Monday, June 17, 2013

Titik Balik Matahari 21 Juni 2013

46 comments
Assalamualaikum...

Titik Balik Matahari atau disebut juga dengan istilah Solstice adalah sebuah fenomena alam yang terjadi dua kali dalam setahun, yaitu saat garis axis (sumbu/poros) matahari bergerak menjauhi bumi yang menyebabkan posisi matahari akan bergerak condong ekstrem ke Selatan atau Utara.

Pada tanggal 21 Juni, matahari akan terbit di koordinat 23,5 derajat, atau sejauh 23,5 derajat arah utara dari khatulistiwa. Sebaliknya di bulan Desember tanggal 22, matahari terbit di -23,5 derajat, atau sejauh 23,5 derajat arah selatan khatulistiwa.

Seperti yang telah disebutkan diatas, Titik balik Matahari terjadi saat bumi amat miring (bergerak condong ekstrem ke Selatan atau Utara). Titik balik di bulan Juni terjadi bila Hemisfer Utara Bumi miring ke arah matahari dan Hemisfer Selatan Bumi miring menjauhi Matahari. Di Hemisfer Utara disebut Titik Balik Musim Panas. Titik Balik Juni biasanya pada 21 Juni.

Gambar ilustrasi yang menunjukkan posisi planet Bumi saat terjadinya Titik Balik Matahari
yang terjadi antara tanggal 20-22 Juni setiap tahunnya.
Sumber gambar : Time and Date
Titik Balik Desember terjadi saat Hemisfer Selatan Bumi condong ke arah Matahari dan Hemisfer Utara condong menjauhi Matahari. Di Hemisfer Utara disebut Titik Balik Musim Dingin. Titik Balik Desember biasa terjadi pada 21 Desember.


Karena penyebab pastinya tak diketahui, pengaruhnya (hingga ada hari yang panjang maupun pendek) dikenal di banyak budaya kuno. Banyak budaya pra-Kristen, seperti kepercayaan Druid, Jermanik, dan Norman memperingati peristiwa-peristiwa sebagai hari besar.

Saat budaya-budaya seperti itu musnah, Kristen mengambil alih beberapa perayaan itu, yang kemudian dipakai untuk para santo mereka. Tanggal Natal dalam kepercayaan Katolik dan Kristen hanya 3 hari dari titik balik Desember.

Kini, banyak orang memperingati titik balik sebagai hari libur.

Jadi, berdasarkan informasi diatas, Matahari sepanjang tahun mengalami pergeseran ke utara dan ke selatan, yakni pada tanggal :
1. 21 Maret, tepat beredar di khatulistiwa. Matahari terbit dan terbenam tepat di titik timur dan barat.
2. 21 Juni, Matahari tepat berada di lintang pada kisaran 23.5° LU.
3. 23 September, tepat berada di khatulistiwa lagi, Matahari terbit dan terbenam tepat di titik timur dan barat.
4. 22 Desember, Matahari tepat berada di lintang pada kisaran sudut 23.5° LS.

Pergeseran matahari seperti ini, merupakan akibat bumi berevolusi mengelilingi matahari dan sumbu rotasinya membentuk sudut 47° terhadap bidang ekliptika dengan kemiringan tetap. Akibat revolusi bumi antara lain, pada setiap tanggal 21 Juni, matahari akan berada di garis balik utara yakni lintang 23.5° utara khatulistiwa.

Dan menurut Kalender Astronomi Tahun 2013, Titik balik Matahari Juni 2013, akan terjadi pada tanggal 21 Juni jam 05:04 UTC (12:04 WIB). Kutub Utara bumi akan miring ke arah Matahari, yang akan telah mencapai posisi paling utara di langit dan akan langsung di atas Tropic of Cancer pada 23,44 derajat lintang utara. Ini adalah hari pertama musim panas (summer solstice) di belahan bumi utara dan hari pertama musim dingin (winter solstice) di belahan bumi selatan.

Itulah informasi mengenai Titik Balik Matahari yang akan terjadi pada tanggal 21 Juni 2013. Semoga bermanfaat.

Q.S. Thaahaa (53) :

53. Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-jalan, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam.

Wassalamualaikum...Wr, Wb.



Referensi :

46 comments :

  1. datang untuk kunjungan di blog sobat, saat ini saya akan sedekah di blog sobat, izin klik semua iklannya gan, membalas kebaikan agan. terima kasih. sukses selalu dan mari kita jaga silaturahmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya... oke siap :D
      Salam sukses...

      Delete
    2. saya juga permisi mau berkunjung

      Delete
    3. Silahkan... bawa oleh-oleh kan?

