Thursday, June 21, 2012

Musim Panas Telah Tiba, Horeee...

No comments
SELAMAT DATAAANG, musim panas. 
Resminya, musim terpanjang di belahan bumi bagian utara itu dimulai Rabu (20/6) hari ini.

http://napma.com/wp-content/uploads/2012/06/summersun.gif

Titik balik matahari musim panas pada 2012 ini akan terjadi pukul 19:09 EDT. Matahari secara cepat akan naik ke titik terjauh utara dari khatulistiwa. 
Bagi mereka di belahan bumi selatan, titik balik matahari ini adalah penanda astronomi untuk awal musim dingin.

Meskipun panjang hari sebenarnya tetap 24 jam. Siang hari akan bertahan sepersekian detik lebih lama pada tanggal 20 Juni dibanding tanggal 19 Juni atau 21 Juni. 
Bergerak dari sini, hari-hari akan terasa sedikit lebih pendek sampai titik balik matahari musim dingin pada bulan Desember.

Untuk melihat fluktuasi ini harus dilakukan melihat kemiringan sumbu bumi. Putaran planet kita miring 23,5 derajat. Pada titik balik matahari musim panas, Kutub Utara dimiringkan sebanyak mungkin ke arah matahari. Titik balik matahari musim dingin terjadi ketika titik paling utara planet diarahkan sejauh mungkin jauh dari matahari. Itu berarti sebagian dari kita yang berada di utara khatulistiwa mendapatkan sinar lebih pada bulan-bulan musim panas.

Titik balik matahari tahun ini diperkirakan menjadi hal yang paling pedas untuk sebagian orang Amerika. Sebab, gelombang panas di timur laut dapat memecahkan rekor, Rabu (20 Juni), menurut Badan Cuaca Nasional. Peringatan panas berada di sejumlah tempat untuk Rabu ini. Seperti di Baltimore, Md, Washington, DC, dan bagian utara Virginia, tenggara Pennsylvania, dan New York, dan New Jersey. Suhu di wilayah itu mungkin mencapai yang tertinggi sekitar 100 derajat Fahrenheit.

Namun demikian, titik balik matahari biasanya tidak sesuai dengan hari-hari terpanas tahun ini, yang jauh lebih mungkin terjadi pada Juli dan Agustus. Itu karena lautan meluangkan waktu untuk memanaskan, menciptakan lag antara puncak, dan sinar matahari musim panas puncak.

Selamat berlibuuurr musim panas.... 

No comments :

Post a Comment