Bulan Perigee 15 September 2013

Assalamualaikum Wr. Wb... Hello, people... what's up? By the way , Bulan di Perigee...? maksudnya apa sih?. Untuk yang ingin tah...

Assalamualaikum Wr. Wb...

Hello, people... what's up?
By the way, Bulan di Perigee...? maksudnya apa sih?. Untuk yang ingin tahu dan sedang mencari informasi mengenai bulan di perigee, khususnya yang Insya Allah akan terjadi pada tanggal 15 September 2013, yukk kita bahas sama-sama yaa...

Seperti yang kita ketahui ya, Guys... bahwa setiap benda angkasa itu memiliki jarak terdekat dan terjauh. Untuk orbit-orbit yang melintasi Matahari, contohnya planet Bumi digunakan istilah perihelion dan aphelion. Dimana yang dimaksud dengan perihelion adalah titik terdekat planet dengan matahari, sedangkan aphelion adalah titik terjauh planet dari matahari. Sementara untuk Bulan digunakan istilah perigee dan apogee.

Wait, wait, wait... "setiap benda angkasa itu memiliki jarak terdekat dan terjauh"?.
Iya betul, itu karena lintasan orbit Bulan pada Bumi tidaklah bulat, tapi berbentuk elips. Oleh karena itu, pada siklus perputarannya, ada saat bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Siklus seperti itulah yang disebut dengan lunar perigee atau bulan perigee.

Ada saat bulan berada pada titik terdekat dengan bumi, berati ada juga saat Bulan berada pada jarak terjauh dengan bumi?. Tentu saja... dan saat Bulan berada pada jarak terjauh dengan bumi disebut dengan istilah lunar apogee atau bulan apogee. Pada saat bulan apogee, Bulan terlihat lebih kecil dibanding pada saat bulan perigee.

Perigee merupakan istilah ilmiah umum yang digunakan para ilmuwan dalam menggambarkan jarak terdekat Bulan dengan Bumi. Kata “perigee” diambil dari bahasa Yunani, yaitu “peri” dan “gee”. Kata “peri” berarti dekat atau berada di sekitar, sedangkan kata “gee” berarti bumi.

Bulan perigee adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa mendekatnya Bulan dengan Bumi. Ketika mendekat, jaraknya bisa hanya sekitar 360.000 km. Sementara ketika Bulan berada pada titik apogee, jaraknya bisa mencapai 405.000 km jauhnya.

Bulan membutuhkan waktu sekitar 29,5 hari untuk menyelesaikan putaran orbitnya mengelilingi Bumi. Bulan berada pada titik perigee setiap 14 hari dari munculnya bulan baru. Jadi, dalam satu bulan bisa terjadi dua kali supermoon atau lunar perigee. Adapun purnama kedua dalam waktu satu bulan disebut juga dengan istilah Blue Moon atau Bulan Biru.

Nah, pada tanggal 15 September 2013, Insya Allah akan terjadi peristiwa astronomi yang disebut dengan istilah bulan perigee seperti yang telah kita bahas diatas. 

Dimana saat itu, pada malam hari tentunya... tepat pada pukul 23:34 WIB, Bulan sebagai satu-satunya satelit alami planet bumi akan berada pada titik terdekatnya dengan bumi yaitu dengan jarak 367.400 km.

Ilustrasi kenampakan bulan
saat terjadi bulan perigee 15 September 2013, jam 23:34 WIB
dengan menggunakan aplikasi simulasi langit Stellarium
Oh iya, pada saat berada pada titik terdekatnya dengan bumi tanggal 15 September 2013 nanti, bulan juga sedang berada pada fase waxing gibbous. Pada saat fase waxing gibbous ini bulan nampak terlihat benjol, dimana persentase kenampakannya hanya terlihat 82% (seperti yang terlihat pada gambar hasil screenshot dari Stellarium diatas) dari ukuran persentase saat fase bulan purnama.

Selamat menikmati pemandangan bulan saat perigee and have a nice Saturday.!!!

Waalaikumsalam... Wr.Wb



Referensi :

You Might Also Like

22 Comments