Perihelion dan Aphelion Planet Bumi Terhadap Matahari

Assalamualaikum... Seperti yang telah kita ketahui, bahwa planet-planet di tata surya kita mengorbit Matahari. Bentuk orbit dari b...

Assalamualaikum...


Seperti yang telah kita ketahui, bahwa planet-planet di tata surya kita mengorbit Matahari.

Bentuk orbit dari beberapa planet adalah lingkaran yang nyaris sempurna, tetapi yang lainnya tidak. Beberapa orbit berbentuk elips. 


Dalam ilmu Fisika, suatu orbit adalah jalan yang dilalui oleh objek, di sekitar objek lainnya, di dalam pengaruh dari gaya tertentu.

Dua buah benda
dengan massa yang sedikit berbeda
mengelilingi suatu pusat massa bersama.
Orbit pertama kali dianalisa secara matematis oleh Johannes Kepler yang merumuskan hasil perhitungannya dalam hukum Kepler tentang gerak planet. Dia menemukan bahwa orbit dari planet dalam tata surya kita adalah berbentuk elips dan bukan lingkaran atau episiklus seperti yang semula dipercaya.

Jika orbit sebuah planet adalah lingkaran, maka matahari berada pada titik pusat lingkaran itu. Namun sebaliknya, jika bentuk orbitnya elips, maka matahari berada pada titik yang disebut "fokus" dari elips, yang tidak persis sama sebagai pusat.

Karena Matahari tidak di pusat orbit elips, planet bergerak lebih dekat ke arah dan lebih jauh dari Matahari seperti orbit. Tempat di mana planet terdekat dengan matahari disebut perihelion. Ketika planet ini terjauh dari matahari, itu pada aphelion.  
Kata-kata "aphelion" dan "perihelion" berasal dari bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani, "Helios" berarti Sun, "peri" berarti dekat, dan "apo" berarti jauh dari.

Dari gambar diatas terlihat,
pada tanggal 3 Januari adalah saat Bumi mencapai titik Perihelion
dan pada tanggal 4 Juli adalah saat Bumi mencapai titik Aphelion.
Ketika Bumi berada di titik perihelion, jaraknya adalah sekitar 147 juta km (91 juta mil) dari Matahari. Dan ketika berada di titik aphelion, jaraknya adalahsekitar  152 juta km (hampir 95 juta mil) dari Matahari. Letak planet Bumi adalah sekitar 5 juta km (lebih dari 3 juta mil) lebih jauh dari Matahari pada aphelion dari pada perihelion.

Berikut adalah tabel waktu terjadinya Perihelion dan Aphelion Bumi terhadap Matahari untuk tahun 2002 hingga tahun 2020 :

sumber gambar : www.observingstars.com
Beberapa orang berpikir dan menyatakan bahwa karena adanya titik perihelion dan titik aphelion inilah, alasan kenapa di Bumi terdapat beberapa musim. Namun kenyataannya pemikiran tersebut adalah salah.

Musim adalah salah satu pembagian utama tahun, biasanya berdasarkan bentuk iklim yang luas. Biasanya satu tahun terbagi menjadi empat musim, yaitu: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Tetapi, di Indonesia karena terletak di daerah tropis, maka hanya dibagi menjadi dua musim saja, yaitu: musim hujan dan musim kemarau.

Saat Bumi mencapai titik perihelion, dimana Bumi sedang berada pada jarak terdekatnya dengan Matahari, mungkin kamu berpikir bahwa saat itu harusnya satu belahan bumi (bagian selatan) adalah sedang mengalami musim panas, dan belahan yang lainnya (bagian utara) sedang berada pada musim dingin.
Perbedaan jarak bukan penyebab adanya musim. Tetapi musim disebabkan oleh kemiringan sumbu bumi.

Beberapa planet memiliki orbit yang membentang begitu jauh. Para astronom mengatakan bahwa orbit elips memiliki eksentrisitas tinggi, yang artinya adalah panjang dan kurus, tidak bulat seperti lingkaran.

Gambar ilustrasi tentang orbit-orbit planet dalam tata surya.
Pada gambar diatas terlihat masih ada orbit Pluto,
karena saat gambar tersebut dibuat Pluto masih menyandang predikat sebagai Planet.
Dan Mulai Kamis (24/8/2006) jangan pernah terpeleset mengucapkan "Planet Pluto".
Karena sejak hari itu, Pluto sudah tidak lagi berhak menyandang predikat sebagai planet.
Selain itu, Asteroid, komet, dan pesawat ruang angkasa beberapa diantaranya, juga mengelilingi Matahari dalam orbit yang berbentuk elips. Mereka semua memiliki titik perihelion dan aphelion sepanjang orbitnya. Benda-benda angkasa tersebut dapat bergerak lebih cepat saat berada pada titik perihelionnya dan dapat bergerak lebih lambat saat berada pada titik aphelionnya.

Jika suatu benda mengorbit sesuatu selain Matahari, untuk titik terdekat dan titik terjauhnya tidak digunakan istilah perihelion dan aphelion. Satelit yang mengorbit planet bumi,termasuk bulan, memiliki titik terdekat yang disebut dengan istilah perigee dan apogee adalah istilah untuk menyebut titik jauh terjauhnya.

Sekian, semoga bisa menambah wawasan siapapun kamu yang membaca tulisan ini...

Wassalamualaikum... Wr. Wb...

You Might Also Like

32 Comments