Mari Sahur, Sambil Melihat Hujan Meteor Delta Aquarids

Hujan meteor kembali terjadi. Kali ini giliran hujan meteor Delta Aquarids yang memberikan pertunjukan langit. Fenomena i...


Hujan meteor kembali terjadi. Kali ini giliran hujan meteor Delta Aquarids yang memberikan pertunjukan langit. Fenomena ini dapat dinikmati pada Minggu (29/7) dinihari mendatang.

Malam minggu saat sahur, dini hari 29 Juli puncak Delta Aquarids. Posisinya di atas kepala sampai barat daya.

Pada saat puncak ada 20 meteor per jam yang bisa disaksikan. Memang hujan meteor ini tidak termasuk besar, namun para pencinta astronomi tentu tidak akan melewatkan fenomena yang bisa dilihat dengan mata telanjang ini.

Apakah cahaya bulan tidak akan menghalangi pengamatan? 

Bulan terbenam pukul 01.00 WIB, jadi tidak perlu khawatir gangguan bulan. Perlu cuaca cerah dan minim polusi cahaya untuk mengamatinya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKhRC4OCt5LcESOZvCAFD_H9kB-7HMzqPr0m9ffmfDaJus0Hk2n-XB1GnMuaei4nE64aNF6Wq4phZ0kUAxc5-BPoGvVQ3u4e9dl2eGpKW0vYMOd6SxpZquG81F1spYlswCYFGpdiAGmZ0/s1600/qwedqw.jpeg
Konstelasi Aquarius
Hujan meteor ini terlihat dari dekat bintang terang Delta Aquarius yang berada dalam konstelasi Aquarius. Karena inilah hujan meteor tersebut dinamakan. 

Para ilmuwan belum mengetahui secara pasti komet asal hujan meteor Delta Aquarids.


Dugaannya, hujan meteor ini berasal dari 96P/Machholz, komet yang ditemukan pada tahun 1986 oleh astronom amatir Don Machholz.

Jika kamu tidak dapat mengamati hujan meteor ini dengan baik, jangan khawatir karena pada 12-13 Agustus mendatang akan ada hujan meteor Perseids.
Jumlah meteor saat puncaknya adalah 90 per jam.

Oh iyaa, baca-baca juga tentang Kalender Astronomi Tahun 2012 yaa... >_<

You Might Also Like

19 Comments