Thursday, March 7, 2013

Penjelasan Alternatif Tentang Penampakan UFO

28 comments
Assalamualaikum...

Jutaan orang di seluruh dunia mengklaim telah melihat UFO, dan ribuan laporannya telah resmi diterima sejak Perang Dunia Kedua. Namun, laporan-laporan terhadap UFO ini sebagian besarnya hanya ditanggapi sebagai berita palsu atau salah identifikasi. Hal ini menyebabkan kekecewaan di kalangan penggemar UFO. Tetapi sebenarnya, kebanyakan dari penampakan UFO tersebut biasanya dapat dijelaskan.

Dari situs Top Tenz.net, berikut 10 penjelasan-penjelasan alternatif tentang penampakan UFO :

10. Planet Venus
Kebetulan jika laporan UFO meningkat setiap kali Venus tampak bercahaya di langit malam, sehingga mungkin pelaku penampakan UFO itu adalah Venus ini.

Di saat-saat tertentu, Venus bisa menjadi objek paling terang di langit-terutama pada malam tak berbulan-dan bahkan telah terbukti bahwa pada siang hari tertentu, Venus masih bisa bercahaya terang, sehingga orang awam sering menyebutnya "cahaya terang misterius di langit ".

9. Meteor
Ini adalah penjelasan yang kurang umum didengar, karena kebanyakan orang tahu apa itu meteor (atau orang biasa menyebutnya bintang jatuh) sehingga sedikit kemungkinan orang salah mengenali meteor sebagai UFO, apalagi jika meteor tersebut tetap berada di langit dan dapat dilihat selama berminggu-minggu pada satu tempat yang sama, dan biasanya tidak terlalu cerah seperti pada waktu pertama terlihat.

8. Awan Lenticular
Secara teknis dikenal sebagai altocumulus standing lenticularis, awan lenticular ini adalah awan berbentuk lensa, yang terbentuk pada ketinggian yang tinggi, biasanya di tempat dimana arus udara lembab stabil, bisa di atas gunung atau di kawasan pegunungan. Biasanya berbentuk seperti gelombang, tapi kadang-kadang, di saat tertentu, angin dan arus panas dapat mengubah bentuk awan ini menjadi berbertuk seperti piring terbang.

Bentuk inilah yang membuat orang kebingungan. Hanya mereka yang sama sekali tidak terbiasa dengan fenomena ini yang cenderung tertipu dan menganggap awan ini adalah UFO.

7. Ball Lightning
Ada satu fenomena yang disebut ball lighting, atau bola petir, yang baru teridentifikasi dalam lima puluh tahun terakhir ini.

Pada dasarnya, bola petir ini dapat bercahaya secara intens selama beberapa menit, bahkan bisa juga dilihat pada siang hari, dan terlihat seperti piring terbang. Fenomena bola petir ini umumnya berbentuk bola, dan kebanyakan berwarna merah atau kuning. Dan karena bentuk dan cahayanya inilah, bola petir memang patut dicurigai sebagai benda asing tak dikenal, terutama jika dilihat dari pesawat terbang.

6. Balon Cuaca
Meskipun sering dianggap sebagai penjelasan yang paling sederhana untuk UFO, kenyataannya balon cuaca ini memang bisa dicocokkan dengan penampakan-penampakan UFO yang dilaporkan. Terutama jika dilihat dari bagian bawahnya, balon cuaca ini berbentuk seperti piringan.

Balon-balon ini bisa sangat besar dan mengkilap, dan mampu terbang pada ketinggian 120.000 meter dimana angin kadang-kadang bisa menghempas mereka dengan cepat, seolah-olah balon itu bergerak dengan kecepatan tinggi.
Hal inilah yang mungkin membuat sebagian orang menganggapnya UFO.

5. Satelit
Untuk meningkatkan jalur komunikasi, memprakirakan cuaca, dan mengamati perkembangan di bumi, manusia menciptakan satelit buatan. Tapi karena hal ini, jalur orbit di sekitar planet kita jadi kacau, dengan beragam satelit yang bergerak cepat dan reflektif.

