8 FAKTA ASTRONOMI TENTANG BINTANG

Assalamualaikum... Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang tersusun atas gas hidrogen, helium dan unsur-unsur l...

Assalamualaikum...

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang tersusun atas gas hidrogen, helium dan unsur-unsur lainnya. 


Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri.

Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Menurut ilmu astronomi, definisi bintang adalah:
“Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.”

Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang. Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer, diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya.

Omong-omong tentang bintang, berikut adalah delapan fakta astronomi mengenai bintang. Apa sajakah itu?. Let's check this out.!!!

1. Terdapat hampir 1×10^22 bintang di alam semesta.

2. Sebagian dari bintang berjarak amat jauh dari bumi sehingga cahayanya harus menempuh jutaan tahun sebelum sampai ke bumi.

3. Proxima Centauri adalah bintang terdekat dengan tata surya kita dan berjarak sekitar 4 tahun cahaya.

4. Pada nebula, ketika gas dan debu mulai padat, objek baru terbentuk yang dikenal sebagai protostar (cikal bakal bintang).

5. Tergantung dari suhu permukaannya, warna bintang bervariasi dari merah, oranye, kuning, putih, hingga biru.

6. Ledakan supernova mampu menghancurkan sebuah bintang secara keseluruhan.

7. Pulsar, sebuah bintang neutron yang ditemukan pada tahun 1967 memancarkan gelombang radio.

8. Polaris atau bintang utara adalah satu-satunya bintang di langit yang nampak tidak bergerak dari malam ke malam.

Nah, itulah mengenai Bintang dan 8 fakta astronominya.
Oh iya, saat malam hari dan langit cerah... ada yang suka lihatin bintang gak? Buat aku, ada kepuasan tersendiri saat sedang memandangi keindahan bintang-bintang yang bertaburan di langit, rasanya semua pikiran, beban, kesedihan itu hilang semuanya, hehehhehe..... 

Selain merasa ada kepuasan dan kesenangan tersendiri, saat memandangi langit juga menimbulkan semacam apa yaa... renungan dalam hati *ciee*, betapa indah dan rapi ciptaan-Nya. Langit malam yang gelap dihias-Nya begitu sempurna. Sebagaimana yang tertulis di dalam Q.S. Ash-Shofaat ayat 6 :

"Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, 
yaitu bintang-bintang,"

Oke deh, udah adzan Maghrib... so, it's time for sholat Maghrib, tentunya...
Semoga bermanfaat yaa... khususnya untuk teman-teman muslim, janganlah pernah bosan untuk mempelajari Al Qur'an melalui tafsirnya walaupun hanya satu ayat. See you, guys....

Wassalamualaikum... Wr.Wb.



Referensi :

You Might Also Like

56 Comments