[[Galeri Foto]] Puncak Hujan Meteor Leonids

Hujan meteor Leonids berlangsung mulai dari tanggal 6 November yang lalu hingga 30 November nanti. Dini hari, diarah langit timur sekitar ...

Hujan meteor Leonids berlangsung mulai dari tanggal 6 November yang lalu hingga 30 November nanti. Dini hari, diarah langit timur sekitar rasi Leo, dimana terbentang puing-puing komet 55p/Tempel-Tuttle. Kemudian puing-puing tersebut akan menghujam Bumi sebagai meteor sebanyak 15-an meteor tiap jam pada waktu puncaknya yaitu tanggal 17 November 2012 pukul 02.00 WIB.

Dari Space Weather dan Space.com, berikut adalah 10 foto meteor Leonids yang nampak, pada saat terjadinya puncak hujan meteor Leonids tanggal 17 November 2012, dari beberapa belahan langit di dunia...

Credit : Mike Hankey of Freeland, Md.,
Credit : Scott Tully
(Connecticut, USA)
Credit : Brian Emfinger
(Ozark, Arkansas, USA)
Credit : Tony Andrea
(St. Paul, MN, USA)
Credit : Paul Martin
(Omagh, County Tyrone, N.Irelan)
Credit : Bud Branch
(Charlottesville, VA)
Credit : George D. Nincehelser
(Peru, Nebraska, USA)
Credit : Pete Glastonbury
(Devizes, Wiltshire, UK)
A Leonids Startrails atau Jejak bintang (meteor)
Credit : John Stetson
(Sebago Lake, Maine)
Credit : Nubia Rivas
(Izalco, Sonsonate, ESA)
Credit & Copyright: Stéphane Vetter (Nuits sacrees)

Nah, itulah beberapa gambar meteor Leonids...
Subhanallah... indah sekali yaa...


Yang masih mau hunting, silahkan... mumpung masih ada waktu sampai tanggal 30 November nanti.

Oh iya... hujan meteor Leonids ini dapat dilihat dengan mata telanjang lho... dan sama sekali tidak berbahaya. Jadi, buat kamu yang ingin mengamati keindahan meteor-meteor Leonids ini, setiap selepas tengah malam hingga tanggal 30 November, coba arahkan pandangan kamu ke arah langit sebelah timur dan pastikan pandangan kamu tidak terhalangi oleh polusi cahaya.

Dan kabar baiknya, hujan meteor Leonids ini dapat disaksikan diseluruh langit kepulauan Indonesia. Tapi mungkin, untuk sekarang ini, penampakan meteornya gak akan begitu jelas dan banyak karena masa puncaknya sudah lewat.

Oke deh, sekian...


Bye, bye...

You Might Also Like

12 Comments