Penampakan Bulan Saat Siang Hari

Assalamualaikum... Bulan purnama dilihat dari Bumi (Belgia). Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, dan merupakan satelit al...

Assalamualaikum...

Bulan purnama
dilihat dari Bumi (Belgia).
Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, dan merupakan satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya. Bulan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri dan cahaya Bulan sebenarnya berasal dari pantulan cahaya Matahari.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Bulan terlihat bersinar dari Bumi karena Bulan mendapat cahaya dari Matahari. Cahaya ini kemudian dipantulkan Bulan ke berbagai arah. Ketika cahaya pantul ini mengenai mata kita (bahkan pada siang hari), kita dapat melihat Bulan.

Cahaya Bulan yang tiba di mata kita lebih redup dibandingkan dengan cahaya Matahari. Namun, cukup untuk menerangi malam hari.

Namun, pada waktu-waktu tertentu kita juga bisa melihat Bulan di siang hari.
Lho kok bisa yaa...? Seperti yang pernah saya lihat pada siang tanggal 12 Februari 2012 silam, pukul 10:40 di WIB, di kota Sumedang (Jawa Barat). Di arah langit sebelah barat daya.
Berikut foto Bulan yang nampak di siang hari, yang sempat saya abadikan. Tapi maaf yaa, resolusi kameranya kurang baik, hehe... jadi Bulannya gak terlihat jelas, dan biar lebih jelas, letak Bulan pada foto di bawah saya lingkari warna merah :


Tapi mungkin untuk orang yang belum pernah sama sekali melihat Bulan saat siang hari akan merasa ragu-ragu, apakah itu benar-benar Bulan? hanya ilusi mata? tipuan alam atau UFO? hehe... Berikut penjelasannya : 

Untuk melihat satelit Bumi pada siang hari itu, kita harus mengarahkan mata pada cahaya pantul ini. Karena terik Matahari pada siang hari, Bulan akan lebih mudah terlihat ketika besarnya lebih dari setengah. 


Jadi, pada saat fase tertentu yaitu ketika besarnya lebih dari setengah, Bulan pun dapat terlihat pada saat siang hari.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

You Might Also Like

10 Comments