HUJAN METEOR LYRID 2013

Assalamualaikum... Setiap tahunnya, di bulan April, Meteor Lyrid selalu menghiasi langit bumi. Hujan Meteor Lyrid adalah hujan mete...

Assalamualaikum...

Setiap tahunnya, di bulan April, Meteor Lyrid selalu menghiasi langit bumi.
Hujan Meteor Lyrid adalah hujan meteor dengan meteor yang jatuh biasanya menghasilkan sekitar 20 meteor per jam pada waktu puncaknya. Meteor ini dapat menghasilkan jejak debu terang yang berlangsung selama beberapa detik. Karena kemunculannya di bulan ke-4 tersebut, Lyrids disebut juga dengan nama Alpha Lyrids atau April Lyrids. Radiant dari Lyrids berasal dari konstalasi Lyra.

Rasi Lyra dan hujan meteor Lyrid yang tampak datang dari bintang Vega.
(Stellarium)

Hujan meteor Lyrid merupakan hujan meteor “paling lama” dibanding hujan meteor lainnya semenjak diidentifikasi 2600 tahun yang lalu.  Semenjak pertama kali dilihat dan direkam 2600 tahun lalu, hujan meteor Lyrid diketahui pernah berlangsung 100 meteor per jam. Catatan pertama dari Hujan Meteor Lyrid direkam oleh pengamat di Zuo Zhuan, China tanggal 22 Mei 687 SM, dan digambarkan “di hari xin mao bulan ke-4 di musim panas (pada tahun ke-7 Raja Zhuang dari Lu), di malam hari bintang tidak tampak, dan di tengah malam bintang jatuh laksana hujan”, atau singkatnya mereka menyebut hujan meteor Lyrid sebagai  “Stars feels like rain”. Laju meteor Lyrid pada tahun 1922, 1945 dan 1982 pernah mencapai kisaran 90 – 100 meteor per jam. Namun kemudian laju hujan meteor Lyrid semakin semakin menurun dan kini yang bisa dilihat hanya berkisar 10-20 meteor per jam saat hujan Meteor Lyrid berlangsung.

Sumber hujan meteor Lyrid berasal dari debu ekor komet Tatcher yang kemiringan orbitnya hampir 80 derajat dengan bidang Tata Surya  dan ukurannya tidak lebih besar dari butiran pasir. Butiran debu inilah yang memasuki atmosfer Bumi dan melintas cepat dengan kecepatan 49 km/det.  Komet Thatcher menghabiskan sebagian besar waktunya jauh dari planet sehingga ia bebas dari gangguan gravitasi planet-planet. Ini jugalah yang menjadi alasan mengapa aliran sisa komet Thatcher tetap stabil.


Waktu dan Lokasi Pengamatan
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hujan Meteor Lyrid terjadi dari tanggal 16 -26 April. Di bulan April tahun 2013, puncak hujan meteor Lyrid akan berlangsung pada tanggal 22 April dimulai dari jam 04.00 – 15.00 UT atau 11.00 – 22.00 wib. Dan pada saat puncak meteor yang akan tampak berkisar antara 10 – 20 meteor per jam.
Rasi Lyra baru akan terbit sekitar pukul 22.00 malam, karena itu waktu terbaik untuk melakukan pengamatan adalah lewat tengah malam sampai jelang dini hari saat rasi Lyra sudah berada di atas horison.  Atau pada kisaran jam 00.00 – menjelang fajar.

Lokasi terbaik untuk mengamati hujan meteor Lyrid ini adalah di tempat-tempat yang babas polusi cahaya.

Jadi, jangan lupa... tanggal 21 dan 22 April nanti bangun pagi yaa, lihat ke langit dan pusatkan perhatian ke bintang Vega, bintang paling terang pada rasi Lyra. Dari arah rasi Lyra inilah akan tampak berkas sinar berseliweran dengan cepat. Itulah hujan meteor Lyrid.

Selamat menyaksikan keindahan hujan meteor Lyrid, dan mari berdoa semoga langit supaya hujan meteornya akan semakin indah terlihat.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Sumber dan Referensi :
Langit Selatan.com

You Might Also Like

34 Comments