Sunday, July 21, 2013

Inilah 9 Foto Planet Bumi Yang Berhasil Diabadikan Dari Luar Angkasa

15 comments
Assalamualaikum...

Foto
Bumi belahan timur
(atas)
dan
belahan barat
(bawah)
Planet Bumi, planet tercinta yang kita diami ini adalah planet ketiga dan merupakan planet ke 5 terbesar dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. 

Populasi manusia di planet bumi saat ini sekitar 6.8 milyar orang. Dengan pertumbuhan populasi yang mencapai 1.13% per tahun, maka populasi bumi akan menjadi dua kali lebih banyak dari populasi sekarang dalam 62 tahun mendatang. Sebanyak 71% dari permukaan bumi ditutupi oleh lautan.

Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: Astronomical Unit).

Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Sedangkan kala revolusinya adalah 365,25 hari. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. 

Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Ionosfer, Termosfer, dan Eksosfer.

Sejumlah wahana antariksa berhasil memotret Bumi dari jarak ratusan hingga jutaan kilometer jauhnya. Foto-foto yang dihasilkan sangat memukau. Bumi tampak lebih spektakuler dibandingkan dengan yang dilihat manusia dalam kesehariannya.

Di antara banyak foto-foto Bumi yang dihasilkan, berikut sembilan foto yang dianggap paling spektakuler :

1. Foto pertama planet Bumi yang berhasil diabadikan dari luar angkasa


Foto diatas merupakan Foto Bumi pertama dari antariksa diambil oleh wahana Lunar Orbiter 1 pada 23 Agustus 1966. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menolehkan sejenak wahana tersebut khusus untuk memotret Bumi. Bumi dalam foto ini diambil dari Bulan, jauh dari indah, tampak kasar dan buram.

2. Pemandangan Bumi terbit yang terlihat dari Bulan


Foto diatas adalah pemandangan Bumi yang terbit dari Bulan diambil oleh kru misi Apollo 8 pada tahun 1968. Bumi hanya tampak separuh, tetapi menampakkan kebiruannya. Misi yang sama menayangkan untuk pertama kali siaran tentang permukaan Bulan.

3. Bumi tampak berada di bawah Bulan dalam foto wahana Kaguya.


Foto diatas diambil oleh wahana antariksa Kaguya, diambil pada tahun 2007, di mana Bumi tampak berada di bawah Bulan. Kaguya atau SELENE adalah nama dari wahana antariksa Jepang yang pertama. SELENE adalah singkatan dari Selenological and Engineering Explorer.

4. Bumi dan Bulan dipotret wahana Mars Reconnaisance Orbiter


Foto Bumi yang  berbentuk setengah lingkaran ini diambil oleh wahana Mars Reconnaisance Orbiter pada tahun 2007.

5. Bumi dan Bulan dipotret oleh wahana Galileo yang mengorbit Jupiter


Wahana antariksa Galileo yang mengorbit Jupiter memgambil foto ini pada tahun 1992 dari jarak 6,2 juta kilometer. Dalam foto, tampak Bumi dan Bulan dalam bentuk setengah lingkaran.
Sedikit mengenai wahana antariksa Galileo, Galileo adalah wahana antariksa tak berawak yang dikirim NASA untuk mempelajari Jupiter dan bulan-bulannya. Dinamakan menurut nama astronom dan perintis Renaisans, Galileo Galilei, pesawat ini diluncurkan pada 18 Agustus 1989 oleh pesawat ulang-alik Atlantis dengan misi STS-34. Galileo tiba di Jupiter pada 7 Desember 1995, enam tahun dari peluncurannya, dengan bantuan lintasan gravitasi Venus dan Bumi.

6. Bumi tampak sebagai titik kecil di samping Saturnus


Foto diatas diambil oleh wahana antariksa Cassini yang mengorbit Saturnus sejak tahun 2004. Dalam foto yang diambil tahun 2006 itu, Bumi tampak sebagai bintik putih yang seolah-olah berada di dalam cincin Saturnus. Bersama potret Bumi ini, Cassini berhasil menguak cincin Saturnus yang sebelumnya tak diketahui.

7. Bumi tampak berbentuk sabit dalam jepretan wahana Rosetta



Foto ini diambil oleh wahana Rosetta milik European Space Agency (ESA) pada tahun 2007. Bumi tampak seperti sabit berwarna perak. Rosetta tengah dalam perjalanan untuk mendarat di sebuah komet dan diperkirakan sampai pada tahun 2014.

8. Bumi tampak sebagai kelereng biru dalam citra hasil jepretan misi Apollo 17

Foto diatas disebut sebagai foto paling mengagumkan. Bumi terlihat bulat utuh dan berwarna biru. Foto ini diambil dengan oleh kru misi Apollo 17 pada bulan Desember 1972.

9. Pale Blue Dot

Foto diatas juga dikatakan sebagai foto Bumi yang tak kalah mengagumkan. Foto diambil pada tahun 1990 dengan wahana antariksa Voyager 1 dari jarak 6 miliar kilometer. Dalam foto tersebut, Bumi tampak sebagai bintik biru kecil dan pucat (Pale blue Dot) berukuran 0,12 piksel. Voyager diluncurkan tahun 1977 dan kini diklaim telah meninggalkan tata surya.

Q.S. Al-A'raaf ayat 54 :

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Kompas, dengan perubahan
All picture credit by NASA

15 comments :

  1. suka dee :) kmren aku baca artikel ttg nasa jd keingat sm dee ^^ met puasa dee ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mbak Uswah...udah sempetin mampir dimari, hihi....
      Selamat puasa juga yaa mbakku :)

      Delete
  2. waw ternyat kalau di bandingkan saturnus bumi bagaikan titik di dalam tulusan kecil banget yah, terima kasih sudah berbagi pengetahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kecil sangat perbandingan ukurannya... Sama-sama, semoga aja ada manfaatnya :)

      Delete
  3. subhanallah, benar-benar indah dan mengagumkan bila bumi dilihat dari luar angkasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, jadi pengen kesana juga ya, hehe..

      Delete
  4. keren banget gambar-gambarnya. menakjubkan sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... terimakasih sudah mampir ya :)

      Delete
  5. Replies
    1. iya, mbak... hehe... btw, terima kasih sudah berkunjung, sukses buat mbak )

      Delete
  6. Maha Suci Allah atas segala ciptaanNya.

    Happy Blogging
    http://haccfiles.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah.... :)
      terimakasih banyak untuk kunjungan dan konentarnya... insya Allah nanti manpir juga :).... happy bloggiiiiinng....

      Delete
  7. Dengan melihat ini keimanan ku jadi semakin bertambah kepada sang pencipta.

    ReplyDelete