Tes IQ yuuk...

Assalamualaikum... Test IQ ( Inteligent Quotient) adalah test yang nilainya mencerminkan kecerdasan Individu yang menjalani test ter...

Assalamualaikum...

Test IQ (Inteligent Quotient) adalah test yang nilainya mencerminkan kecerdasan Individu yang menjalani test tersebut, test IQ ada bermacam-macam jenisnya, ada yang berbentuk pertanyaan tulis, ada pula yang berbentuk pertanyaan dalam gambar.

Kata "kecerdasan", yang tertulis diatas merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Adapun fungsi dari tes IQ adalah :
1. Dapat mengetahui kecerdasan yang dimiliki

2. Dapat melihat sejauh mana potensi bisa dikembangkan secara maksimal

3. Untuk mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (jika IQ tinggi harusnya prestasi belajar juga tinggi)

4. Untuk mendeteksi kesulitan belajar disebabkan karena faktor kemampuan ataukah faktor yang lain seperti kemalasan, dan lain-lain

5. Untuk pertimbangan dalam memilih jenjang pendek/panjang

Ketika masih duduk di bangku SMP dan SMA dulu, aku dan mungkin juga kamu... pernah mengikuti beberapa kali tes IQ. Kalau menurut aku, tes semacam ini menyenangkan. Apalagi hasil skornya yang selalu membuat penasaran, ya kan? heheh... Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti tes IQ online di internet. Skornya bisa langgsung diketahui, tanpa harus menunggu lama.

Nah, pada kesempatan kali ini... aku mau berbagi link situs yang menyediakan tes IQ secara online, yang mungkin akan bermanfaat buat kamu, yaitu :
3. IQ Elite

Ketiga tes IQ di situs tersebut udah pernah aku ikutin, dan gratis lho...
Ini hasil tes IQ aku, masing-masing dari Quick IQ Test, Tes IQ Online dan IQ Elite :







Penasaran pengen tahu berapa skor IQ kamu?, langsung aja ikutin tes nya... Gak harus semua kok, salah satu link nya saja.

Perlu diketahui
Menurut Howard Gardner, psikolog pendidikan asal Amerika yang terkenal dengan teori kecerdasan gandanya menyatakan, kecerdasan intelektual hanyalah salah satu dari 8 kecerdasan yang dimiliki seseorang. Kecerdasan ganda yang dimaksud Gardner adalah kecerdasan di bidang bahasa, berpikir logis atau matematis, musik, visual (penglihatan) dan gerak.

Jadi, tes IQ seperti ini sekedar untuk memberi gambaran/potret diri kita yang selanjutnya akan/harus kita tindak lanjuti dengan cara yang tepat. Jika kemampuan rendah tentu tidak cukup belajar hanya sambil lalu saja. Demikian pula jika tes hasil tinggi juga tidak memberikan manfaat jika tidak diasah secara maksimal. Tes yang kita lakukan mungkin hasilnya tidak mutlak benar 100%. Ada angka-angka kemungkinan kesalahan prediksi walaupun itu kecil. Jika kita mendapatkan skor yang rendah tidak perlu minder atau berkecil hati karena keberhasilan seseorang tidak mutlak ditentukan oleh tingginya angka kecerdasan kita tapi juga banyak dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti usaha, kerja keras, ketabahan, keuletan, ketelatenan dan do’a.

Oh iya, silahkan baca juga tulisan saya yang berjudul "IQ Tak Tinggi Tapi Menarik"

Semoga bermanfaat yaa,
Wassalamualaikum... Wr, Wb.

You Might Also Like

36 Comments