Untuk mengetahui sekacau apa keadaan di sekitar orbit bumi, Space Surveillance Network (SSN) milik Amerika Serikat mengamati dan menyebutkan bahwa saat ini ada lebih dari 8.000 satelit buatan yang mengorbit bumi, dimana sekitar tujuh persen (sekitar 560) adalah satelit operasional.

Sering terjebak dalam orbitnya selama bertahun-tahun, satelit ini secara tidak sengaja sering tertangkap oleh kamera binocular, dan seringkali satelit ini terlihat "berkedip-kedip" karena efek pantulan dari cahaya matahari, tetapi disalahartikan oleh yang melihatnya sebagai penampakan UFO.

4. Suar
Pesawat militer sering menjatuhkan suar, atau Flare, saat melakukan operasi pelatihan malam (atau di daerah pertempuran, sebagai sarana pengalihan panas untuk mengelabui rudal).

Suar ini, tidak seperti yang biasa digunakan untuk menandai rintangan jalan raya, cukup besar dan akan bercahaya terang hingga setengah jam. Bagi masyarakat awam yang belum terbiasa dengan suar tersebut, hasilnya dapat menghebohkan dan bahkan menakutkan. Karena itulah, mungkin orang salah mengira suar ini adalah UFO.

3. Burung, Lens Flare, Pemantulan Cahaya, dan Kelainan Lainnya
Hanya sedikit orang yang dapat menerima kemungkinan bahwa sesuatu yang tampaknya biasa seperti burung bisa disangka sebagai UFO, tetapi harus disadari bahwa dalam keadaan tertentu, misalnya, ketika terbang pada ketinggian yang sangat tinggi, burung dapat sangat reflektif, dan jika basah, bisa terlihat berkilau seperti logam, memberi efek seolah-olah ada benda metalik asing yang sedang terbang.

Selain itu, potongan-potongan timah atau panel foil dari logam yang didorong ke atas oleh angin kencang, jatuhnya bongkahan es dari tempat yang tinggi, dan hal-hal semacamnya, membuat mereka kadang-kadang terlihat seperti UFO. Lampu kokpit bahkan sering salah diidentifikasi sebagai UFO dengan kecepatan tinggi (terutama pada tahun-tahun awal penampakan UFO).

2. Pesawat terbang
Meskipun sulit untuk membayangkan bahwa ada orang yang salah mengidentifikasi pesawat terbang ketika mengangkasa, ada beberapa situasi ketika pesawat terbang dapat muncul secara tidak biasa, terutama bagi pengamat yang sangat mudah meluapkan perasaannya. Misalnya, ketika lampu pesawat tiba-tiba dimatikan selama pendakian curam, yang membuat pesawat itu tampak tiba-tiba menghilang. Orang-orang yang mungkin menyaksikannya akan menganggap bahwa mereka telah melihat sesuatu yang aneh.

Selain itu, pesawat terbang yang melewati awan tebal di malam gelap dan berangin, bisa dianggap sebagai susuatu yang misterius. Cahaya yang sebelumnya ada tiba-tiba menghilang, mungkin seperti ini anggapan orang yang melihatnya.

Kesalahan pengidentifikasian pesawat juga bisa saja terjadi pada siang hari. Misalnya, pesawat berbahan alumunium dan sayap pesawat terbangnya yang dapat memantulkan cahaya di tempat yang tinggi pada hari terang dan cerah, membuat orang salah mengira, karena memang sebagian besar lampu navigasi pesawat tidak dinyalakan pada siang hari. Hal inilah yang membuatnya semkin misterius.

1. Pesawat Militer Eksperimental
Jika pesawat biasa saja bisa salah didiidentifikasi, maka wajar bila pesawat eksperimental juga sering dianggap sebagai UFO, apalagi bentuk dan desainnya yang memang tidak umum ditemukan. Bahkan, pendapat ini sangat populer pada tahun-tahun awal penampakan UFO untuk menjelaskan apa UFO itu sebenarnya.

