Monday, October 8, 2012

7 Oktober 2012, Telah Melintas Sebuah Asteroid Dekat Bumi

8 comments
Sebuah asteroid yang baru saja ditemukan melintas dalam senyap dalam jarak cukup dekat terhadap Bumi, pada Minggu 7 Oktober 2012 pukul 22:04 WIB.
Ilustrasi yang menunjukkan saat Asteroid 2012 TV melintas dekat Bumi
Credit : ESA / P. Carril
Asteroid 2012 TV yang berdiameter 40 meter itu melintas hanya sejauh 255.000 km dari Bumi, alias lebih dekat ketimbang jarak Bulan ke Bumi (yang besar jaraknya 384.000 km). 
Meski melintas dekat, tak ada potensi tumbukan antara asteroid 2012 TV dengan permukaan Bumi, baik kini maupun di masa depan.

Saat melintas dekat tersebut, asteroid 2012 TV melejit dengan kecepatan 15 km/detik alias 54.000 km/jam. Titik terdekat permukaan Bumi dengan asteroid pada saat itu adalah Selandia Baru. 
Dari Indonesia, khususnya Jawa Tengah, saat itu asteroid bergerak latar depan di rasi bintang Centaurus yang ada di langit timur-laut dalam ketinggian 18 derajat. Namun dengan diameter yang sangat kecil, asteroid ini hanya terlihat sebagai bintik cahaya amat redup dengan magnitudo semu +14 alias hampir menyamai redupnya planet kerdil Pluto. Sehingga hanya teleskop kuat yang mampu mengamatinya.

Asteroid 2012 TV adalah asteroid kelas Apollo, yakni kelompok asteroid yang setengah sumbu mayor orbitnya (a) lebih besar dari 150 juta km dengan perihelion kurang dari 152,5 juta km.
Diagram orbit Asteroid 2012 TV
Sumber dan Referensi :
Himpunan Astonomi Amatir Jakarta
astrobob.areavoices.com
abovetopsecret.com

8 comments :

  1. Moga ga terjadi apa2 ya wee di muka bumi...ngeri klau ngeliat di film2..hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... semoga dunia ini selalu penuh ketenteraman dan kedamaian juga kemakmuran :)
      sukses terus yaa buat bang budi :D

      Delete
  2. sayang sih,,,kemaren malem di daerah aq hujan lebat,,sampe pagi,,jadi gak keliatan apa" deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... sama ditempat ku juga cuacanya gak mendukung :(

      Delete
  3. wah.. meskipun baru hampir tapi patut di waspadai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju... meskipun sudah dinyatakan bahwa tidak akan ada efek buruk untuk saat ini dan masa depan, selalu waspada gak ada salahnya, thx bgt yaa udah mampir :)

      Delete
  4. Betul tuh waspada lah waspadalah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, baru tau aku, kl bang Napi nama aslinya Herman Bagus...
      xixixiii XD

      Delete