ATMOSFER BULAN

Assalamualaikum... Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, da...

Assalamualaikum...Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa.
Nah, apakah bulan yang merupakan satelit alami planet Bumi ini juga memiliki atmosfer?
Sisi permukaan kasar Bulan
Sumber gambar : LCROSS
(Lunar CRater Observation and Sensing Satellite)
Saat ini ya, meskipun atmosfer bulan sangat tipis dan berupa kumpulan molekul-molekul yang sangat renggang, tidak mencukupi untuk bernapasnya makhluk hidup.

Keberadaan atmosfer luar angkasa dilaporkan tahun 1933, berdasarkan pengamatan bulan dengan menggunakan semacam topeng yang dapat menyaring cahaya bulan dengan tujuan untuk mempelajari cahaya yang dipancarkan sodium. Meskipun sodium dipercaya hanya merupakan trace elemen di dalam atmosfer bulan, sodium dipelajari karena relatif mudah dideteksi dan digunakan sebagai pembuat komponen lainnya, seperti potasium, neon, argon, dan helium.


Studi luar angkasa tahun 1933 yang dilakukan Universitas Boston, menggunakan instrumen yang telah ditingkatkan, mendeteksi bahwa permukaan bulan memiliki atmosfer setebal 5000 mil. Tetapi molekul-molekulnya sedikit dan berjauhan, diperkirakan hanya sekitar sepuluh juta per meter kubik di permukaan dekat bulan; sedangkan kepadatan atmosfer bumi adalah sekitar satu milyar kali kepadatan atmosfer bulan.


Sumber-sumber atmosfer diyakini berasal dari pelepasan gas-gas dari dalam bulan akibat gempa bulan (fenomena yang disebut pengeluaran gas) dan terurainya molekul-molekul dari permukaan bulan akibat tabrakan molekul-molekul luar angkasa dari matahari atau akibat tabrakan meteorit.


Beberapa bulan dari planet lainnya memiliki atmosfer yang jauh lebih menakjubkan, seperti pada Titan Jupiter, atmosfernya berupa lapisan tebal nitrogen dan metan, dan pada atmosfer Eropa berupa lapisan tipis oksigen.


Menurut beberapa Contactee seperti George Adamski dan Howard Menger bulan mempunyai atmosfir sehingga memungkinkan adanya koloni mahluk hidup, bahkan Howard Menger pernah dibawa ke bulan dan menghirup udara di atmosfir bulan. Apakah hal ini benar?

Menurut Inverse Square Law dari Gravitasi yang pertama kali ditemukan oleh Ismael Bullialdus (1645 - bukan oleh Isaac Newton ) :
"Bahwa gravitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jarak."
Dasar dari hukum ini adalah jumlah fluks yang menembus permukaan. Uniknya hukum ini tidak hanya berlaku terhadap gravitasi tapi juga electrostatic, cahaya-electromagnetic radiation, dan acoustic.

Jadi kalau Gravitasi sebuah benda dengan bentuk bola (sphere) adalah Go di permukaannya, radius bola tersebut adalah r, dan jarak efek gravitasi dari titik pusat benda adalah R.
maka fungsi Gravitasi benda tersebut berdasarkan jarak adalah :
G(R)=Go*(r^2/R^2)
Bila persamaan di atas di applikasikan terhadap Gravitasi Bulan dan Gravitasi Bumi.

Anggaplah ada titik netral antara Bumi-Bulan dimana efek Gravitasi Bulan dan Gravitasi Bumi adalah sama kuat.
Jadi bila Gm=Efek Gravitasi bulan pada jarak tertentu dari titik pusat bulan,
Gom=Gravitasi Bulan di permukaan, rm=radius bulan, Rm=jarak dari titik pusat bulan
dan Ge=Efek Gravitasi bumi pada jarak tertentu dari titik pusat bumi, Goe=Gravitasi bumi dipermukaan, re=radius bumi, Re= jarak dari titik pusat bumi, maka:

Gm(Rm)=Ge(Re)
Gom*(rm^2/Rm^2)=Goe*(re^2/Re^2)
Gom/Goe=(re^2/Re^2)/(rm^2/Rm^2)

Dari hasil data percakapan astronot NASA diperkirakan titik netral tersebut adalah re= 200000 miles dari bumi dan rm=43495 miles dari bulan.
Jari2 bumi re= 3960 miles dan jari2 bulan rm= 1080 miles.

Maka perbandingan gravitasi bulan dan bumi Gom/Goe
= ((3,960)^2 (43,495)^2)/((1,080)^2 (200,000)^2) =0.64


atau gravitasi bulan
= 64% gravitasi bumi bukan (1/6=17%) gravitasi bumi .


Dengan gravitasi yang seperti itu maka bulan sangat mungkin sekali dapat menarik gas-gas disekitarnya atau bulan sangat mungkin sekali mempunyai atmosfir.
Karena jumlah yang sedikit, bukan berarti tidak ada kan...

Dan berikut gambar ilustrasi dari komposisi atmosfer Bulan berdasarkan data dari NASA's planetary factsheet.

Referensi :
John Lear http://www.thelivingmoon.com/
Pari Spolter (Gravitational Force of the Sun)
William Brian (Moongate : Suppressed Findings of the US Space Program)
Beberapa links referensi :
http://www.thelivingmoon.com/47john_lear/02files/Neutral_Point.html
http://www.thelivingmoon.com/47john_lear/02files/Pari_Spolter_003.html
http://www.thelivingmoon.com/47john_lear/02files/Moongate_Suppressed_Findings.html

http://www.thelivingmoon.com/43ancients/02files/Moon_Atmosphere.html
http://www.thelivingmoon.com/43ancients/02files/Moon_Atmosphere_02.html
Ucapan terima kasih kepada bapak Anugerah Sentot Sudono,
untuk izin mengambil tulisan ini. Karena sebagian dari tulisan ini saya tuliskan kembali di buku yang sedang saya tulis. Semoga nulisnya gak males-malesan, supaya bukunya bisa cepat selesai, doain yaahh semuanya, hehehh...
Nahh... saya pikir, gak ada salahnya juga kalau tulisan ini, setelah saya tambahin sedikit, saya share juga di blog saya ini, siapa tahu bisa bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari informasi dari tulisan diatas.
Terima kasih,
Wassalamualaikum...Wr, Wb.

You Might Also Like

70 Comments