Bulan Apogee 28 September 2013

Assalamualaikum... Bulan September sudah mau berakhir, sodara-sodara... Dan kalau ada yang pernah membaca postingan saya sebelumnya ya...

Assalamualaikum...

Bulan September sudah mau berakhir, sodara-sodara... Dan kalau ada yang pernah membaca postingan saya sebelumnya yang berjudul Peristiwa-Peristiwa Astronomi bulan September 2013, disana tertulis bahwa pada tanggal 28 September ada peristiwa Astronomi yang disebut dengan istilah Bulan di Apogee.

Penjelasan mengenai Bulan Apogee... sebenarnya sudah pernah disebut-sebut juga pada postingan sebelumnya yang membahas tentang Bulan Perigee yang terjadi pada tanggal 15 September 2013 yang lalu.
Lintasan orbit Bulan pada Bumi tidaklah bulat, tetapi berbentuk elips.
Oleh karena itu, pada siklus perputarannya,
ada saat bulan berada pada titik terdekat dengan bumi.
Siklus seperti itulah yang disebut dengan lunar perigee atau bulan perigee.

Sumber Gambar : Wikipedia
Jadi jika pada tanggal 15 September lalu Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi yang disebut dengan istilah Bulan Perigee, nah... pada tanggal 28 September 2013 besok, sebaliknya... Bulan, Insya Allah akan berada pada jarak terjauhnya dengan Bumi. Dan dalam astronomi, peristiwa tersebut dikenal dengan istilah Bulan Apogee. Pada saat bulan apogee, Bulan terlihat lebih kecil dibanding pada saat bulan perigee dan jaraknya bisa mencapai 405.000 km jauhnya.

Dan menurut informasi dari Basic Astro.com untuk peristiwa Bulan Apogee 28 September 2013, jarak terjauh yang akan dicapai oleh Bulan adalah sejauh 404.309 km pada pukul 01:17 WIB.

Oh iya berikut gambar perbandingan ukuran saat Bulan Perigee 30 Januari 2010 dan Bulan Apogee 25 Agustus 2010 :

Untuk lebih jelas melihat gambar diatas silahkan kujungi :
www.perseus.gr yaa...
karena saya pinjem gambar ini dari sana :D
Jadi jangan heran ya, kalau besok malam saat kamu mengamati Bulan dan Bulannya terlihat kecil, itu karena Bulan sedang berada pada jarak terjauhnya dengan Bumi.


"Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan.
Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya."
Q.S. Al-Anbiya (33)

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

You Might Also Like

4 Comments