(((Bohong))) Bumi Akan Mengalami Kegelapan Pada 23 - 25 Desember 2012

Assalamualaikum... Mungkin, ada yang pernah mendengar atau membaca kabar dengan judul seperti ini : "NASA Predicts Total Blackout ...

Assalamualaikum...

Mungkin, ada yang pernah mendengar atau membaca kabar dengan judul seperti ini :
"NASA Predicts Total Blackout on 23-25 December 2012 During Alignment of Universe"

atau kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia :

"NASA Memprediksikan Kegelapan Total pada 23-25 Desember 2012 Selama Kesejajaran Alam Semesta"

Ya... sejak dua atau tiga bulan yang lalu, sebuah kabar beredar di situs-situs, blog, jejaring sosial, email dan BBM (Blackberry Messenger) yang intinya menginformasikan bahwa NASA telah memprediksi Bumi akan mengalami kegelapan pada tanggal 23 hingga 25 Desember 2012. Kabarnya, hal ini disebabkan oleh Alignment of Universe atau sejajarnya alam semesta yang terjadi pada tanggal 23 hingga 25 Desember tahun ini.

Untuk sebagian orang, saat mendengar kabar tersebut pastilah pikiran yang pertama kali muncul adalah takut dan cemas, dan timbul pemikiran yang bermacam-macam sehingga meyakini kebenaran isu kiamat 2012 yang sempat santer beredar dari sejak akhir tahun yang lalu. Padahal seperti yang kita tahu, perkara kiamat hanya Allah SWT yang tahu...

Sebagaimana Firman Allah SWT :
“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat, Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti” (QS Luqmaan: 34).


Sumber gambar : fopnews.com
Tapi... apakah memang benar selama tiga hari tersebut, planet Bumi kita yang tercinta ini akan mengalami kegelapan? 
Jawabannya adalah Tidak Benar alias Bohong.

Bagaimana penjelasannya?
Bumi akan mengalami kegelapan hanya kalau cahaya matahari terhalang, baik karena berada di belahan malam atau di lokasi gerhana matahari total. Jadi, tidak ada mekanisme yang membuat bumi akan gelap, apalagi selama 3 hari.



Tapi mungkin masih saja ada yang merasa bingung, ketakutan dan cemas... karena disetiap pemberitaan mengenai Total blackout tersebut selalu terkait nama NASA, yang jelas-jelas apabila ada informasi yang bersumber dari NASA tentu tidak akan diragukan lagi.

NASA atau National Aeronautics and Space Administration yang merupakan agensi pemerintah Amerika Serikat ini bertanggung jawab atas program angkasa AS dan riset aerospace umum jangka panjang. NASA ini juga merupakan organisasi masyarakat yang melakukan riset bagi sistem ruang angkasa masyarakat dan militer. 
Dan mengenai kabar Total Blackout ini jika kita cek di situs NASA nya langsung yaitu di www.nasa.gov  tidak ada pemberitaan yang menginformasikan tentang pemadaman planet selama tanggal 23 hingga tanggal 25 Desember 2012 nanti.

Adapun informasi yang disampaikan oleh kepala administrator NASA, Charles Bolden F., Jr melalui sebuah video yang bisa di tonton disini adalah mengenai keharusan untuk selalu siap siaga apabila menghadapi bencana, pesan tersebut ditujukan kepada para karyawan NASA beserta keluarganya juga kepada khalayak umum.

Jadi, info yang menyebutkan bahwa berita tentang kegelapan total itu datang dari hasil riset NASA, sekali lagi adalah tidak benar alias bohong.

Lalu... mengenai kesejajaran planet tersebut hingga membentuk garis lurus, apakah mungkin bisa terjadi seperti itu?

Orbit planet-planet di Tata Surya memang semuanya berada dalam satu bidang. Demikian juga dengan orbit satelit dari planet-planet tersebut. Semuanya berada dalam satu bidang yang sama.  Semua planet bisa memiliki orbit pada bidang yang sama ini terkait dengan pembentukannya di dalam Tata Surya.

Tapi, meskipun berada pada bidang yang sama, orbit setiap planet itu tidaklah benar-benar persis satu bidang. Masing-masing planet memiliki kemiringan orbit yang berbeda-beda, lihat tabel dibawah ini :

Tabel Inklinasi/kemiringan orbit setiap planet

Jadi, kemungkinan benar-benar sejajarnya planet-planet dalam tata surya kita, sangat kecil karena seperti yang tertulis diatas, kemiringan bidang orbit planet-planet berbeda-beda.

Kesimpulannya adalah...
Pemberitaan mengenai Bumi akan mengalami kegelapan selama tiga hari yaitu tanggal 23 hingga 25 desember 2012 adalah...
tidak benar alias hoax alias bohong.

Adapun peristiwa astronomi yang akan terjadi pada sekitaran tanggal yang berdekatan dengan tanggal 23 hingga 25 Desember tersebut atau tepatnya yaitu tanggal 21 Desember 2012 adalah Solstice Desember.
Dimana pada tanggal 21 Desember 2012, kutub Selatan Bumi akan condong ke arah Matahari, sehingga Matahari berada pada titik balik Selatan (Tropic of Capricorn) dengan deklinasi -23,44°.
Peristiwa ini menandai awal musim dingin (winter solstice) di belahan Bumi Utara dan awal musim panas (summer solstice) di belahan Bumi Selatan.

Sedikit mengenai Solstice, Solstice atau titik balik matahari adalah sebuah fenomena alam yang terjadi 2 kali dalam setahun, yaitu saat garis axis matahari bergerak menjauhi bumi yang menyebabkan posisi matahari akan bergerak condong ekstrem ke Selatan atau Utara.

Dan satu-satunya keterkaitan ilmu astronomi dengan info-info yang beredar adalah soal puncak aktivitas matahari pada 2012, di mana medan magnet matahari mencapai suatu tingkat kompleksitas magnetik terlalu tinggi, sehingga melepaskan energi. Tapi itupun telah bergeser ke pertengahan 2013.

Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.


Aku berlindung kepada Allah SWT
dari mempercayai sesuatu yang tidak benar



Referensi :
Langit Selatan.com 
www.hoax-slayer.com 

Special Thanks to :
Bapak Prof. Thomas Djamaluddin

You Might Also Like

43 Comments