Saturday, November 3, 2012

Galeri Foto Hujan Meteor Orionids 2012

10 comments
Hayy... masih ingat kan Puncak Hujan Meteor Orionids yang terjadi pada Minggu, 21 Oktober 2012 yang lalu?
Pasti masih dong... dan bersyukurlah kamu yang sempat menyaksikan dan mengabadikan peristiwa astronomi yang satu itu, katanya... hujan meteornya tersebut saat itu tampil memukau di angkasa.
Yuphh... cuma "katanya", karena  kalau aku sendiri, saat itu gak bisa hunting meteornya, soalnya keadaan langit ditempatku saat itu tidak mendukung, hikss...


Nah, buat kamu yang juga tidak sempat menyaksikan Puncak Hujan Meteor Orionids, jangan sedeeehh.... karena ternyata, alhamdulillah ada banyak photographer yang telah berhasil mengabadikan peristiwa saat terjadi hujan meteor tersebut dan berikut beberapa foto hujan meteor Orionids 2012 dari beberapa tempat di dunia yang berhasil aku kumpulkan dari di internet :


Check This Out....!!!

Photographer : Kevin Ward
Lokasi : Baraboo WI, Amerika Serikat
Photographer : Pablo Cabay
Photographer : Utt Inistoner
Sebuah coretan meteor Orionid melintasi langit malam
di atas
kota Huntsville, Alabama,
dalam pandangan kamera di NASA Marshall Space Flight Center
sebelum fajar
pada 21 Oktober 2012,
saat
puncak hujan meteor Orionid.
Credit : Ustream
Wes Jones menangkap bola api di Belmont, CA,
pada
19:44 PDT, 17 Oktober, 2012,
menggunan
kamera di www.astrobytes.net
Gambar ini di ambil dari bola api California
diambil
pada 17 Oktober 2012,
oleh Rachel Fritz dan Rick Nolthenius
dari Cabrillo College, Aptos, CA.

Credit : NASA/MSFC/MEOTullahoma, Tenn.
Photographer : Chester Lampkin
Fotografer Tommy Eliassen menangkap pandangan spektakuler ini
dari sebuah
meteor Orionid
saat melesat
melalui cahaya utara yang mempesona
dalam galaksi
Bima Sakti dari kamp di Korgfjellet, Hemnes, Norwegia,
pada 20 Oktober
2012, saat puncak hujan meteor Orionid 2.012.

Fotografer Charlie Prince
mendapatkan foto
ini dari sebuah meteor Orionid
di Edwards, California, pada 21 Oktober 2012,
saat
puncak hujan meteor Orionid 2.012.
Dia menggunakan Canon PowerShot S5 IS
pada gunung CG-5GT CELESTRON khatulistiwa,
dengan pengaturan
pada F2.7, ISO 400 64 detik eksposur.

Amazing banget kan foto-fotonya,


Setidaknya buat aku gambar-gambar diatas dapat menghapus kesedihanku karena tidak dapat menyaksikan Puncak Hujan Meteor Orionids secara langsung. Mudah-mudahan saat hujan meteor Orionids yang akan datang aku bisa mengabadikan juga gambarnya, seperti yang dilakukan para photographer diatas. Semoga... karena fenomena langka ini bisa disaksikan setiap Oktober, ketika bumi melewati aliran debu yang dibentuk oleh komet Halley.



Seperti yang diterangkan Wikipedia, hujan meteor Orionid atau yang biasa dikenal dengan Orionids, merupakan hujan meteor prolific (produktif) yang berkaitan dengan komet Halley. Orionids biasanya terjadi setahun sekali yang muncul selama sepekan di akhir Oktober. 

Pertama kali, astronom E.C Herric melakukan observasi di 1839 dan 1840 untuk mengamati langit di malam hari pada Oktober. Hujan meteor Orionid dihasilkan oleh komet Halley yang melintas di atmosfer bumi. Komet Halley terkenal setelah astronom Edmund Halley menemukan komet tersebut dan melintas di sistem tata surya pada 1986. 

Ketika komet melewati tata surya, matahari menyublim (mengubah uap air menjadi es) dan memungkinkan partikel batu untuk melepaskan diri dari komet. Semua partikel ini terus beredar di lintasan komet dan muncul sebagai meteor atau "bintang jatuh" ketika mereka melewati di atas atmosfer bumi.



Nah, gitu lho ceritanyaa....

Dan meskipun gak banyak, semoga kalian senang dengan foto-foto hujan meteor Orionids-nya, sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnya yaa...

10 comments :

  1. peristiwa yang begini jarang terjdai.
    Walapun terjadi, mungkin dalam skala yang besar dan bisa saja berbahaya :) kayak film-film tuh.wkwkw

    Korban filem nich .huhu ^^ kunjungi rumah ane juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... film loverni berarti, tapi Alhamdulilah waktu terjadi Hujan meteor orionids kemarin tidak terjadi bencana,

      Delete
  2. yang no.2 dari bawah keren banget tuh dee...mantab dah infonya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih.. :)
      iya betul, gambar karya Tommu Eliasen emang jadi primadona deh kayaknya... soalnya hampir disetiap situs yg menginformasikan tentang hujan meteor ini, kebanyakan menggunakan gambar itu...

      Delete
  3. keren... keren niee gambarnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... nyesel saat terjadi peristiwanya tidak bisa menyaksikan secara langsung...

      Delete