Terungkapnya Rencana Pembuatan Piring Terbang Supersonik Milik Angkatan Udara AS

Sebelumnya, mari kita flashback dulu ke tahun 1950-an... Pada tahun 1950-an, Angkatan Udara Amerika Serikat sedang berusaha untuk ...

Sebelumnya, mari kita flashback dulu ke tahun 1950-an...


Pada tahun 1950-an, Angkatan Udara Amerika Serikat sedang berusaha untuk membuat atau membangun sebuah proyek piring terbang supersonik yang kemudian poyek tersebut disebut Project 1794.

Berikut adalah berkas-berkas dari proyek tersebut yang baru-baru ini dipublikasikan oleh National Declassification Center (NDC), yang berada di College Park, Maryland - Amerika

Gambar di atas ditemukan pada halaman sebuah dokumen berjudul
"Proyek 1794, Ringkasan Laporan Akhir Pembangunan" (d.1956). Pada caption tertulis  "USAF Proyek 1.794".

Gambar 1
Struktur pesawat "piring terbang" pada Proyek 1794


Gambar 2
Struktur pesawat "piring terbang" pada Proyek 1794




Menurut dokumen yang dirilis, piring terbang ini seharusnya mampu mencapai kecepatan tertinggi yaitu antara 3 sampai dengan 4 Mach* dan ketinggian hingga lebih dari 100.000 kaki** dengan jangkauan maksimum sekitar 1.000 mil*** laut.

Piring terbang ini juga dirancang untuk dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, alias tidak memerlukan lagi landasan pacu.... Rencana awalnya seperti itu....

Yang menjadi pertanyaan disini adalah, apa sebenarnya yang menjadi alasan Amerika membangun proyek ini?
Apakah mereka memang telah mempelajari UFO milik Alien dan mencoba meniru untuk membuatnya?
Terlepas dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, sepertinya proyek ini memang sempat sukses di awal Project 1794 berjalan, bisa diketahui dari kalimat berikut yang ada pada dokumen:
"Desain yang ada memberikan performa yang unggul melebihi apa yang diharapkan pada awal negosiasi."


Lalu kenapa pula proyek ini dihentikan?

Nah, ternyata pada tahap pembangunannya, piring terbang ini gagal mencapai ketinggian 100 kaki. Setelah melewati beberapa percobaan, piring terbang ini hanya bisa mencapai ketinggian 5 kaki saja, jauh sekali dari yang ditargetkan sebelumnya. Akhirnya proyek ini diakhiri pada tahun 1960an.


Menurut kamu, Apakah ada kaitannya antara proyek "Project 1794" ini dengan fenomena penampakan-penampakan UFO saat ini?

Apakah memang benar, UFO yang sering teramati saat ini adalah benar kendaraan milik Alien?
Apakah Pemerintah Amerika secara diam-diam masih melanjutkan proyek ini hingga saat ini?
Ataukah proyek ini hanya Hoax belaka yang sengaja dipublikasikan oleh Amerika, supaya timbul dugaan/kesan bahwa pemerintah Amerika sempat pernah menguasai teknologi Alien?


Ada sedikit keanehan juga jika kita perhatikan gambar-gambar sketsa piring terbang pada Project 1794 diatas, yaitu gambar-gambar tersebut memiliki kemiripan dengan 'piring terbang' yang ada dalam film-film fiksi ilmiah yang dibuat pada tahun yang sama dengan tahun laporan ini dibuat, yaitu tahun 1956 dan 1957.


Keterangan Tambahan :
* Mach merupakan salah satu satuan kecepatan untuk objek yang terbang di udara, apakah itu rudal, pesawat supersonik, atau jet.
1 Mach atau Mach 1 artinya 1 kali kecepatan suara.
1 Mach = 1225 km/jam atau 761,2 mil/jam.


** 1 kaki = 0,3048 meter.
Dapat kita katakan bahwa 1 yard itu 3 kaki, dan 3 kaki itu hampir 1 meter.



*** 1 mil = 1,609 km 


Arti kata "Deklasifikasi" atau Declassification, dalam bahasa Inggris, yang terdapat pada kalimat National Declassification Center, artinya "masih dirahasiakan".

You Might Also Like

10 Comments