Sunday, December 2, 2012

(((Bohong))) Bumi Akan Mengalami Kegelapan Pada 23 - 25 Desember 2012

43 comments
Assalamualaikum...

Mungkin, ada yang pernah mendengar atau membaca kabar dengan judul seperti ini :
"NASA Predicts Total Blackout on 23-25 December 2012 During Alignment of Universe"

atau kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia :

"NASA Memprediksikan Kegelapan Total pada 23-25 Desember 2012 Selama Kesejajaran Alam Semesta"

Ya... sejak dua atau tiga bulan yang lalu, sebuah kabar beredar di situs-situs, blog, jejaring sosial, email dan BBM (Blackberry Messenger) yang intinya menginformasikan bahwa NASA telah memprediksi Bumi akan mengalami kegelapan pada tanggal 23 hingga 25 Desember 2012. Kabarnya, hal ini disebabkan oleh Alignment of Universe atau sejajarnya alam semesta yang terjadi pada tanggal 23 hingga 25 Desember tahun ini.

Untuk sebagian orang, saat mendengar kabar tersebut pastilah pikiran yang pertama kali muncul adalah takut dan cemas, dan timbul pemikiran yang bermacam-macam sehingga meyakini kebenaran isu kiamat 2012 yang sempat santer beredar dari sejak akhir tahun yang lalu. Padahal seperti yang kita tahu, perkara kiamat hanya Allah SWT yang tahu...

Sebagaimana Firman Allah SWT :
“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat, Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti” (QS Luqmaan: 34).


Sumber gambar : fopnews.com
Tapi... apakah memang benar selama tiga hari tersebut, planet Bumi kita yang tercinta ini akan mengalami kegelapan? 
Jawabannya adalah Tidak Benar alias Bohong.

Bagaimana penjelasannya?
Bumi akan mengalami kegelapan hanya kalau cahaya matahari terhalang, baik karena berada di belahan malam atau di lokasi gerhana matahari total. Jadi, tidak ada mekanisme yang membuat bumi akan gelap, apalagi selama 3 hari.



Tapi mungkin masih saja ada yang merasa bingung, ketakutan dan cemas... karena disetiap pemberitaan mengenai Total blackout tersebut selalu terkait nama NASA, yang jelas-jelas apabila ada informasi yang bersumber dari NASA tentu tidak akan diragukan lagi.

NASA atau National Aeronautics and Space Administration yang merupakan agensi pemerintah Amerika Serikat ini bertanggung jawab atas program angkasa AS dan riset aerospace umum jangka panjang. NASA ini juga merupakan organisasi masyarakat yang melakukan riset bagi sistem ruang angkasa masyarakat dan militer. 
Dan mengenai kabar Total Blackout ini jika kita cek di situs NASA nya langsung yaitu di www.nasa.gov  tidak ada pemberitaan yang menginformasikan tentang pemadaman planet selama tanggal 23 hingga tanggal 25 Desember 2012 nanti.

Adapun informasi yang disampaikan oleh kepala administrator NASA, Charles Bolden F., Jr melalui sebuah video yang bisa di tonton disini adalah mengenai keharusan untuk selalu siap siaga apabila menghadapi bencana, pesan tersebut ditujukan kepada para karyawan NASA beserta keluarganya juga kepada khalayak umum.

Jadi, info yang menyebutkan bahwa berita tentang kegelapan total itu datang dari hasil riset NASA, sekali lagi adalah tidak benar alias bohong.

Lalu... mengenai kesejajaran planet tersebut hingga membentuk garis lurus, apakah mungkin bisa terjadi seperti itu?

Orbit planet-planet di Tata Surya memang semuanya berada dalam satu bidang. Demikian juga dengan orbit satelit dari planet-planet tersebut. Semuanya berada dalam satu bidang yang sama.  Semua planet bisa memiliki orbit pada bidang yang sama ini terkait dengan pembentukannya di dalam Tata Surya.

Tapi, meskipun berada pada bidang yang sama, orbit setiap planet itu tidaklah benar-benar persis satu bidang. Masing-masing planet memiliki kemiringan orbit yang berbeda-beda, lihat tabel dibawah ini :

Tabel Inklinasi/kemiringan orbit setiap planet

Jadi, kemungkinan benar-benar sejajarnya planet-planet dalam tata surya kita, sangat kecil karena seperti yang tertulis diatas, kemiringan bidang orbit planet-planet berbeda-beda.

