Sunday, March 10, 2013

LaMarcus Adna Thompson dan Roller Coaster-nya

8 comments
Assalamualaikum...

Hallo semuanya…. Ada yang pernah atau mungkin sukaaa banget naik Roller Coaster?

Buat yang belum pernah, gak apa-apa, aku gak akan maksa kamu buat naik Roller Coaster kok, hehehe….


Yuphh, naik Roller Coaster memang seru sekali, kita bisa merasakan berkendara di atas kereta yang berputar-putar cepat itu. 

Roller coaster adalah wahana permainan berupa kereta yang dipacu dengan kecepatan tinggi pada jalur rel khusus, biasanya terletak di atas tanah yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Rel ini ditopang oleh rangka baja yang disusun sedemikian rupa. Wahana ini pertama kali ada di Disney Land Amerika Serikat.

Tapi pernah kepikiran gak, siapa sih orang yang pertama kali menemukan ide dan membuat Roller Coaster itu?

Kita cari tahu, yuuukk…

LaMarcus Adna Thompson
Lahir : 8 Maret 1848
Wafat : 8 Mei 1919
Adalah seorang berkewarganegaraan Amerika bernama LaMarcus Adna Thompson.
Ia sangat berbakat di bidang mekanikal, bayangkan saja, di umurnya yang baru 12 tahun ia sudah bisa merancang dan membuat sebuah gerobak yang bisa ditarik oleh sapi.

Lalu pada umur 17 tahun, Thompson sudah menjadi tukang kayu yang ahli. Setelah selesai kuliah, ia mulai membuat perusahannya sendiri.

Sayang perusahannya tidak bertahan dan ia pun kembali pada hobinya sebagai penemu.

Pada tahun 1884, saat Thompson berusia 36 tahun, Roller Coaster pertamanya sukses dibuat dan empat tahun setelahnya Thompson sudah berhasil membuat 50 Roller Coaster di Amerika dan di Eropa.
Tapi Thompson adalah seorang yang kreatif dan terus berinovasi. Ia lalu membuat Scenic Railway, Roller Coaster dengan tema-tema yang membuat penumpangnya merasa sedang berkendara di tempat tertentu,seperti di Mesir atau di pegunungan.

Gambar Roller Coaster pertama di Pennsylvania, Amerika

Fenomena Fisika dalam Roller Coaster
Energi Potensial
Energi potensial, Ep, yakni energi yang “dikandung” roller coaster dikarenakan oleh posisinya, bernilai maksimum di posisi puncak lintasan. Energi potensial bernilai nol di posisi “lembah” (posisi terendah) lintasan. Energi potensial diubah menjadi energi kinetik, ketika roller coaster bergerak menurun.

Energi Kinetik
Energi kinetik, Ek, yakni energi yang dihasilkan oleh roller coaster karena geraknya (dalam hal ini kecepatan), bernilai nol di posisi puncak lintasan. Jelaskan, mengapa?
Energi kinetik bernilai maksimum di posisi “lembah’ (posisi terendah) lintasan. Mengapa? Energi kinetik diubah menjadi energi potensial, ketika roller coaster bergerak menaik.

Dinamika Roller Coaster
Gerak Roller Coaster mengalami percepatan, yakni perubahan kecepatan terhadap waktu yakni kecepatan bertambah terhadap waktu, ketika bergerak menurun.
Roller coaster mengalami perlambatan (percepatan negatip!) yakni kecepatan berkurang terhadap waktu ketika bergerak menaik. Perubahan kecepatan juga terjadi saat roller coaster berubah arah!

Gaya Gravitasi
Pada roller coaster, kamu tentu mengalami gaya gravitasi, yakni gaya (interaksi) yang disebabkan oleh tarikan massa bumi terhadap massa tubuhmu (karena massa bumi jauh lebih besar dibandingkan dengan massa tubuhmu!).
Rasakan dan kemudian jelaskan, apa efek gaya gravitasi tersebut? gaya gravitasi tersebut diartikan=> F= kurang lebih 10.000N. Tetapi dari hasil penelitian setiap roller coaster tergantung dengan berat, dan putarannya.

Kekekalan Energi
Dalam proses perubahan energi Ek menjadi Ep dan Ep menjadi Ek ini, sebagian energi diubah menjadi energi panas (kalor) karena adanya gesekan (friksi). Misal, roda roller coaster dengan rel lintasan.
Energi total sistem tidak bertambah atau berkurang. Energi “hanya” berubah bentuk (misal: Ek, Ep, kalor).

Gaya Sentripetal
Gaya sentripetal adalah gaya yang “berusaha” menarik objek mengarah ke titik pusat (sumbu). Ketika roller coaster bergerak melalui lintasan memutar, gaya sentripental “mempertahankan” roller coaster agar tetap bergerak memutar.

Roller Coaster modern
Nah, walaupun sekarang Mr. Thompson sudah tiada, hingga kini Roller Coaster modern warisannya masih tetap hidup hingga kini.

Buat yang belum pernah nyoba naik roller coaster, ayooo cobain yaa dan rasakan sensasinya, heheheh...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :
Wikipedia/Roller Coaster
Wikipedia/LaMarcus Adna Thompson
History of Roller Coaster
Roller Coaster Media Library.com

8 comments :

  1. wah jadi begitu ya sob,jadi bertambah nih ilmu saya.thks sudah di bagikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sobat.... sama-sama :)
      terima kasih kunjungan dan komentarnya...

      Delete
  2. oo begitu ya sejarahnya,, aku pingin dee main roller coster itu,, soalnya belum pernah,, pasti seru,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sobat, semoga bisa menambah pengetahuan hehe...
      wahh... sama dong, soalnya saya juga belum pernah naik Roller Coaster, ehehehh

      Delete
  3. baru kali ini saya tau sejarahnya, mantap infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, mbak... terima kasih udah mampir :D

      Delete
  4. JOZ GANDOZ KOTOZ KOTOZ NGANTI MBLEDOZ..... sip infonya...

    """salam kompak"""

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehh... terima kasih yaa, maknyuss bgt dehh komennya hehe...
      salam kompak, salam blogger dan salam persahabatan :)

      Delete