Friday, July 20, 2012

Perancis Buka Rahasia Berumur 50 Tahun Soal UFO

No comments
Ini sebenarnya berita lama... tapi menurut saya masih menarik untuk diketahui,

Perancis menjadi negara pertama yang membuka berkas mengenai benda terbang takj dikenal (UFO), Kamis, ketika badan antariksa nasional membuka laman lokamayanya, yang mencatat lebih dari 1.600 penglihatan atas UFO selama lima dasawarsa.
 

Arsip maya, yang dibarui sewaktu kasus baru dilaporkan, mengatalogkan kasus dalam rincian waktu, mulai dari yang mudah dipecahkan hingga beberapa yang terus membingungkan, bahkan untuk ilmuwan keras kepala. 
 
"Ini yang pertama di dunia," kata Jacques Patenet, insinyur penerbangan sekaligus kepala kantor penelitian "gejala benda ruang angkasa tak dikenal".

UFO, yang di Perancis disebut OVNI, selalu menyebabkan timbul ketertarikan besar serta teori persekongkolan, yang tak terbilang banyak, tentang tindakan pemerintah menutup-nutupi temuan, yang dianggap terlalu peka atau menguatirkan masyarakat.

"Kasus seperti seorang perempuan melaporkan melihat benda terbang menyerupai gulungan tisu toilet" jelas dinyatakan tidak pantas diselidiki, kata Patenet kepada AFP. 

Tapi banyak lain melibatkan banyak penglihatan -- sedikitnya pada satu kasus melibatkan ribuan orang di seluruh Prancis -- dan bukti nyata, seperti tanda bakar dan petunjuk radar, dianggap sangat serius.

Pasukan keamanan membentuk barikade di depan markas badan antariksa (CNES), tempat pengumuman itu dibuat, "untuk mengeluarkan `UFOlogis` tidak diundang," kata seorang pejabat.


Dari 1.600 kasus terdaftar sejak 1954, hampir 25 persen digolongkan sebagai "jenis D", yang berarti bahwa "meskipun ada data baik atau sangat bagus serta saksi terpercaya, mereka dihadapkan kepada sesuatu tidak bisa dijelaskan," kata Patenent.
 
Tambahan,

Tahun 2006 Lalu, UFO 97 kali Muncul di Langit Inggris
Jika Anda pernah melihat benda kotak besar berwarna hitam di angkasa, atau sebuah skuter raksasa yang melayang-layang, atau bahkan sesosok alien di luar jendela dapur Anda, berarti Anda tidak sendirian. Penampakan seperti itu juga dilaporkan dalam laporan Kementerian Pertahanan Inggris.


Keterangan tersebut muncul setelah pihak kementerian memutuskan untuk mempublikasi beberapa laporan tentang benda tak teridentifikasi di angkasa, termasuk juga di halaman rumah, menyusul diajukannya sejumlah besar permohonan atas dasar Freedom of Information Act (undang-undang kebebasan untuk mengakses informasi dari pemerintah). 
 
Meski piring terbang adalah perwujudan yang umum diketahui, namun deskripsi objek-objek aneh di wilayah angkasa Inggris cukup banyak dan beragam. Dalam situs Kementerian Pertahanan, ditunjukkan pada 2006 terdapat 97 laporan mengenai UFO.

Menurut pengakuan sepasang suami istri di Hasting, mereka melihat sesosok alien mengintip dari luar jendela dapur. Seorang saksi mata lainnya mengaku mendengar suara letusan besar di atas Stamford Hill, London Utara, sebelum dua bola api melintas. Sedangkan di Sunderland, sebuah piramid perak terlihat mengelilingi wilayah itu dengan lambat. Selain itu, sebuah "kapal induk bersama dua benda bulat yang lebih kecil" tampak melayang di atas Barlaston di Staffordshire sebanyak dua kali dalam lima hari.

Pada 2007, beberapa benda tak teridentifikasi menarik perhatian ratusan orang di Stratford, menerangi langit malam yang cerah di atas tempat kelahiran Shakespeare, dua pekan lalu. Sejumlah orang berkumpul untuk sekadar menyaksikan cahaya aneh yang mengambang tanpa suara di atas Stratford selama 30 menit.

Pada tahun sebelumnya, terdapat 128 penampakan termasuk sebuah bola cahaya berwarna oranye dengan "kaki laba-laba" serta sebuah "benda berbentuk cerutu yang terlihat seperti sebuah cakram dari sisinya" dan mampu terbang "lebih cepat daripada sebuah jet tempur."

Awalnya, butuh waktu 30 tahun untuk merilis berkas rahasia mengenai penampakan UFO, sehingga pihak lain tidak bisa mengetahui kelanjutan suatu penampakan. Namun keterangan setiap penampakan sejak 1998 dirilis tahun ini, hanya beberapa bulan setelah peringatan 60 tahun terjadinya insiden yang dicurigai sebagai pendaratan darurat alien di Roswell, New Mexico.

Robert Rosamond, Ketua UFO Research Association Inggris, menyebutkan, berkas-berkas tersebut mengungkap informasi menarik hingga fenomena yang tak dapat dijelaskan. "Sekitar 98 persen kasus yang dilaporkan tidak dapat dijelaskan. Sementara dua persen lainnya membuat kami kagum."

Tahun lalu, seorang mantan kepala Kementerian Pertahanan memperingatkan bahwa Inggris berisiko diserang alien sewaktu-waktu. Nick Pope mundur dari jabatannya sebagai kepala proyek UFO pemerintah dan mengatakan bahwa proyek itu telah ditutup



No comments :

Post a Comment