      Delete
    4. oleh olehnya cukup untuk satu orang saja sih mbak

      Delete
    5. dan pasti bukan buat saya..., gak apa-apa... saya mentahnya aja...
      *sebenarnya ini ngomongin apa ya? hehehe

      Delete
  2. itulah kekuasaan Allah, segala sesuatu sudah di suratkan. terima kasih infonya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menemukan apa mas Agus? :D :D

      Delete
    2. menemukan ilmunya, di Al Qur'an sudah ada

      Delete
    3. yuphh.. betul, super lengkap :)

      Delete
  3. terima kasih atas ilmu pengetahuannya, ijin share ya boss. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... boleh, boleh... Silahkan :D

      Delete
  4. Menarik dilihat..makasih ilmunya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama... terima kasih kunjungannya yaa :)

      Delete
  5. wah semoga tidak terjadi hal hal buruk atas terjadinya fenomena alam titik balik matahari ini sob..

    terimakasih atas infonya.. info info seperti ini memang penting sob. karena kini lebih banyak info tentang isi bumi di banding tentang isi dunia.... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap tahunnya, Matahari mengalami titik balik (pergeseran ke arah utara dan selatan) sebanyak empat kali pada waktu-waktu tertentu, dan setiap tahunnya itu (alhamdulillah) sampai sejauh ini tidak ada bencana/fenomena alam yang merugikan yang disebabkan oleh peristiwa titik balik Matahari ini. Justru dari peristiwa ini, kita bisa mengetahui awal musim, tepatnya musim panas di bumi bagian utara dan musim dingin di bumi bagian selatan...

      heheh... terima kasih banyak untuk kunjungannya yaa :)

      Delete
  6. ternyata belahan bumi selatan mulai musim dingin,,,,
    makasih sist atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama sist, terima kasih banyak yaa udah baca :)

      Delete
  7. Mantap infonya . Hehehe. Ada yang ulang tahun ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih yaa ... wihh sapa tuh yang ulang tahun.. traktir-traktir dungs :)

      Delete
  8. Semua telah dibuktikan dalam Al-Qur'an mba .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, pada dasarnya semua sudah ada penjelasannya di dalam Al-Qur'an... tinggal kita pelajari, telaah dan terapkan dalamkehidupan sehari-hari...

      Delete
  9. kalau matahari berada di titik balik utara, rumah ane kepanasan soalnya menghadap ke utara. Bakalan lama nih panasanya untuk kembali ke selatan.

    ReplyDelete
  10. wah mantap lengkap dengan ayatnya ya, hebat hebat

    ReplyDelete
  11. Subhanallha...tidaklah Allah menciptakan sesuatu dengan sia-sia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka juga tidak pernah menetapkan syari'ah yang kaku dan tidak berguna :)
      #hehe... jadi ingat kalimat yang tadi saya baca :)

      Delete
  12. makanya kok mahgribnya sekarang jam setengah 6 kurang , biasanya kalau mendekati puasa gini maghribnya jam 6 bahkan lebih. inilah adilnya Allah dengan memberi waktu puasa yang seimbang karena di belahan bumi lain ada kalanya puasanya lebih dari 12 jam, sekarang masa puasanya lebih pendek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, itu salah satu manfaat nyata yang kita rasakan dengan adanya peristiwa atronomi Titik Balik Matahari ini, terima kasih sudah mampir yaa mas Agus :)

      Delete
    2. lho emangnya ga bawa sendiri yah?

      Delete
  13. tapi aku masih bingung tuh
    gara gara kemiringan 23 derajat itu kan yang lebih dekat ke matahari bakalan lebih panas daripada yang jauh. kenapa kalo kita naik gunung makin ke atas makin dingin. padahal kan makin mendekati matahari
    kenapa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, ketika kemiringannya (yg membentuk sudut 23,5 derajat itu) mengarah ke Matahari, di belahan Bumi utara yang mendapat lebih banyak sinar Matahari terjadi musim panas. Sebaliknya, di belahan Bumi selatan terjadi musim dingin. Di daerah kutub utara tidak ada malam (terang terus sepanjang hari), sebaliknya di daerah kutub selatan tidak ada siang (gelap terus sepanjang hari).

      Begitu pula sebaliknya saat kemiringannya menjauhi Matahari...

      Mengenai suhu di gunung, memang pada kenyataannya, suhu di puncak gunung itu rendah. Jadi, semakin tinggi puncak gunung, tekanan udaranya semakin menurun dan sedikit udara.

      Oleh karena itu udara di puncak gunung tidak mampu menyerap panas Matahari terlalu banyak, selain itu dari permukaan bumi sampai batas tertentu, semakin tinggi daerahnya maka suhunya semakin rendah.

      Nah itu pulalah yang menyebabkan di puncak gunung yang tinggi suhunya lebih rendah dari 0 derajat Celcius bisa terdapat banyak salju.

      mudah-mudahan bisa dipahami, maaf tidak ada maksud untuk mengajari/menggurui hehe...

      Delete
  14. mantab sob, pergeseran-pergeseran itu kan yang membuat musim berubah-ubah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih... yaph.. tepatnya perubahan musim panas dan musim dingin :)

      Delete
  15. ini yang bikin musim bermacam-macam, coba di indo ada musim dingin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti seru ya kita bakalan bisa bermain-main salju... :)
      iya...peristiwa titik balik matahari seperti ini merupakan bagian dari pengaruh revolusi yang merupakan penyebab adanya perubahan musim..

      Delete
  16. wah masih tentang titik balik matahari ya sob.. yaudah saya suport saja dan di tunggu post terbarunya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya...belum ada post terbaru nih >_<
      Terima kasih yaa...

      Delete
  17. saya lihat lihat fotonya gan..keren

    ReplyDelete