6 Fakta Menarik Tentang Planet Venus

Assalamualaikum... Setelah dari postingan sebelumnya kita mengetahui tentang 8 Fakta Unik Planet Venus , nah pada kesempatan kali ini ...

Assalamualaikum...

Setelah dari postingan sebelumnya kita mengetahui tentang 8 Fakta Unik Planet Venus, nah pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas mengenai 6 fakta menarik lainnya tentang si cantik planet Venus.

Seperti yang telah kita ketahui, planet Venus merupakan planet kedua dari sistem tata surya kita setelah planet Merkurius. Planet Venus ini berjarak sekitar 0,72607 AU dari Matahari (Catatan : 1 AU = 149,6 x 106 km). Jika dicermati, planet Venus adalah planet yang mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan planet-planet lain di tata surya. Apa sajakah keunikannya itu?

Berikut 6 fakta-fakta unik dan menarik tentang planet Venus :
Gambar ilustrasi arah dan
kemiringan planet Venus
1. Venus berotasi searah Retrograd, artinya Venus berotasi dengan arah berlawanan rotasi bumi. Sehingga di planet yang satu ini matahari terbit di barat dan tenggelam di timur.

2. Venus merupakan benda ketiga paling terang di langit setelah Matahari dan Bulan, dengan kecerahan (magnitudo) paling besar adalah -4,4 atau sama dengan 15x kecerahan Sirius yang merupakan bintang paling terang di langit.

3. Untuk berotasi mengelilingi sumbunya, planet Venus membutuhkan waktu selama 243 hari bumi, sedangkan periode revolusi nya yaitu mengelilingi matahari adalah selama 225 hari bumi. Hal ini berarti, satu hari Venus berlangsung lebih lama dibanding satu tahun Venus.

4. Merupakan planet dengan temperatur terekstrim di tata surya. Suhu Venus mencapai 482°C. Hal ini disebabkan oleh Runaway Greenhouse Effect oleh CO2 yang terus menerus.

5. Dari data diatas dapat diketahui bahwa Venus sangat berbeda dengan bumi, namun Para Astronom sering menyatakan bahwa Venus adalah saudara kembar planet Bumi karena jika ditinjau dari parameter Fisika Planet seperti; massa, kerapatan, ukuran dan isi antara Venus dengan Bumi berdekatan dan juga terbentuk dari kabut matahari di masa yang sama.

6. Venus disebut bintang fajar, terbit di timur saat Matahari terbit (dijuluki Hesperus) dan sebagai bintang senja di barat, saat Matahari terbenam (dijuluki Phosphorus atau Lucifer). Kedudukan antara Venus, Bumi dan Matahari menyebabkan Venus terlihat ± 3 jam sebelum matahari terbit dan ± 3 jam setelah matahari terbenam.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum...Wr.Wb



Sumber :
Bahan Ajar Persiapan Menuju Olimpiade Sains Nasional/Internasional Astronomi

--- Boleh CoPas TAPI Cantumkan Sumbernya Yaa ---

Ingatlah, Allah SWT Maha Tahu dan Maha Melihat

You Might Also Like

14 Comments