hayat bintang.
Bintang raksasa akan berhenti menghasilkan energi peleburan dari penggabungan inti atom-atom di dalam inti bintang lalu menguncup ke dalam oleh daya gravitasinya sendiri, atau bintang kerdil putih mungkin akan mengumpulkan bahan dari bintang dedua sehingga mencapai batas Chandrasekhar sehingga mengalami letusan termonuklear. 

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/be/Wolf_rayet2.jpg/220px-Wolf_rayet2.jpg
Ilustrasi Ledakan Supernova
Dalam kedua kasus, ledakan supernova yang dihasilkan akan menyingkirkan seberapa banyak atau semua bahan bintang dengan kuat.

Ledakan ini menghasilkan gelombang letusan ke angkasa sekitarnya, menghasilkan tinggalan supernova. Salah satu contoh proses ini adalah tinggalan SN 1604.

Dalam standar kosmologi standar yang disebut Teori Big Bang, ledakan supernova merupakan sumber utama semua unsur lebih berat dari oksigen, dan supernova merupakan satu-satunya sumber kebanyakan unsur. Misalnya kalsium pada tulang kita dan besi dalam hemoglobin telah disintesis saat ledakan supernova, jutaan tahun sebelumnya. 
Supernova memasukkan unsur-unsur berat ini ke dalam medium antara Najam, akhirnya memperkaya awan-awan molekul yang menjadi tempat pembentukan bintang-bintang. Bukti dari hasil reputan isotop umur pendek menunjukkan bahwa supernova terdekat telah menentukan komposisi tata surya pada 4.5 miliar tahun. 
Penghasilan unsur berat oleh supernova pada waktu kosmik memungkinkan kehidupan kimia di Bumi terjadi.

Supernova menghasilkan suhu yang sangat tinggi, dan dalam kondisi yang sesuai, reaksi peleburan yang terjadi ketika masa-masa puncak bisa menghasilkan antara unsur yang terberat seperti plutonium dan kalifornium.

"Nova" adalah kata Latin untuk "baru", merujuk kepada apa yang dapat dilihat sebagai kedipan bintang baru yang sangat cerah dalam bola samawi; imbuhan awalan "super" membedakannya dari nova biasa, yang juga melibatkan bintang yang bertambah kecerahannya, meskipun pada tingkat yang lebih rendah dan melalui mekanisme yang berbeda. Namun, adalah tidak tepat jika supernova dianggap sebagai bintang baru, karena sebenarnya menggambarkan kematian bintang (atau setidaknya perubahan radikal pada suatu jasad yang lain).

No comments :

Post a Comment