Kesimpulannya adalah...
Pemberitaan mengenai Bumi akan mengalami kegelapan selama tiga hari yaitu tanggal 23 hingga 25 desember 2012 adalah...
tidak benar alias hoax alias bohong.

Adapun peristiwa astronomi yang akan terjadi pada sekitaran tanggal yang berdekatan dengan tanggal 23 hingga 25 Desember tersebut atau tepatnya yaitu tanggal 21 Desember 2012 adalah Solstice Desember.
Dimana pada tanggal 21 Desember 2012, kutub Selatan Bumi akan condong ke arah Matahari, sehingga Matahari berada pada titik balik Selatan (Tropic of Capricorn) dengan deklinasi -23,44°.
Peristiwa ini menandai awal musim dingin (winter solstice) di belahan Bumi Utara dan awal musim panas (summer solstice) di belahan Bumi Selatan.

Sedikit mengenai Solstice, Solstice atau titik balik matahari adalah sebuah fenomena alam yang terjadi 2 kali dalam setahun, yaitu saat garis axis matahari bergerak menjauhi bumi yang menyebabkan posisi matahari akan bergerak condong ekstrem ke Selatan atau Utara.

Dan satu-satunya keterkaitan ilmu astronomi dengan info-info yang beredar adalah soal puncak aktivitas matahari pada 2012, di mana medan magnet matahari mencapai suatu tingkat kompleksitas magnetik terlalu tinggi, sehingga melepaskan energi. Tapi itupun telah bergeser ke pertengahan 2013.

Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.


Aku berlindung kepada Allah SWT
dari mempercayai sesuatu yang tidak benar



Referensi :
Langit Selatan.com 
www.hoax-slayer.com 

Special Thanks to :
Bapak Prof. Thomas Djamaluddin

43 comments :

  1. Replies
    1. Iya sama-sama :D
      Terimakasih pertamaxnya :D

      Delete
  2. Replies
    1. Silahkan, silahkan... :D
      Iya sama-sama, terimakasih...

      Delete
  3. terus harus gimana donk?
    harus 69 dulu aja deh yang bener...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting g harus bilang wow sob hehee

      Delete
    2. dee jangan lupa bertugas kesini ya hehe

      Delete
    3. Ants Kaka : Terimakasih...

      Herman Bagus : Sipp, udah ke TKP barusan... dua-duanya dikunjungi 69 sukses dan lancar :D

      Delete
  4. mlm sobat. ini kyk nya info baru aq tau sobat,. trmkas'y postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama... semoga dapat menambah pengetahuan kita semua :D

      Delete
  5. ya ampun ternyata hanya hoax, ok dah semoga tidak terjadi apa-apa ya mbak hehhe :D
    oy, salam kenal dari saya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... Amin, Insya Allah...

      salam kenal juga, Rico :D

      Delete
    2. oh iya, blognya udah aku dollow di #64, follback yaaa :)

      Delete
  6. Jadi, info sebelum ini tidak benarlah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Cik Nur, tidak benar alias hoax belaka :D

      Delete
  7. berarti prediksi sebelumnya salah ya.. :)

    sikat 69..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah kira-kira :D
      sipp, terimakasih yaa :)

      Delete
  8. klw saya pribadi mending berpedoman Al Quran dan As Sunnah. lah wong di Quran aja gak menerangkan kiamat jatuh pd tanggal dan tahun brp. cuma harus yakin jika kelak betul2 terjadi. jika para pakar berteori lain itu karena meraka mengandalkan ilmunya tetapi tidak mengandalkan Sang Pemberi Ilmu, makanya selalu meleset klw soal kiamat. heheh kok ngelantur yah, soryy dah cuma share dikit2 ttg kiamat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju... sebagai seorang muslim, menurut saya tidak ada yang lebih baik untuk dijadikan pedoman selain Al-Qur'an dan As-Sunnah...

      mengenai kiamat, jangankan kita manusia, malaikat-malaikat-Nya pun tidak tau kapan terjadinya hari kiamat tersebut,
      "Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan."

      Hanya Allah SWT saja yang Tahu, karena itu kiamat hanya harus diyakini akan terjadi, akan tetapi soal waktunya kita dilarang untuk meramalnya, memprediksinya apalagi hanya sekedar menduga-duga....
      Islam tidak mengajarakan tentang ramalan, melainkan harus menggunakan akal sehat.

