Friday, October 11, 2013

8 FAKTA ASTRONOMI TENTANG BINTANG

56 comments
Assalamualaikum...

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang tersusun atas gas hidrogen, helium dan unsur-unsur lainnya. 


Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri.

Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Menurut ilmu astronomi, definisi bintang adalah:
“Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.”

Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang. Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer, diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya.

Omong-omong tentang bintang, berikut adalah delapan fakta astronomi mengenai bintang. Apa sajakah itu?. Let's check this out.!!!

1. Terdapat hampir 1×10^22 bintang di alam semesta.

2. Sebagian dari bintang berjarak amat jauh dari bumi sehingga cahayanya harus menempuh jutaan tahun sebelum sampai ke bumi.

3. Proxima Centauri adalah bintang terdekat dengan tata surya kita dan berjarak sekitar 4 tahun cahaya.

4. Pada nebula, ketika gas dan debu mulai padat, objek baru terbentuk yang dikenal sebagai protostar (cikal bakal bintang).

5. Tergantung dari suhu permukaannya, warna bintang bervariasi dari merah, oranye, kuning, putih, hingga biru.

6. Ledakan supernova mampu menghancurkan sebuah bintang secara keseluruhan.

7. Pulsar, sebuah bintang neutron yang ditemukan pada tahun 1967 memancarkan gelombang radio.

8. Polaris atau bintang utara adalah satu-satunya bintang di langit yang nampak tidak bergerak dari malam ke malam.

Nah, itulah mengenai Bintang dan 8 fakta astronominya.
Oh iya, saat malam hari dan langit cerah... ada yang suka lihatin bintang gak? Buat aku, ada kepuasan tersendiri saat sedang memandangi keindahan bintang-bintang yang bertaburan di langit, rasanya semua pikiran, beban, kesedihan itu hilang semuanya, hehehhehe..... 

Selain merasa ada kepuasan dan kesenangan tersendiri, saat memandangi langit juga menimbulkan semacam apa yaa... renungan dalam hati *ciee*, betapa indah dan rapi ciptaan-Nya. Langit malam yang gelap dihias-Nya begitu sempurna. Sebagaimana yang tertulis di dalam Q.S. Ash-Shofaat ayat 6 :

"Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, 
yaitu bintang-bintang,"

Oke deh, udah adzan Maghrib... so, it's time for sholat Maghrib, tentunya...
Semoga bermanfaat yaa... khususnya untuk teman-teman muslim, janganlah pernah bosan untuk mempelajari Al Qur'an melalui tafsirnya walaupun hanya satu ayat. See you, guys....

Wassalamualaikum... Wr.Wb.



Referensi :

56 comments :

  1. aku juga punya bintang dirumah...
    bintang hatiku (istri dan anaku) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee.... so sweet.!!
      Semoga Allah SWT selalu memberikan berkah-Nya di dalam keluarga bang Reo, Amiin.... :)

      Delete
  2. tidak ada kata-kata yang pantas untuk semua itu selain kata Allah huakbar, semua benda dan mahluk hidup ada karenanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali....

      Setiap makhluk hidup dan benda yang ada di alam semesta adalah ciptaan Allah. DAn pada saatnya nanti, semua akan mati, mengalami kehancuran dan kembali ke asalnya. :)

      Delete
  3. setuju sekali teh...dan bintang disetiap malam yang kita lihat tidak pernah sama susunan sebarannya ya (ya iyalah kan muih ya "apa itu muih hehe")...

    Subhanallah, sampai jutaan tahun perjalanan cahaya ya...ga terbayang segimana luasnya alam semesta ini...Maha Besar Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii... nyunda banget, muih bin muter yaa.... :)

      Iya betul, kang... bintang yang kita lihat setiap malam tidaklah sama. Penyebabnya adalah, gerak rotasi Bumi.

