Friday, November 30, 2012

Antara PageRank, SiteLink dan Follower ke-100

41 comments
Assalamualaikum...

((( PageRank )))
HOREEE.... Akhirnya, dapat Page Rank juga, senangnyaaa...

Dan sebenarnya sih, ini adalah sebuah postingan yang tertunda.
Kenapa? Karena kalau sobat-sobat blogger yang lain udah posting tentang ini dari kemarin-kemarin, ahh tapi gak apa-apa deh, secara kan saya orang sibuk, jadi yaa baru sempat publish ini sekarang...
#hahaha.... sombooong#

Yuph... pada tanggal 8 November 2012 yang lalu, PageRank Google telah diupdate dan setelah sekian lama menanti, akhirnya blog ini mendapat PageRank 1. Alhamdulillah... senang dan sangat bersyukur sekali, karena untuk seorang blogger pemula seperti saya ini, meskipun baru di PageRank 1 belum PageRank 10, ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa.
Ini dia PageRank button saya :


Yang kemudian dapat info dari sahabat saya, Herman Bagus kalau widget Google PageRank ini bisa digabung dengan Alexa Rank, jadi tampilan widgetnya lebih simple, 


Dan senangnya lagi, Alexa Rank blog saya ini juga terus meramping, dalam satu minggu ini aja Alhamdulillah udah terkikis 400an... semoga terus-terus dan teeruuuuss meramping.!!!


Oke, mungkin ada diantara yang membaca tulisan saya ini merasa kebingungan, apa sih itu PageRank?
Dari Wikipedia, PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. 
Cara kerjanya seperti ini, sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh
: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Untuk mengeceknya, langsung saja klik www.prchecker.info


((( SiteLink )))
Hal lainnya yang membuat saya merasa sangat senang di bulan November ini, yang juga masih berkaitan dengan blog adalah...
Yeaayy.... saya dapat SiteLink jugaaa, hwahh... Google emang baikk banget ya, hehehe...


SiteLink atau Google Sitelink adalah link-link tautan dinamis dari sebuah situs web atau blog dimana sitelink tersebut juga merupakan navigasi didalam website/blog sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukannya tanpa harus masuk lebih dulu ke halaman homepage.

Tidak mudah lho untuk mendapatkan sitelink... tapi kali ini saya tidak akan share mengenai cara-cara untuk mendapatkan SiteLink, reader bisa langsung search sendiri aja di Google, hehehe... yang pasti sih perlu usaha, kerja keras dan kesabaran. 
Dan tidak semua blog mendapatkan sitelink dari Google, makanya sekali lagi, saya sangat bersyukur  bisa mendapatkan SiteLink ini. Mungkin inilah hasil dari usaha dan kerja keras saya membangun blog ini selama kurang lebih satu tahun. 

Meskipun kalau dilihat-lihat sih, tidak ada yang istimewa dari blog ini... Tapi saya selalu berusaha untuk memberikan manfaat dan yang terbaik untuk siapapun yang mengunjungi dan membaca blog saya ini.

Sedikit membuka rahasia, hehehe.... semboyan yang saya usung dalam membangun blog ini adalah, Content and Visitors are King
Maksudnya adalah, saya berusaha dan berharap Content atau posting-posting yang saya publish benar-benar dapat bermanfaat dan memenuhi rasa dahaga informasi dan keingintahuan para pembacanya. Selain itu Visitors atau para pengunjung juga tak kalah pentingnya bagi saya, maka dari itu saya membuat tampilan blog ini seminimal mungkin. 

Keinginan saya untuk lebih mempercantik blog dengan memasang berbagai widget-widget cantik, saya buang jauh-jauh... semua ini demi para pengunjung saya tercinta, biar loadingnya gak beraaatt, hehehe....

Soalnya, berdasarkan pengalaman pribadi nih... kadang saya suka kesal dan BeTe kalau mau berkunjung ke suatu blog tapi loadingnya lamaaa... padahal kan kita butuh informasi yang ada di blog itu secepatnya. Akhirnya karena loadingnya itu lama saya close aja tab nya. 
Nah saya gak mau ada pengunjung blog saya yang gak jadi baca-baca karena loading blog yang lama karena berat oleh banyaknya widget yang terpasang. Meskipun memang iya sih, lama atau tidaknya loading blog itu relatif, salah satunya bisa karena jaringannya yang lelet bin lemot.

Itulah sekelumit cerita saya tentang Sitelink yang saya peroleh.
By the way, kok ceritanya panjang lebar  gitu yaa, hahaha....

((( Follower ke-100 )))
Nah, untuk yang satu ini juga sudah terlambat banget kalau saya posting sekarang, karena saat saya menulis ini, Alhamdulillah follower as My Best Friends saya sudah berjumlah sebanyak 171.

Tapi... tidak ada kata terlambat kan, untuk berucap syukur dan terima kasih...?
hehehe....

yaa... saya sangat bersyukur bisa memperoleh hingga 100 follower yang saya sebut sebagai My Best Friends, bahkan seperti yang saya bilang diatas sekarang udah ada 171 follower.
Untuk seluruh sahabat-sahabat blogger yang udah follow blog saya ini, saya ucapkan terima kasih... salam ukhuwah, salam persahabatan, semoga persahabatan kita ini berkah yaa, Amin...

