Sunday, December 23, 2012

Mengintip Kehidupan di Dasar Planet

31 comments
Assalamualaikum....

Seperti yang kita ketahui, Antartika atau Kutub Selatan (South Pole, dalam bahasa Inggris) berada di bagian bawah Planet Bumi. Yang ada hanya hamparan salju putih cemerlang. Suhunya bisa mencapai minus 50 derajat Celcius.

Peta Antartika
Sumber gambar : World Atlas
Selain mereka para penghuni asli, yang sudah terbiasa dengan suhu sedingin itu, siapa coba yang mau tinggal disana?

Para Ilmuwan yang Menuntut Ilmu
Gary Hill, ilmuwan asal Adelaide, Australia
meneliti Neutrino di Kutub Selatan.
Sumber gambar : Adelaide Now
Ya, jawabannya adalah para Ilmuwan!. 
Mereka rela tinggal di Antartika untuk meneliti. Penelitiannya dari macam-macam bidang ilmu lho... Ada Astronom, ahli iklim ahli, dan banyak ahli-ahli lainnya.

Saat musim panas, yaitu Desember sampai akhir Februari (nah, berarti sekarang lagi musim panas tuh disana), diperkirakan orang yang tinggal di Antartika mencapai 5.000 orang. 
Saat musim dingin, orang yang tingga di Antartika hanya mencapai 1.000 orang saja. Dari jumlah 5.000 orang tersebut, kesannya banyak ya... padahal, coba bayangkan 5.000 orang itu untuk menempati satu benua lho...

Tinggal di Pangkalan
Para ilmuwan itu punya basecamp atau pangkalannya masing-masing. Basecamp itu sudah diberi penghangat. Basecamp ilmuwan Australia rata-rata suhunya 18 derajat Celcius. Untuk mereka, itu tidak dingin. Mereka bisa jalan-jalan di dalam basecamp dengan kaos dan celana jeans saja. Hebat banget yaa, gak kedinginan... mungkin karena sudah terbiasa juga kali yaa....

Bagian dalam basecamp
sumber gambar : Our Amazing Planet
Photo Credit: Peter Rejcek
Sumber gambar : antarcticsun.usap.gov
Tinggal di Basecamp juga seru lho... di dalamnya ada kamar tidur yang nyaman, fasilitas internet, game, DVD player sampai lapangan voli juga ada. Jadi, para ilmuwan itu juga gak kehabisan hiburan, selama penelitian mereka.

Dan kalau sedang penelitian di luar basecamp, para peneliti membawa tenda apel yang telah dirancang kuat menahan badai.

Credit : Petzl sport

Hanya satu yang terbatas, yaitu air.
Mandi mereka dibatasi dua sampai tiga menit per hari. Kenapa begitu?
Karena air disana berasal dari salju yang dilelehkan. Proses melelehkannya itu sulit. Makanya, jumlah persediaan air amat terbatas.

Kalau seperti itu keadaannya, aku jadi mikir-mikir lagi pengen pergi kesana.
Soalna aku kalau mandi butuh air yang banyak dan butuh waktu yang lama, hehehe.....
Tapi, ngapain juga yaa aku pergi kesana, aku kan bukan ilmuwan... ohhh, poor me.!!!

Jauh dari pasar Swalayan
Tinggal di Antartika pastinya tidak seperti tinggal di kota yang ramai. Persediaan makanan untuk satu tahun biasanya datang pada bulan Februari akhir. Sekaligus mengantar para ilmuwan yang akan bekerja selama musim panas.



Makanannya kebanyakan makanan kaleng dan daging beku. Persediaan buah dan sayur segar dengan upaya keras hanya bisa bertahan sampai bulan Agustus. Oh iya, mereka juga tidak bisa makan daging yang ada tulangnya. Soalnya tulang-tulang itu akan dibuang dengan dipendam dalam salju. Nah, kalau tulang itu membawa virus, koloni Penguin yang tinggal di Antartika bisa-bisa terkena penyakit.

Aurora Australis yang Indah
Selain untuk kemajuan ilmu, ada satu hal yang menjadi daya tarik Antartika. Yaitu warna-warna Auroranya yang indah.

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancarana cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari. Aurora disebut juga dengan sebutan Angin Surya.

Aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan Selatan karena disitulah pusat magnetik bumi.

Aurora yang terjadi di daerah kutub Selatan dikenal dengan dengan nama Aurora Australis dan Aurora yang terjadi di daerah kutub Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis.

Berikut adalah beberapa gambar Aurora Australis yang indah,

Aurora Australis
Sumber gambar : wikipedia

Tenda ilmuwan di bawah naungan auorora yang cantik
sumber gambar : www.lociinteriors.co.uk

Aurora Australis diatas
National Science Foundation's station
Sumber gambar : www.nsf.gov
Setuju kan kalau Auroranya itu sangat indah...? Meskipun bukan seorang ilmuwan, Aku berharap suatu hari nanti bisa pergi ke Kutub Utara... karena pasti akan sangat menyenangkan bisa melihat aurora cantik itu secara langsung...