      Terimakasih kunjungan dan komentarnya :D
      sukses terus untuk Rizal...

      Delete
  9. bener kak.. berita itu udah nyebar dan bikin anak-anak di luar negeri tepatnya di daerah sekitar kantor nasa juga sampe nekad dan lebih memilih mengakhiri hidup sendiri ketimbang melihat bencana itu, ya kemungkinan terjadinya buat aku itu kecil . tapi kalo di tanggal itu mungkin sekedar perubahan jalur orbit dan sejajarnya semua planet.. wow banget ya kalo planet bisa sejajar :D
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tapi ada kenyataannya sejajarnya planet itu kemungkinanannya kecil, karena seperti yang tertulis diatas, masing-masing planet memiliki kemiringan orbit yang berbeda-beda.... kalau hanya nampak sejajar itu masih mungkin dan hal seperti itu hal yang biasa,

      itu yang sangat disayangkan, ada orang2 yang kalau mendengar kabar yg tidak biasa langsung merasa cmas, ttakut dan khawatir tanpa ada usaha untuk mencari yang sebenarnya... terimakasih kunjungannya yaa sist :)

      Delete
  10. Kunjungan tengah malam di blognya sobat sekalian ngopi sebentar sambil nyimak informasi di atas. Kewajiban saya disini pun sudah saya tunaikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... terimakasih sobat, selamat bermalam minggu yaah :)

      Delete
  11. sampe ada kawan ane y gabug hanya gara2 berita itu, katanya ada y bilang sebelum kiamat iru bumi akan gelap selama 3 hari..
    *ane ga tau juga asal-usulnya gimana bisa gituh..
    Hanya Allah yang maha kuasa melakukan segalanya..
    Kita berharap yang terbaik di dunia dan akhirat kelak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... betul kita hanya bisa berharap Allah SWT selalu melindungi kita...
      terimakasih kunjungannya :)

      Delete
  12. Sesungguhnya Allah lebih mengetahui segala yang nyata dan tersembunyi. Allah maha hebat...apapun hari kehancuran itu pasti. Marilah mengumpul amalan2 yang baik..
    Jemput ke blog pesona ya.cerita2 baru nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali apa yang disampaikan Etuza :)
      Allahu Akbar...

      Siap meluncur... hehe, terimakasih kunjungannya, salam kenal yaa :D

      Delete
  13. Asik nich kalau gelap...ga ada pagi ga ada sekolah,,haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin?
      hmmm.... dasar nih, ada-ada aja hehehh....
      terimakasih kunjungannya ya :D

      Delete
  14. Mudah^an saja memang tdk terjadi apa^, saya sependapat dg admin ini, pokoknya apakah itu bohonga atau benar terserah sajalah semua kita terima apa yg terjadi terjadilah...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, semoga tidak terjadi apa-apa, dan berharap Allah SWT selalu melindungi kita... Amin,
      terimakasih kujungan dan komentarnya, :D

      Delete
  15. Sangat informative,,pokonya semua kita kembalikan saja kepada yang maha kuasa,yang terpenting bagi kita adalah : tetap berada di jalan yang diridhoi oleh Alloh swt,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, dan hal penting lainnya menurut saya adalah, kalau kita menerima suatu informasi baiknya cari dulu kebenarannya jgn mudah percaya :)

      Delete
  16. Mampir lagi nih mau nyikat 69,, sekaligus +1, hehhee.. :)

    ReplyDelete
  17. aq sih emang yakin,kalau itu cuman isu doang,..
    #kunjungan_malam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull... :)
      terimakasih kunjungannya yaa :D

      Delete
  18. wew...ngeri uy 3 hari 3 malam..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi Alhamdulillah menurut informasinya, itu hanya kabar hoax saja :)

      Delete
  19. Replies
    1. Yapss... silahkan, semoga bisa bermanfaat ya :)
      Terimakasih untuk kunjungannya :D

      Delete
  20. ckckckc asem tuh janda aku dikerjain lagi sampai disini,..begitu nongol tak tanggung2 sikat,..hahahayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.... aciye ciyee....
      ada yang dikerjain janda nih, #ehh, xixixiii

      Delete