Keterlihatan Bintang di Luar Angkasa

Assalamualaikum... Setelah di postingan sebelumnya kita membahas tentang "pengisi" di Luar Angkasa , yaitu yang berupa part...

Assalamualaikum...

Setelah di postingan sebelumnya kita membahas tentang "pengisi" di Luar Angkasa, yaitu yang berupa partikel dan gelombang yang disebut gelombang elektromagnet. Nah pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai keterlihatan atau kenampakan Bintang di Luar Angkasa.

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).


Gambar ilustrasi langit malam
yang bertabur bintang berkelap-kelip
Pada saat kamu melihat langit di malam hari dan kamu cukup beruntung, akan terlihat bintang yang sangat banyak. Lalu bagaimana dengan keterlihatan bintang di luar angkasa, apakah akan terlihat lebih jelas atau justru malah sebaliknya? Untuk lebih jelasnya mari kita cari tahu...


Sejak zaman dahulu kala, para astronom telah berusaha membuat teleskop yang memiliki kemampuan untuk melihat bintang-bintang dengan lebih jelas. Manusia memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengenali pola dan sepanjang sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang. Sebagai contoh, silahkan perhatikan gambar animasi dari Rasi Bintang Orion dibawah ini :



Di manakah tempat yang bagus untuk melihat bintang? Kamu akan melihat bintang dalam jumlah yang banyak jika kamu tinggal jauh dari kota besar. Kamu akan melihat bintang bercahaya lebih terang saat musim dingin dibandingkan pada saat musim panas.

Penjelasan mengenai bintang yang terlihat berbeda-beda adalah karena lokasi dan musim dalam suatu tahun yang mempengaruhi kondisi udara. Lapisan udara memang melindungi kita, tetapi ia juga menghalangi cahaya bintang yang masuk ke bumi.
Dari gambar dibawah ini dapat diketahui bahwa keterlihatan bintang dari satelit ISS terlihat lebih jelas dibandngkan dengan keterlihatan bintang dari Bumi.



Sebelum cahaya dari bintang masuk ke bumi, ia akan melalui debu-debu dan lapisan tipis air di atmosfer. Akibatnya, cahaya bintang dapat terbiaskan atau terpantulkan kembali. Lapisan udara yang berubah-ubah juga menjadi alasan mengapa bintang terlihat kelap-kelip dari bumi.

Di daerah yang sangat terang, seperti di perkotaan, kita tidak dapat melihat cahaya bintang karena cahayanya terlalu redup dibandingkan cahaya dari lampu-lampu dikota yang misalnya bersumber dari lampu di gedung-gedung tinggi, lampu taman, lampu-lampu jalan dan lampu kendaraan.

Itulah pembahasan mengenai keterlihatan bintang di luar angkasa yang ternyata bisa terlihat lebih jelas dibandingkan dengan keterlihatan bintang dari Bumi. Semoga bermanfaat yahh...


Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan,
yaitu bintang-bintang,
(Q.S. Ash-Shaaffaat : 6)

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Diterjemahkan dari What's Outer Space Like? 
(Stars not easily seen from the Earth can clearly be observed), dengan perubahan.
Referensi lain :
Wikipedia/Bintang
Wikipedia/Rasi Bintang

You Might Also Like

35 Comments