Inilah Foto-Foto Eksklusif Bumi Dan Bulan Yang Berhasil Diabadikan Oleh Satelit Cassini Dari Orbit Saturnus

Assalamualaikum... Pada tanggal 19 Juli 2013 yang lalu, saat dini hari, Bumi dan manusia dipotret dari Saturnus oleh wahana antariksa...

Assalamualaikum...

Pada tanggal 19 Juli 2013 yang lalu, saat dini hari, Bumi dan manusia dipotret dari Saturnus oleh wahana antariksa Cassini. Momen di mana Bumi dipotret dari jarak miliaran kilometer itu dirayakan di berbagai tempat di dunia. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menamai momen pemotretan Bumi dari Saturnus ini sebagai The Day the Earth Smiled. Saat itu, NASA dengan tagline Wave at Saturn mengajak seluruh warga Bumi untuk melambaikan tangan ke arah Saturnus saat Cassini memotret Bumi.

Nah, saat dini hari tanggal 19 Juli kemarin itu ada yang sempat melambaikan tangan gak?, Saya sih nggak, soalnya lupaaa, hehehe... Padahal, berdasarkan keterangan dari situs NASA, Cassini memotret Bumi, Sabtu dini hari antara pukul 04.27 WIB hingga 04.47 WIB, dari sahur hingga sesaat setelah imsak. Jam segitu harusnya ingat ya, karena bangun untuk makan sahur... Tapi tetep aja kalau lagi lupa suka gak ingat >_<.

Dengan wahana satelit Cassini yang tengah mengorbit planet bercincin itu, pemotretan Bumi berlangsung dari jarak 1,44 miliar kilometer, atau 10 kali lipat jarak Bumi-Matahari. Seperti apa hasil foto Cassini? Penasaran?

Berikut foto-foto Bumi dan Bulan yang berhasil diabdaikan oleh satelit Cassini dari orbit planet Saturnus :

Cassini berhasil memotret
Cincin Saturnus, planet kita Bumi dan Bulan
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Camera Cassini juga telah berhasil memotret Bumi dan bulan
dari orbit Saturnus
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Gambar diatas merupakan hasil pembesaran
dari gambar sebelumnya, yang memperlihatkan
keterlihatan Bumi (kiri) dan bulan (kanan) dari Orbit Saturnus
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Gambar diatas memperlihatkan keterlihatan Bumi dan Bulan
dari Satelit Cassini (kiri) dan dari Satelit MESSENGER
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
and NASA/Johns Hopkins
University Applied Physics Laboratory/Carnegie Institution
of Washington

Dan inilah gambar mentah foto Bumi (atas) dan Bulan (bawah)
hasil jepretan Satelit NASA Cassini dari orbit planet Saturnus
dimana Bumi dan Bulan hanya nampak seperti dua titik cahaya kecil
Credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
Dari gambar-gambar diatas, dari orbit planet Saturnus, terlihat planet Bumi kita yang tercinta beserta sang satelit alaminya, Bulan, hanya nampak sebagai dua titik cahaya kecil dalam tata surya kita... Bisa dibayangkan, planet yang kita diami ini tak ubahnya seperti debu di alam semesta ini. Subhanallah...

Sedikit mengenai "sang fotografer" Cassini, hingga saat ini Cassini telah beroperasi selama sembilan tahun. Walau masih banyak yang bisa dipelajari dari Saturnus, Cassini harus pensiun pada tahun 2017 nanti. Pada saatnya nanti, Cassini akan ''bunuh diri' di atmosfer Saturnus.

Itulah 5 foto-foto eksklusif Bumi dan Bulan yang berhasil diabadikan satelit NASA Cassini dari orbit planet Saturnus. Beberapa foto telah mengalami perubahan kontras dari citra aslinya untuk memperjelas hasil foto. Semoga bermanfaat dan dapat dapat menambah keyakinan kita kepada kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :

You Might Also Like

11 Comments