Wassalamualaikum. Wr. Wb.


Referensi :
Keliling Dunia, Tinggal di Dasar Planet.
Majalah Bobo no. 30

31 comments :

  1. indah banget sob auroranya
    kok ditempatku ga bisa muncul aurora ya....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huuh sob, sobat dee misi saya di sini sukses

      Delete
    2. Bang Reo Adam : hehe... seperti yang tertulis diatas, Aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan Selatan... nah kalau bang reo tidak tinggal di kutub, akan sangat sulit untuk bisa menyaksikan aurora secara langsung :)

      Bang Herman : Terimakasih yaa.... tunggu aku di tempatmu, hihihi :D

      Delete
    3. lah...aq maunya ditempat q muncul auroranya kok :D
      klu harus ke kutub...bisa jual kambing ane semua dong,itu pun belum cukup buat ongkos...xixixixixi
      pisssssss de

      Delete
    4. heheh.... bukan cuma bang Reo aja kok, aku juga pengen ada aurora muncul diatas rumahku :D
      oh ya udah kambingnya suruh beranak dulu yang banyak biar nanti dijualnya dapat uangnya banyak, ehehe..... tega bener kasian ahh, masa mereka dijual, cuma buat pergi kutub :D

      Delete
  2. Akhir'nya ada postingan baru.. hehehe..

    Coment dulu baru nyimak.. xixixix..

    td saya udh menunaikan tugas ya De.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan... :)
      iya udah ada jejaknya tadi, terimakasih yaa :D

      Delete
    2. apa ya rasanya tinggal di antartika.. hehehe..

      sikat ach yang disini.. :)

      Delete
    3. pastinya dingiiiin, hehe... terimakasih banyak yaaa :)

      Delete
  3. Ia, auroranya benar-benar indah... itu adalah salah satu impianku yang belum terwujud sampai saat ini "Melihatnya secara langsung"

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong, gini deh.. nanti kalau pergi kesana aku ajakin kamu deh, hehehe

      Delete
  4. Replies
    1. Terimakasih...
      Terimakasih juga untuk komentar dan kunjungannya :)

      Delete
  5. nice posting, saya laporan absen aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih.... terimakasih kunjungannya :)

      Delete
  6. wah,,sobat adee ini emang mantab dah postingnya,,bikin seger mulu,,salto 69 dee,,lanjut dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak :)
      wuihhh.... salto, hehehe.... ati-ati salah urat, hehe... mkasih ya :D

      Delete
  7. weehhh...
    Infonya selalu mantab.. dan sangat bermanfaat
    Tugas disini beres yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih :D
      Senang kalau bisa bermanfaat :)

      Delete
  8. Indah Dee, salam kenal ya, saling follow yuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih.... salam kenal juga dari saya :)
      udah saya follow blog mba, silahkan di cek yah...
      salam persahabatan ....

      Delete
  9. Betapa dinginnya tuh dinginnya disana,,, Pemandangannya indah... ditamba lg sambil geal-geol 6^_^9 pasti makin asyik... hahayy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. brrr.... betul dingiiin banget, jiahhh.... malah geol-geol dia... mantap deh, mkasih yaaa :D

      Delete
  10. emang enak ya jadi ilmuan gitu,,bisa jalan" kemana pun,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, tapi kerjaannya berat dan gak mudah, hehehe....
      Semoga mas yantop7 bisa menjadi Ilmuwan sukses dan terkenal di seluruh dunia :D
      Amiiin....

      Delete
  11. terkasima melihat keindahan itu..
    cantik benar ya....

    dee apa khbar..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Nur :)
      Subhanallah....

      Alhamdulillah baik, sudah sehat sekarang.... semoga Nur dan keluarga juga selalu ada dalam lindungan Allah SWT

      Delete
  12. mampir kesini sambil jungkir balik 69.
    tugas sukses. dtunggu balik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kunjungan dan komentarnya yg sangat berarti buat saya, hehe... sipp ditunggu aja kunjungan balik dari saya, salam sukses :D

      Delete
  13. Dimana ada harapan pasti ada keinginan dan usaha untuk mencapai harapan tsb sob. Tetap berkreasi aja mudah2an sob bisa mencapai harapan itu. Tidak ada yg tak mungkin di dunia ini selama kita terus mencari jalan untuk mencapainya. Indah sekali auroranya membuatku teringat dengan MF aurora yg menjadi salah satu browser kesukaan saya. Eitss apa hubungannya ya antara aurora di atas dengan browser mozilla. :D Yang penting postingannya bikin fresh pengetahuan nih sob sekalian mau menunaikan kewajiban 5 jari di postingan ini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.... terimakasih banyak untuk kunjungan dan komentarnya :)

      Amin, terimakasih doa dan supportnya, yang penting terus berdoa dan belajar ya sob... salam sukses dan salam sengat untuk mas Agung :)

      Delete