Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012

Assalamuaikum... Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi...

Assalamuaikum...
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan purnama.
Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari dapat diprediksi sebelumnya. Hal ini terkait dengan suatu siklus gerhana yang disebut seri Saros. 
Seri Saros merupakan sebuah siklus terjadinya gerhana secara periodik yang berselang 18 tahun 11 hari 8 jam. Artinya kalau ada dua gerhana yang terpisah atau terjadi dalam selang waktu tersebut, kedua gerhana itu akan memiliki geometri gerhana yang sama. Dalam seri Saros ini, GBP 28 November 2012 merupakan anggota ke-11 dari seri Saros 145, yang jumlah anggotanya sebyanyak 71. Gerhana sebelumnya yang berasosiasi dengan GBP 28 November 2012 ini adalah GBP 18 November 1994. Sementara gerhana yang berasosiasi sesudahnya adalah GBP 9 Desember 2030.

Nah, menjelang akhir bulan November ini, atau lebih tepatnya tanggal 28 November 2012, kembali akan terjadi fenomena astronomi yaitu Gerhana Bulan Penumbra.



Seperti yang terlihat pada gambar diatas,
Gerhana Bulan Penumbra adalah peristiwa masuknya bulan ke dalam bayangan penumbra bumi. Akibatnya, kecemerlangan bulan akan nampak berkurang. Berbeda dengan ketika gerhana umbra terjadi, bulan akan mengalami perubahan bentuk (menjadi sabit padahal saat itu sedang fase purnama) dan warna (ketika seluruh bagian bulan masuk ke dalam umbra bumi, warna bulan akan berubah menjadi kemerahan (gerhana bulan total)).

Dari BMKG, berikut adalah informasi dan ilustrasi fase-fase dan waktu kejadian dari proses Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012 :
  • Gerhana Penumbra mulai :  pukul 19:12:6 WIB
  • Puncak Gerhana :  pukul 21:33:0 WIB
  • Gerhana Penumbra berakhir : pukul 23:53:3 WIB
Ilustrasi proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012
Credit : BMKG
Dari informasi dan gambar ilustrasi di atas dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana Penumbra mulai (P1) hingga Gerhana Penumbra berakhir (p4) adalah 4 jam 40,7 menit. Pada saat puncak gerhana, persentase piringan Bulan yang tertutupi bayangan penumbra Bumi dibandingkan dengan piringan Bulan secara keseluruhan adalah sebesar 94,2%. Piringan yang tertutupi ini adalah bagian yang mengarah ke sebelah Utara pada arah mata angin pengamat.

Indonesia menjadi salah satu kawasan yang mampu menyaksikan gerhana Bulan ini. Seluruh kawasan Indonesia tanpa terkecuali mampu menyaksikan semua tahap gerhana penumbra ini.

Namun sayangnya...
Gerhana bulan penumbra 28 November 2012 ini akan sangat sulit diamati dengan mata telanjang. 
Kenapa? Karena seperti yang telah dijelaskan diatas, saat terjadi gerhana bulan penumbra, tidak ada perubahan bentuk dan warna yang terjadi pada bulan, hanya kecemerlangan cahaya bulan akan nampak berkurang. 
Jadi, untuk dapat mengamatinya harus dilengkapi dengan alat bantu optik, bisa menggunakan binokuler atau teleskop.

Area visibilitas Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012
Credit : BMKG
Pada gambar diatas ditampilkan lokasi di muka Bumi yang dapat dan tidak dapat digunakan untuk menyaksikan GBP 28 November 2012. Di kawasan daratan bumi, gerhana ini bisa disaksikan dari Asia, Australia, sebagian Eropa khususnya Eropa timur, sebagian Afrika khususnya Afrika utara dan timur serta Amerika Utara. 
Pengamat di Amerika Utara tidak dapat menyaksikan proses akhir gerhana, karena gerhana berlangsung pada saat Bulan terbenam. Adapun pengamat di Asia Barat, Eropa dan sebagian besar Afrika bagian Timur Laut tidak dapat menyaksikan proses awal gerhana akibat gerhana berlangsung saat Bulan terbit.
Sementara untuk kawasan lautan, gerhana ini hanya bisa disaksikan dari sebagian besar perairan Samudera Pasifik (kecuali lepas pantai Amerika Selatan) dan Samudera Hindia.

Demikian informasi mengenai Gerhana bulan Penumbra (GBP) yang akan terjadi pada 28 November 2012 nanti, semoga bermanfaat.

Untuk teman-teman yang muslim jangan lupa yaa Shalat Gerhananya.

Firman Allah SWT dalam Q.S An-Nahl (16) ayat 12 :


Wassalamualaikum...



Referensi :

You Might Also Like

60 Comments