      Rotasi atau perputaran Bumi pada porosnya inilah yang menyebabkan pengamat di Bumi melihat bintang-bintang melintasi angkasa terbit dan terbenam seperti layaknya Matahari dan Bulan. Bumi menyelesaikan putaran 360 derajat pada porosnya setiap 23 jam 56 menit sehingga bintang pun tampak berputar dan bergerak.

      Jika dilihat dari kutub, Bumi akan tampak berputar berlawanan arah jarum jam, dan bintang-bintang akan tampak bergerak dari timur ke barat. Tetapi, bagi pengamat di kutub, bintang akan tampak berputar di langit tidak pernah mencapai horizon sehingga tidak akan mengalami terbit dan tenggelam.

      Jadi, perputaran Bumi pada dirinya sendiri menyebabkan pengamat di Bumi melihat bintang bergerak sepanjang malam dan perputaran Bumi mengelilingi Matahari memberi kesempatan kepada pengamat di Bumi untuk mengamati porsi langit malam yang berbeda-beda.

      Subhanallah ya, ku bageur-bageurna sareng kawasana gusti Allah... :)

      Delete
  4. Nice inpoh kakak........

    ReplyDelete
  5. alam semesta benar2 luas dan indah.

    ReplyDelete
  6. begitu jauhnya ya mbak sampai jutaan tahun cahayanya sampai ke bumi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas Agus, apalagi kalau jalan kaki pasti bakal terasa banget jauhnya ya.... ckckckk *lho...?

      Delete
  7. mbak dee memang pakarnya bintang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi bukan bintang anda minggu ini lho ya?

      Delete
    2. Zachflazz : nggak jugaa, hehehe

      Delete
    3. Rawins : cenayang dong saya, hehee.... bukan dong :D

      Delete
  8. Bintang itu ternyata banyak dan berjauhan letaknya

    ReplyDelete
  9. Dua pertanyaan saya:

    1. Kl dia tdk memancarkancahaya sendiri knp ttp disebut bintang ya?

    2. 1×10^22, ini cara bacanya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk komentar dan pertanyaannya, mas Pri...

      1. Yang seperti itu disebut sebagai bintang semu.
      Seperti yang tertulis diatas, bahwa bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Sedangkan bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri.

      Untuk memahami dengan mudah, bisa diambil kata kuncinya yaitu bintang semu dan bintang nyata

      Bayangkan ada dua buah benda (anggap benda tersebut bernama bintang), dimana kedua-duanya sama-sama bercahaya, namun benda yang satu (anggap inilah yang dianggap bintang semu), cahayanya dari hasil memantulkan cahaya dari benda lain sedangkan benda yang kedua (anggap ini yang disebut sebagai bintang nyata) bercahaya karena memang ia bisa menghasilkan cahaya sendiri... kira-kira seperti itu, mudah-mudahan bisa dipahami :)

      2. 1x10^22 dibaca satu kali sepuluh pangkat dua puluh dua
      (100.000.000.000.000.000.000.000)
      (satu juta trilyun)

      Delete
  10. nice info . . . .

    Mampir di http://goo.gl/ph8krx

    ReplyDelete
  11. Subhanallah.... Buanyak banget bintang di alam semesta ini. Padahal matahari aja termasuk bintang yg kecil, ya. Sungguh, alam semesta ini luas banget.....

    ReplyDelete
  12. U r the star watcher 'n fact seeker! Gue suka bgt ama bintang. Gue juga suka ngeliat bintang dan ngerasa ada di antara mereka. Look a like star, Dee! :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much, mas...

      malah dulu waktu kecil aku sempat berpikir, eh mungkin lebih tepatnya mengkhayal... kalau aku meninggal, gak mau tau gimana caranya aku maunya jadi bintang, biar kalau ibu bapakku kangen suatu saat bisa liat langit dan aku ada disana, biar mereka gak sedih... dan pastinya kalau aku kangen, aku juga bisa melihat mereka dari langit, hehehe

