Wednesday, August 1, 2012

BENDERA AS MASIH KOKOH BERDIRI DI BULAN

No comments
http://wscdn.bbc.co.uk/worldservice/assets/images/2012/07/30/120730143628_buzz_aldrin_flag_moon_512x288_ap.jpg
Bendera AS pertama di Bulan ditancapkan astronot Buzz Aldrin pada 20 Juli 1969.
Serangkaian bendera Amerika yang ditanam di bulan selama kunjungan astronaut Apollo sekitar empat dekade lalu masih berdiri, kecuali satu bendera, ujar seorang ilmuwan dari NASA.

Bendera yang hilang adalah yang ditanam oleh para astronaut perintis dalam misi Apollo 11 pada 1969 ketika manusia pertama, Buzz Aldrin dan Neil Armstrong dari AS, melangkahkan kaki di bulan.

Rincian itu berada dalam sebuah artikel online yang ditulis peneliti Mark Robinson yang menganalisis data dari Lunar Reconnaissance Orbiter Camera (LROC) NASA.

"Dari gambar LROC sekarang bisa dipastikan bahwa bendera Amerika masih berdiri dan menimbulkan bayang-bayang di semua situs, kecuali Apollo 11," tulisnya.

"Astronaut Buzz Aldrin melaporkan bahwa bendera itu tumbang karena tertiup gas pembuangan dari mesin pendorong selama lepas landas Apollo 11, dan sepertinya ia benar!"

Misi Apollo berlangsung pada 1969-1972, mendaratkan astronaut AS ke permukaan bulan. Enam bendera ditanam disana.

LRO sendiri dirancang untuk menghasilkan peta terinci permukaan bulan.
Para ilmuwan sebelumnya telah meneliti berbagai foto-foto terkait pendaratan Apollo dan penancapan bendera di permukaan bulan.
Mereka menemukan adanya bayangan bendera di permukaan bulan. Namun, temuan ini bukan dianggap sebagai sebuah kesimpulan.

Bukti Meyakinkan
Kini para ilmuwan mempelajari foto-foto pendaratan di bulan dengan cara berbeda yaitu pada siang hari dan di bawah pencahayaan yang berbeda.
Penelitian baru ini menemukan adanya bayangan melingkar di titik tempat bendera itu kemungkinan berada.

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/07/30/73124/540x270/bendera-amerika-masih-menancap-di-bulan.jpg

Profesor Mark Robinson, kepada ilmuwan untuk instrumen kamera wahana angkasa LRO (LROC) menuliskan hasil penelitian terbarunya dalam blog pribadinya.

"Dari foto-foto LRO bisa dipastikan bahwa bendera Amerika masih berdiri dan menghasilkan bayangan di semua lokasi," tulisnya.

"Cara paling meyakinkan untuk melihat bahwa bendera-bendera itu masih di sana adalah melihat rangkaian foto-foto yang diambil LROC dalam waktu yang berbeda dan melihat adanya bayangan melingkar di lokasi bendera berada," tambah Robinson.

"Secara pribadi saya sedikit terkejut mengetahui bendera-bendera itu bertahan dari sinar ultraviolet yang ganas dan suhu di permukaan bulan," tandasnya.

LRO memulai misinya di orbit bulan sejak September 2009 untuk mengidentifikasi mineral dan sumber-sumber lain di bulan selain untuk mencari lokasi pendaratan misi yang akan datang.


sumber:

No comments :

Post a Comment