Gerhana Bulan Penumbra 19 Oktober 2013

Assalamualaikum... Diinformasikan dari fans page Forum Astronom Amatir Indonesia , pada dinihari tanggal 19 Oktober 2013, Insya Allah ...

Assalamualaikum...

Diinformasikan dari fans page Forum Astronom Amatir Indonesia, pada dinihari tanggal 19 Oktober 2013, Insya Allah akan terjadi peristiwa astronomi yaitu Gerhana Bulan Penumbral (GBP). Gerhana Bulan Penumbra atau Gerhana Bulan Penumbral terjadi saat Bulan melewati bayangan penumbra Bumi. Akibatnya kecemerlangan bulan akan nampak berkurang.


Jadi, Gerhana Bulan Penumbra ini mungkin akan terlihat seperti sedang tidak terjadi gerhana, apalagi jika hanya diamati dengan mata telanjang, Bulan akan tetap terlihat cemerlang. Tapi jika kamu mengamatinya dengan menggunakan teleskop, gerhana bulan penumbra ini bisa teramati dengan jelas.

Waktu dan Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Penumbral 19 Oktober 2013
Kontak awal Bulan dengan bayangan penumbra Bumi adalah pukul 04.51 WIB, puncak gerhana adalah pukul 06.50 WIB dan berakhir pada 08.50 WIB.

Di Indonesia, hanya orang-orang yang berada di pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan saja yang bisa mengamati seperti pada foto yang dirilis salah satu astronom Indonesia, Bapak Ma'rufin Sudibyo di bawah ini.


Gerhana Bulan Penumbra ini akan berakhir saat Matahari terbit di wilayah Indonesia bagian timur.

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

You Might Also Like

4 Comments