Di masa-masa perang dunia, terutama perang dunia kedua, memang banyak laporan tentang penampakan UFO. Dan bisa saja yang orang-orang lihat sebagai UFO adalah pesawat eksperimental ini. Bahkan sempat terlihat pesawat aneh yang diduga milik Nazi yang tengah diujicobakan.

Namun, mengingat bahwa uji coba pesawat eksperimental ini dilakukan di tempat-tempat rahasia dan tertutup dari publik, dan jika UFO-UFO itu kita anggap adalah pesawat eksperimental, maka persentasenya kecil. Jadi belum sepenuhnya benar jika UFO adalah pesawat eksperimental.

Penjelasan-penjelasan ini belum sepenuhnya membuka rahasia UFO itu sendiri.
Tetapi setidaknya dengan adanya penjelasan alternatif ini, kita tahu bahwa ada kemungkinan objek yang kita duga sebagai UFO, hanya objek hasil kesalahan identifikasi saja. Semua kembali kepada diri kita masing-masing. Lebih memilih percaya atau tidak. Karena pastinya, setiap keputusan ada alasannya tersendiri...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

28 comments :

  1. wah saya bilang mantap mantap ajalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketularan kak herman bagus ahahah.

      Delete
    2. mkasih... mkasiiih...
      terima kasih pertamaxnya, kalian berdua the best deh... :)

      Delete
  2. Replies
    1. gak usah pakai ptromax... dalam kegelapanpun aku tetap terlihat cantik kok....
      #ihh ngomong apa c yaa

      Delete
  3. Saya pribadi sih menganggap UFO itu ada. Hanya kecanggihan ilmu kita belum menjangkaunya.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sependapat... UFO dan Alien itu ada :)
      terima kasih kunjungannya....

      Delete
  4. kak dee.. loh saya kok malah termenung karena baca tulisan di footer :)
    semoga ALLAH selalu melindungi kita ya ^_^





    soal ufo, bukankh nasa masih merahasikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...
      hehe... iya aku juga suka banget sama kata-kata itu :)

      kalau tentang itu, entahlah... apa benar mereka merahasiakan atau mungkin sebenarnya mereka juga sama dengan kita gak banyak tau... kalau memang dirahasiakan ya semoga segera terbuka yaa :)

      Delete
  5. awannya cantik ya...MasyaAlloh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ummi... awan lenticular memang suka terlihat cantik dan menakjubkan :D
      terima kasih kunjungannya yaa Ummu :D

      Delete
  6. trmksih mbk infonya maaf baru sempet berkunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama... gak apa-apa kok :)
      terima kasih yaa....

      Delete
  7. Replies
    1. Iya sama-sama sobat...
      terima kasih kunjungannya yaa....

      Delete
  8. dari sekian byk yg saya baca keberadaan UFO masih simpang siur. belum ada bukti akuran ttg UFO dan Alien nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun begitu sebenarnya ada banyak bukti-bukti keeksistensian UFO dan Alien, sebagian kecilnya bisa mba baca juga di post-post saya sebelumnya atau di situs2 terkait :)
      terimakasih sudah mampir disini :D

      Delete
  9. oh jadi begitu yah,ternyata salah lihat saja barangkali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan seperti itu, namun memang terkadang ada banyak fenomena-fenomena yang memang tidak dapat dijelaskan, yang kenudian disebut sebagai UFO,,

      Delete
  10. yang mirip piring terbang....unik juga bentuk nya ya dee... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak... hehe...
      terima kasih kunjungannya, semoga Pak Budi selalu dalam keadaan sehat :D

      Delete
  11. Keren kak penjelasannya masuk akal :D :)

    ReplyDelete
  12. barusan lihat on the spot langsung coba cek cek hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe....
      episode yang tadi malam ya... iya saya juga nonton, hihihi

      Delete