Dan ucapan Terima Kasih ini, secara khusus ingin saya sampaikan kepada sahabat saya yaitu Nakusan. 
Horeee... tepuk tangan yang meriah untuk Nakusan, karena telah menjadi follower saya yang ke-100, hehehe... tapi maaf saya tidak bisa memberi hadiah atau award untuk sobat Nakusan, hanya ucapan terimakasih dan pokoknya semoga sukses terus untuk blog Nakusan,

Oh iya, dengan saya menulis tentang Follower ke-100 ini, bukan berarti, saya membeda-bedakan sahabat-sahabat blogger yang udah follow blog saya lho... tidak sama sekali. 
Bagi saya, baik itu follower ke-1, ke-2, ke-3 bahkan hingga yang kesekiannya nanti... kalian adalah yang teristimewa dan sangat berarti.

Hanya saja, saya pernah membaca... kalau angka 100 itu melambangkan kesempurnaan. Dan untuk mencapai kesempurnaan itu, jelas tidak mudah. Diperlukan suatu proses yang sangat sulit untuk mencapai sebuah kesempurnaan.

Dengan memperoleh follower hingga 100, yang alhamdulillah terus bertambah, saya anggap sebagai pecutan semangat untuk terus menjadikan blog ini lebih baik lagi kedepannya, yang dapat menyajikan informasi-informasi penting, menarik dan bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Nah, sodara-sodara... itulah tentang PageRank, SiteLink dan Follower ke-100 blog saya ini, sebuah postingan yang tertunda, hehehe...

Sekian... Salam Semangat.!!!

Wassalamualaikum, Wr... Wb...

41 comments :

  1. info yang sangat berguna genk, dan sangat membantu buat ane. trmkasi genk infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, terimakasih untuk kunjungannya, selamat siang menjelang sore :)

      Delete
  2. selamat ya dee.. :)
    sekarang followernya sudah hampir 200..
    hebat..!
    Teruskan berblogging... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, Cik Nur... :)
      Iya Alhamdulillah, salam semangat :)

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih, sukses terus juga untuk Trik Kumang :)

      Delete
  4. follower yg ke 100 saya ya sob...wuakakaka
    semogah tali silaturahmi kita mangkin langgeng...:D

    makasih kawan infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hehe... baru sempat di posting sekarang :D
      Amin... :D

      iya sama-sama, terima kasih ya:D

      Delete
  5. weh dan bede nampak topik hari ini, salam kenal lah, hahahah

    semoga mangkin sukses selalu lah yeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. halahh.... ahahaa...
      Amin, terima kasih yaa :D

      Delete
  6. WAW selamat selamat..asik nich...

    ReplyDelete
  7. wah kalau begitu saya ikut mengucapkan selamat terutama untuk @Nakusen yah, tak lupa juga utk pemilik Blog yg memeiliki kreatifitas yg tingggi
    selamat dan sukses yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, salam sukses juga untuk Penyuluh Perikanan :D

      Delete
  8. loh kok baru posting sekarang?nunggu followers ke cepe dulu ya (100)
    selamat deh dee... 69 joss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga sih, udah lumayan lama dapat follower ke 100, cuma baru sempat di publis sekarang, tadinya ini gak akan dibikin postingan kayak gini :D
      terimakasih yaa....

      Delete
  9. wah selamat ya dee :) makin sukses aja nih sobat :)

    ReplyDelete
  10. selamat-selamat yah semoga makin sukses..

    ReplyDelete
  11. congrat ya Dee........salud deh sama kamu...

    sy malah blm dpt sitelink nih..... :D

    bis ga pernah...utak atik...kali ya hehe

    salam 6^_^9....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih...
      Saya juga gak nyangka, cuma kebetulan waktu cek, dan ternyata udah dapat site linknya, Alhamdulillah... terimakasih 69 nya :)

      Delete
  12. wuuiih... kereeeenn... Selamat ya De.. ajarin dunk biar bisa seperti itu.. hehehe...

    Sukses 6^_^9 disini De.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh... ini sih kebalik :), harusnya bang Andy yang banyak ajarin saya, hehee... terimakasih yaa :)

      Delete
  13. wah selamat ya,, maju terus untuk blog ny,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya terimakasih yaa :)
      amin.... maju terus juga untuk dunia-perairan....

      Delete
  14. wah mantep tuh udah dapet PR -1 ane mah blom hihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya Alhamdulillah... :)
      Tetap semangat aja, yang sabar nanti juga Insya Allah dapat, hehe

      Delete
  15. Selamat ya dan tetap semangat...
    Kapan nih giliran blog saya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terimakasih ya :)
      pasti ada waktunya juga kok untuk blog Motamatika, hehe....
      pokoknya semangat dan happy blogging aja >_<

      Delete
    2. Oh iya lupa.. terimakasih ya FollBacknya :D

      Delete
  16. whahaa komplit bgt mbak dapetnya..:D
    mantap deh..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, Alhamdulillah, hehehe...
      terima kasih ya :D

      Delete
  17. Replies
    1. Iya Alhamdulillah... hehe :D
      Terimakasih ya :)

      Delete
  18. Info yang sangat bermanfaat dan sangat membantu saya yang masih baru ini, terimakasih telah mau berbagi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Juniyarsa :)
      Iya sama-sama semoga ini bisa menjadi motivasi ngblog buat sobat :D
      salam semangat,

      Delete
  19. tulisannya ringan tapi enak di baca.....mungkin ini salah satu kelebihannya agar bisa mendapatkan PR.... banyak pengunjung dan juga banyak yg nge like sampai 100.....
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga tulisan diatas bisa menjadi penyemangat untuk terus menulis dan mengembangkan blognya atau apapun itu, :D
      apapun yg kita lakukan... yang penting terus berusaha, kerja keras dan berdoa, dan tentunya bersabar :D

      Delete