GERHANA MATAHARI TOTAL, 14 November 2012

Assalamualaikum... Seperti yang telah saya informasikan sebelumnya, bahwa pada tahun 2012 ini ad a lima gerhana yang terjadi. Yait...

Assalamualaikum...

Seperti yang telah saya informasikan sebelumnya, bahwa pada tahun 2012 ini ada lima gerhana yang terjadi.
Yaitu Gerhana Matahari Cincin (20 Mei 2012), Gerhana Bulan Sebagian (4 Juni 2012), Gerhana Venus (Transit Venus) atau gerhana Matahari oleh planet Venus (6 Juni 2012 M),  Gerhana Matahari Total (14 Nopember 2012) dan terakhir yaitu Gerhana Bulan Panumbra (28 Nopember 2012).

Dan pada tanggal 14 November 2012, yang hanya tinggal beberapa hari lagi ini, Insya Allah akan terjadi Gerhana Matahari Total.
Gerhana Matahari
tahun 1999 di Perancis
Sumber gambar : Wikipedia
Sebuah gerhana Matahari dikatakan sebagai gerhana total apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Gerhana Matahari 14 November 2012 tergolong sebagai Gerhana Matahari Total yang menjadi gerhana Matahari ke–45 dalam seri Saros 133.
Sumber gambar : Eclipse Maps
Gerhana Matahari yang akan terjadi pada tanggal 14 November 2012 adalah gerhana Matahari kedua sekaligus menjadi gerhana Matahari yang terakhir dalam tahun 2012. Dimana sepanjang tahun 2012 tersebut hanya akan terjadi dua peristiwa gerhana Matahari.
Gerhana Matahari kali ini dapat disaksikan dikawasan di Amerika Selatan bagian Barat, Samudra Atlantik, Australia, Antartika, dan Papua Nugini.

Dari Indonesia, Gerhana Matahari 14 November 2012 ini dapat dilihat dari kawasan Indonesia bagian timur. 
Gambar dibawah menunjukkan peta keterlihatan gerhana matahari 14 November 2012. Daerah yang terkena garis hitam adalah daerah terbaik untuk melihat gerhana. Gerhana juga dapat dilihat dari daerah-daerah yang berbayang warna merah.
Dan dari gambar dibawah pula, kita dapat melihat bahwa memang hanya sebagian kecil saja daerah di kawasan Indonesia bagian timur saja yang dapat menyaksikan gerhana matahari ini. Itupun hanya berupa gerhana matahari sebagian.

Peta keterlihatan Gerhana Matahari 14 November 2012
Sumber gambar : Time and Date
Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa untuk kawasan Indonesia, peristiwa gerhana matahari kali ini akan terlihat berupa gerhana matahari sebagian dan hanya dapat disaksikan dari kawasan Indonesia bagian Timur, tepatnya yaitu Papua (Jayapura, Sorong), Maluku (Ambon), Nusa Tenggara Timur (Kupang).

Berikut tahapan dan waktu terjadinya gerhana matahari 14 November 2012.
(Untuk kawasan Indonesia bagian tengah (WITA), waktu berikut ditambah 1 jam dan untuk kawasan Indonesia bagian timur (WIT), waktu berikut ditambah 2 jam atau disesuaikan dengan waktu lokal) 
  • Gerhana mulai :
    pukul 02:38.0 WIB
  • Gerhana Total mulai :
    pukul 03:36.1 WIB
  • Puncak Gerhana (bertepatan dengan Matahari terbit) :
    pukul 05:18.1 WIB
  • Gerhana Total  berakhir :
    06:47.4 WIB
  • Gerhana berakhir :
    07:45.6 WIB

Nah, itulah sekelumit tentang gerhana matahari total yang akan terjadi pada tanggal 14 November 2012 mendatang. Meskipun amat disayangkan, karena peristiwa ini tidak dapat sepenuhnya kita saksikan dari kawasan Indonesia, negara kita yang tercinta ini... tapi saya berharap semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk siapapun yang membacanya.... See you...

Oh iya... kalau kamu bingung, apa itu Seri Saros yang ada pada caption gambar kedua diatas, aku jelasin yaa...
Seri Saros atau Siklus Saros adalah siklus gerhana (sekitar 6585,3213 hari, atau sekitar 18 tahun 11 1/3 hari), yang dapat digunakan untuk memprediksi gerhana matahari serta gerhana bulan. Satu siklus setelah gerhana, matahari, bumi, dan bulan kembali ke bidang geometri yang relatif sama, dan gerhana yang hampir identik akan terjadi.

Dan untuk sahabat yang muslim, silahkan baca juga mengenai Tata Cara Shalat Gerhana, semoga bermanfaat yaa...

UPDATE

Untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Total Ini Secara Langsung, Kamu Bisa Mengakses Situs www.ustream.tv

Wassalamualaikum...



Referensi :
Info Gerhana 
Wikipedia/Siklus Saros
Wikipedia/Gerhana Matahari

You Might Also Like

24 Comments