EARTH HOUR 2013, Tunjukkan Cintamu Untuk Planet Bumi Tercinta

Assalamualaikum... Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebaga...

Assalamualaikum...

Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah- rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim.

Earth Hour diharapkan dapat menjadi suatu kegiatan yang bertujuan membangun keterlibatan atau mengajak masyarakat luas dalam melakukan aksi kecil yang dapat membawa suatu perubahan besar. Dari Earth Hour banyak sisi manfaat yang dapat kita peroleh.

Earth Hour mencoba mengkritisi perubahan iklim yang merupakan salah satu ancaman kehidupan di Bumi yang paling signifikan. Perubahan iklim yang ekstrim dan sedang terjadi saat ini adalah pemanasan global. Pemanasan global itu dapat menyebabkan naiknya air permukaan laut, musim kemarau panjang, badai, dan perubahan besar-besaran terhadap lingkungan hidup yang telah menjadi sumber kehidupan kita. 

Satu cara untuk mengurangi percepatan pemanasan global adalah dengan membuat setiap individu melakukan perubahan gaya hidup. Karena disadari atau tidak, gaya hidup manusia yang boros energi merupakan penyumbang terbesar dari pemanasan global yang berdampak pada kerusakan alam.

Manusia saat ini memang tidak bisa lepas dari listrik. Padahal listrik yang kita nikmati itu notabene paling banyak berasal dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil yang mengeluarkan CO2 atau gas rumah kaca yang mengakibatkan kenaikan dramatis temperatur rata-rata Bumi.

Manfaat lain dengan adanya Earth Hour ini, yaitu dapat menghemat biaya. Alasannya, karena dengan makin naiknya harga minyak bumi, batu bara dan lain-lain maka harga listrik juga naik. 
Dengan  adanya Earth Hour ini diharapkan dapat menghemat biaya. Apabila 10 persen penduduk Jakarta berpartisipasi  dalam earth hour, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh. Itu setara dengan mematikan 1 pembangkit listrik. 

Dengan mematikan lampu selama satu jam secara bersamaaan, berarti menghemat 267,3 ton CO2, dan menghemat lebih dari 267 pohon karena 1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya.

Selain itu, juga menyumbang persediaan O2 untuk lebih dari 535 orang  karena 1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya dan terakhir apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ, berarti menghemat hingga Rp 216.600.000.


JADI...
INGATLAH UNTUK MEMADAMKAN LAMPU ANDA 
DAN ALAT-ALAT ELEKTRONIK YANG TIDAK TERPAKAI LAINNYA
PADA SABTU 23 MARET 2013, JAM 20.30 - 21.30 
(waktu setempat)

Jangan lupa yaa... oh iya, kamu juga bisa mendaftarkan partisipasi kamu dengan mengisi formulir di www.earthhour.wwf.or.id

Wassalamualaikum... Wr. Wb.


Referensi :
FAAI
Koran Fesbuk
Earth Hour.wwf.or.id 
www.wwf.or.id

You Might Also Like

10 Comments