Hari Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013

Assalamualaikum... Pada postingan sebelumnya , terkait dengan peristiwa Astronomi yang terjadi pada bulan September ini, pernah diinfo...

Assalamualaikum...

Pada postingan sebelumnya, terkait dengan peristiwa Astronomi yang terjadi pada bulan September ini, pernah diinformasikan bahwa tanggal 23 September 2013 merupakan hari Ekuinoks. Lebih tepatnya adalah hari ekuinoks musim gugur atau disebut juga dengan istilah Autumnal Equinox.

Ekuinoks itu apa sih?
Kata Ekuinoks berasal dari bahasa Latin : aequus (yang berarti sama) dan nox (yang bermakna malam), karena selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama.

Ekuinoks adalah titik potong antara equator langit dengan ekliptika. Matahari mencapai titik ini setiap tahun pada sekitar tanggal 21 Maret (disebut vernal equinox) dan 22 September (disebut autumnal equinox). Saat itu, siang dan malam akan tepat sama panjangnya.

Gambar Posisi Planet Bumi
Saat Terjadi Peristiwa Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013
(Gambar Tidak Menggunakan Ukuran Skala Yang Sebenarnya)
Sumber Gambar : Time and Date
Jadi, pada hari itu, Matahari akan bersinar tepat di perpotongan ekliptik dan ekuator. Kala itu lama waktu siang dan malam dalam waktu di seluruh dunia yang hampir sama. Hari ini juga akan menjadi awal musim gugur (autumnal equinox) di belahan Bumi Utara dan menjadi awal musim semi (vernal equinox) di belahan Bumi Selatan. Karena setelah tanggal 23 September 2013 ini, Matahari akan terus bergerak ke Selatan. Dan hal tersebut menyebabkan pergantian musim dingin di belahan Bumi Utara dan musim panas di belahan Bumi Selatan.

Bagaimana Peristiwa Ekuinoks Ini Bisa Terjadi?
Nah, seperti yang kita ketahui... Bahwa bidang ekuator, yaitu bidang yang membelah Bumi dua bagian sama besar Utara-Selatan adalah tegak lurus dengan sumbu rotasi Bumi. Dan seperti yang kita ketahui juga, bidang ekuator bumi tidak sejajar dengan sumbu bidang ekliptika, tetapi membentuk sudut sebesar 23,5 derajat. Sudut yang dibentuk dari perpotongan inilah yang mengakibatkan adanya deklinasi Matahari selama satu tahun lama Bumi mengitari Matahari.

Deklinasi...?
Iya, deklinasi ini tidak lain adalah jarak antara Matahari dengan bidang ekuator dan nilai deklinasi per harinya bervariasi lho... mulai dari 23,5 derajat hingga minus 23,5 derajat.

Guys... harap dicatat dan diingat baik-baik yaa, peristiwa ekuinoks, baik itu Vernal equinox atau Autumnal Equinox tidak tidak berpotensi menimbulkan bencana bagi bumi ataupun makhluk hidup di bumi.

Terus, terus... kapan terjadinya dan apa unik dan menariknya peristiwa Ekuinoks, khususnya Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013 nanti apa?
Peristiwa Ekuinoks musim gugur tahun 2013 Insya Allah akan terjadi pada hari Senin tanggal 23 September 2013 tepat pukul 03:44 WIB dini hari.
Bagi kamu atau mereka yang tinggal di garis khatulistiwa yaitu wilayah yang memiliki nilai lintang tempat pada kisaran 0 derajat seperti kalau di Indonesia di kota Pontianak yang berada pada kisaran lintang 0 derajat 5 detik lintang selatan dan 109 derajat 22 menit bujur timur, di siang hari mereka akan menyaksikan saat-saat matahari berada di titik tertinggi atau tegak lurus di atas kepala atau kulminasi Matahari tepat berada di titik zenith. Selain itu meraka juga akan menyaksikan, secara praktis matahari terbit tepat di titik timur dan terbenam tepat di titik barat. Bagi daerah yang berada pada lintang nol derajat ini, lama waktu siang praktis sama dengan lama waktu malam.

Jadi, selamat menyambut hari Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013 yaa... Namun sayang di negara kita tidak ada musim gugurnya ya, hehehe... Kalau gitu ucapannya diganti, selamat menyambut musim dingin buat kamu yang tinggal di belahan Bumi bagian Utara dan selamat menyambut musim panas buat kamu yang tinggal di belahan Bumi bagian Selatan, hehehh ^_^

Wassalamualaikum... Wr,Wb.

You Might Also Like

80 Comments