      Delete
  13. aku suka nih sama blognya..
    isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
    jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa sob..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    ,,makasih..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rizki... terima kasih :)

      salam kenal kembali, oke sipp :D

      Delete
  14. Jadi inget waktu kecil dulu suka banget menatap langit sampe dibela belain ngerusak kacamata bekas punya simbah untuk dibikin teleskop darurat modal ditempelin ke penggaris pake tanah liat

    Bentuknya ga karuan tapi yang penting bisa nyanyi kupandang langit penuh bintang bertaburan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... pengalaman yang sangat berkesan ya... :D

      tapi jadi penasaran juga itu gimana caranya bikin teleskop dari kacamata, tanah liat dan penggaris....?

      Delete
  15. alam semsta adala ciptaan Allah dan bintang adalah salah satunya,..

    ReplyDelete
  16. ijin nyimak tentang ilmunya yang tinggi soal fakta-fakta astronomi tentang bintang yang kerlap kerlip diatas sana jika cuaca sedang cerah dan sumringah ditengah malam...boleh kan?

    ReplyDelete
  17. lah, buktinya aku ada d sinI & enggak kemana-mana ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus, bagus... tetaplah disini, menjadi sahabat terbaikku, hihihi :D

      Delete
  18. nice post gann,, baru tau ane nihh,,

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. bro saya copy ke blogspot saya boleh tidak kalau boleh terimakasih ya karena blog saya masih baru nih jadi copy paste boleh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, sekiranya bisa bermanfaat... silahkan dicopy dan dishare... tapi kalau tidak keberatan silahkan cantumkan link sumbernya yaa :)

      Delete
  20. eh, deee.. aku kok bingung di kalimat: Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer

    ini maksudnya gimana ini dee?? matahari itu bintang? kepo dah akunya -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mbaa... matahari merupakan salah satu bintang yang berada di tata surya kita dan sekaligus menjadi pusatnya, matahari termasuk bintang karena dapat menghasilkan energi cahaya sendiri.

      Nah... sesuai kaaan dengan pengertian bintang yang tertulis diatas. (Bintang = objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata))

      Delete
  21. wow keren kak :-D kakak masih muda-muda begini udah jadi pakar astronomi ya hehe.. :-) ga nyangka klo kakak dah pantes jadi pakarnya hehe.. :-D salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, salam...
      ahahaa... bukan pakar, hanya kebetulan suka astronomi.

      btw, terima kasih yaa :D

      Delete
  22. memang yang nampak dari bintang adalah sinarnya. bisa saja nampak dari bumi, tetapi sebenarnya bintangnya sudah tidak ada. karena yang sampai di bumi adalah energi cahayanya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...

      Sebagai contoh, cahaya bintang yang kita lihat dari permukaan bumi adalah kejadian ledakan bintang tersebut 1 juta tahun yang lalu. Artinya, pada saat yang bersamaan (antara bintang tersebut dengan bumi, bintang itu sebenarnya sudah hancur/hilang/meledak dll dan telah melalui rentang waktu 1 juta tahun (periode manusia) dari kejadian ledakan tersebut.

      nah itu sebagai contoh saja... karena pada dasarnya, menyebutkan bintang berjarak 1 juta tahun itu sebenarnya tidak tepat karena semua bintang yang kita lihat di langit malam terletak di galaksi kita sendiri, galaksi bimasakti. diameter bimasakti kan cuma 100 ribu tahun cahaya, jadi tidak mungkin kita bisa melihat bintang (tunggal) berjarak 1 juta tahun cahaya. Tapi kalau melihat ledakan bintang di sebuah galaksi yang jauh bisa saja, misalnya ada supernova di galaksi andromeda, kita bisa saja melihatnya... :D

      Delete
  23. TIDAK ADA KATA YANG PANTAS UNTUK MENGGAMBARKAN KEMAHABESARAN TUHAN, SELAIN SUBHAANALLAAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya.... :)

      Delete