Planet-Planet Menari, 24 Mei s/d 3 Juni 2013,

Assalamualaikum... Seperti yang telah diinformasikan pada postingan sebelumnya yang berjudul  13 Peristiwa Astronomi Pilihan Sepanjang...

Assalamualaikum...

Seperti yang telah diinformasikan pada postingan sebelumnya yang berjudul 13 Peristiwa Astronomi Pilihan Sepanjang Tahun 2013, salah satu dari ke-13 peristiwa Astronomi tersebut adalah peristiwa Dance of The Planet atau Planet-Planet Menari. Peristiwa tersebut dapat diamati dengan mata telanjang mulai tanggal 24 Mei hingga 3 Juni 2013 setiap setelah Matahari terbenam. 

Planet-planet menari atau Dance of the Planet ini merupakan istilah yang diberikan kepada planet-planet di tata surya dimana pada saat yang bersamaan kita dapat melihatnya di langit secara langsung. (Kafe Astronomi)

Tidak semua planet akan nampak 'menari' pada watu yang disebutkan diatas, tetapi hanya tiga planet saja, yaitu Venus, Jupiter, dan Merkurius. Ketiga planet tersebut akan tampak saling berdampingan. Meski kenyataannya, mereka terpisah sejauh jutaan kilometer.
Salah satu hal penting dalam hukum tata surya: "Seluruh planet terus mengelilingi matahari, tanpa henti".
Rutinitas yang pada dasarnya berasal dari hukum gravitasi ini, memungkinkan ilmuwan memprediksi pergerakan planet dengan akurat. Dari hukum itu, peneliti memprediksi bila Venus dan Jupiter akan berada dalam jarak 1 derajat. Untuk menambahkan kilauannya, Merkurius berada tak jauh di atas mereka.

Meski kelihatannya dekat, sesungguhnya Jupiter berada sejauh 660 juta kilometer lebih dari Venus. Saat itu pula planet Venus akan bersinar 6 kali lebih terang dari pada planet Jupiter dan akan berjarak 774 juta kilometer dari Merkurius. Merkurius merupakan planet yang selalu sulit dilihat. Namun dalam 'tarian' itu, dia akan mudah terlihat di arah barat, setelah matahari terbenam.

Jika ingin mencoba melihat keindahan alam ini, tunggulah sampai matahari terbenam dan langit barat sudah gelap. Lalu, carilah dua planet cerah; di bagian terendah ada Jupiter dan di atasnya terdapat Venus yang lebih cerah. Tak lupa si Merkurius yang kecerlangannya sedikit lebih pucat di atas keduanya.

Namun, untuk mengamatinya peristiwa ini bagaimana cara untuk membedakan planet dan bintang dengan mata telanjang?
Caranya mudah, Cahaya planet tampak lebih terang, stabil, dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan bintang, selain itu Cahaya bintang tampak berkelap-kelip, sedangkan cahaya planet cenderung tidak berkelap-kelip.

Berikut gambar hasil screenshot dari Stellarium versi 0.12.0 yang memperlihatkan posisi dari planet Merkurius, Venus dan Jupiter : 

Posisi Planet Merkurius, Venus dan Jupiter di langit sebelah Barat
Waktu : 24 Mei 2013, jam 17:40 WIB
Lokasi : Sumedang, Indonesia

Posisi Planet Merkurius, Venus dan Jupiter di langit sebelah Barat
Waktu : 26 Mei 2013, jam 17:40 WIB
Lokasi : Sumedang, Indonesia

Posisi Planet Merkurius, Venus dan Jupiter di langit sebelah barat
Waktu : 28 Mei 2013, jam 17:40 WIB
Lokasi : Sumedang, Indonesia

Posisi Planet Merkuriu, Venus dan Jupiter di langit sebelah Barat
Waktu : 30 Mei 2013, jam 17:41 WIB
Lokasi : Sumedang, Indonesia
  
Posisi Planet Merkurius, Venus dan jupiter di langit sebelah Barat
Waktu : 1 Juni 2013, jam 17:41 WIB
Lokasi : Sumedang, Indonesia

Posisi Planet Merkurius, Venus dan Jupiter di langit sebelah Barat
Waktu : 3 Juni 2013, jam 17:41 WIB
Lokasi : Sumedang, Indonesia

Dari gambar-gambar diatas terlihat planet Merkurius, Venus dan Jupiter akan memberikan pertunjukan menarik yang rendah di langit barat laut saat senja, segera setelah matahari terbenam. Mereka akan terus mengubah posisinya setiap malam berikutnya seakan mereka menari-nari di langit.

Selamat menari, selamat menikmati keindahan ciptaan Allah SWT yang penuh seni.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Sumber dan Referensi :
Sains Tempo (dengan perubahan),
www.skyandtelescope.com

You Might Also Like

49 Comments