Tuesday, April 30, 2013

Penampakan Bulan Saat Siang Hari

10 comments
Assalamualaikum...

Bulan purnama
dilihat dari Bumi (Belgia).
Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, dan merupakan satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya. Bulan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri dan cahaya Bulan sebenarnya berasal dari pantulan cahaya Matahari.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Bulan terlihat bersinar dari Bumi karena Bulan mendapat cahaya dari Matahari. Cahaya ini kemudian dipantulkan Bulan ke berbagai arah. Ketika cahaya pantul ini mengenai mata kita (bahkan pada siang hari), kita dapat melihat Bulan.

Cahaya Bulan yang tiba di mata kita lebih redup dibandingkan dengan cahaya Matahari. Namun, cukup untuk menerangi malam hari.

Namun, pada waktu-waktu tertentu kita juga bisa melihat Bulan di siang hari.
Lho kok bisa yaa...? Seperti yang pernah saya lihat pada siang tanggal 12 Februari 2012 silam, pukul 10:40 di WIB, di kota Sumedang (Jawa Barat). Di arah langit sebelah barat daya.
Berikut foto Bulan yang nampak di siang hari, yang sempat saya abadikan. Tapi maaf yaa, resolusi kameranya kurang baik, hehe... jadi Bulannya gak terlihat jelas, dan biar lebih jelas, letak Bulan pada foto di bawah saya lingkari warna merah :


Tapi mungkin untuk orang yang belum pernah sama sekali melihat Bulan saat siang hari akan merasa ragu-ragu, apakah itu benar-benar Bulan? hanya ilusi mata? tipuan alam atau UFO? hehe... Berikut penjelasannya : 

Untuk melihat satelit Bumi pada siang hari itu, kita harus mengarahkan mata pada cahaya pantul ini. Karena terik Matahari pada siang hari, Bulan akan lebih mudah terlihat ketika besarnya lebih dari setengah. 


Jadi, pada saat fase tertentu yaitu ketika besarnya lebih dari setengah, Bulan pun dapat terlihat pada saat siang hari.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

10 comments :

  1. wew, kemarin emang bulannya so suit gitu deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekitaran tanggal-tanggal akhir bulan kemarin Bulan sedang dalam fase purnama soalnya :)

      Delete
  2. ouh, jadi gituu yah ... saya juga sering dulu liat bulan siang-siang dari jam 7pagi-10an .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sering juga disebut sebagai Bulan kesiangan yaa, hehe

      Delete
  3. Kan bulan memang sering kelihatan juga disiang hari kan de?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuph.. seperti yang tertulis diatas,

      Delete
  4. saya dulu sering liat itu di pagi hri....tpi sekarang gk pernah malah..kemanakah tu bulan..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan selalu ada, dihatimu... #ehh...
      akan lebih mudah terlihat saat siang hari ketika ukuran bulan besarnya lebih dari setengahnya, dan mungkin juga saat bulan berada pada ukuran seperti itu, sobat tidak melihatnya bisa jadi juga tidak terlihatnya itu karena tertutup awan,

      Delete
  5. Selamat Malam Mimin [Admin], Wew ada yang baru nihh..

    Izin Nyimak yak..

    Jangan Lupa Mampir ke Blog Sederhana Saya Yak..?


    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan.... oke siapp, ditunggu aja yaa kunjungan balik dari saya :)
      Terima kasih udah mampir :D

      Delete