Wednesday, October 9, 2013

KALENDER ASTRONOMI OKTOBER 2013

30 comments
Assalamualaikum...

Dari situs Dunia Astronomi, berikut adalah informasi dan peristiwa astronomi yang telah dan akan terjadi pada bulan Oktober 2013 :

01 Oktober, jam 18 : Regulus 5,3U dari Bulan

03 Oktober, jam 14 : Uranus di titik oposisi

03 Oktober, jam 19 : Venus di aphelion

04 Oktober : Peringatan Peluncuran Sputnik, satelit pertama yang mengorbit Bumi (1957)

04 Oktober : Peringatan Peluncuran Luna 2, wahana yang pertama kali memotret sisi belakang Bulan (1959)

05 Oktober, jam 00 : Bulan baru

05 Oktober, jam 22 : Spica 0,8S dari Bulan

06 Oktober, sore hari : Bulan-Merkurius-Saturnus-Venus di barat

07 Oktober, jam 00 : Merkurius 2,7S dari Bulan

07 Oktober, jam 03 : Saturnus 1,9U dari Bulan

08 Oktober, jam 13 : Venus 4,6S dari Bulan

08 Oktober, jam 21 : Merkurius 5,0S dari Saturnus

09 Oktober, jam 06 : Merkurius elongasi maksimum T(25)

09 Oktober, jam 23 : Bulan terjauh di Selatan (-19,6)

10 Oktober, jam 23 : Bulan di titik perigee (369.813 km)

11 Oktober, jam 06 : Pluto 1,6S dari Bulan

11 Oktober, jam 23 : Bulan setengah awal

12 Oktober : Hari Astronomi

15 Oktober : Peringatan Peluncuran Cassini-Huygens, wahana pertama yang mengorbit Saturnus dan mendarat di Titan (1997)

15 Oktober, jam 01 : Neptunus 5,4S dari Bulan

15 Oktober, jam 12 : Mars 0,9U dari Regulus

16 Oktober, jam 21 : Venus 1,5U dari Antares

17 Oktober, jam 19 : Uranus 3,2S dari Bulan

18 Oktober : Peringatan Peluncuran Galileo, wahana pertama yang melintasi asteroid (1989)

18 Oktober, jam 23 : Bulan purnama (GBP, tampak dari Indonesia)

21 Oktober : Puncak hujan meteor Orionid

21 Oktober, jam 12 : Merkurius di titik stasioner

22 Oktober, jam 11 : Aldebaran 2,7S dari Bulan

23 Oktober, jam 09 : Bulan terjauh di Utara (19,6)

25 Oktober, jam 13 : Bulan di titik apogee (404.561 km)

25 Oktober, jam 20 : Jupiter 5,0U dari Bulan

26 Oktober, jam 23 : Bulan setengah akhir

27 Oktober dinihari Jupiter-Bulan-Mars di timur

29 Oktober, jam 03 : Regulus 5,3U dari Bulan

29 Oktober, jam 17 : Merkurius 3,6S dari Saturnus


Keterangan :

  • Semua waktu dinyatakan dalam GMT (UT).
    WIB = UT + 7, WITA = UT + 8, WIT = UT + 9.
  • U adalah utara, S adalah selatan, T adalah timur, B adalah barat.Dengan begitu, jika tertulis peristiwa “29 00 Antares 2.7S dari Bulan”, berarti pada tanggal 29 pukul 00 UT (pukul 07 WIB) Antares terletak 2,7°  di sebelah selatan Bulan.

Wassalamualaikum...Wr.Wb

30 comments :

  1. Izin print deh mbak hehe :)
    makasih sudah share bermanfaat ini sampai-sampai saya ada kegiatan untuk print artikel ini hehe

    ReplyDelete
  2. infonya selalu mantap sob, terima kasih sudah berbagi pengetahuan.

    ReplyDelete
  3. abis ini hari astronomi dooong :D ayooo deee makan makaaaan #eh #LHOH T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaa... boleh-boleh mbaa... makan-makannya dirumahnya yang kemarin ulang tahun aja, gimana? xixixi

      Delete
  4. wah g paham tentang ilmu astronomi seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal seru lho, heheh...
      terima kasih kunjungannya :D

      Delete
  5. wah, keren blognya ramai juga
    ada nggak tipsnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih... :D
      kasih tau gak yaa....

      Delete
    2. sering menebar senyum manis, hehehe...
      ah pasti nya mas Nur yang paling tau tentang yg seperti itu, hehe :D

      Delete
  6. Thanks dee atas infonya...Siap-siap nungguin ini ---> 18 Oktober, jam 23 : Bulan purnama (GBP, tampak dari Indonesia)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai cowok feminim.... :D
      oke, selamat mengamati...

      Delete
  7. ihh serem ah baca nya mbak, apa lagi yg bulan jatuh diutara :D
    tp ga di utara bumi kan :p
    follback sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan TERJAUH di utara, bukan TERJATUH, hehehe...
      okee, terima kasih yaa :D

      Delete
  8. maaf baru hadir, masih sibuk duta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa-apa... mkasih yaa, semoga urusan di duta nya lancar dan sukses :D

      Delete
  9. gg ngerti yang bgtuan boss. . .

    mmpir di http://nawayhac.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. keren.. saya dulu pengen banget punya teropong bintang.. dan sampai sekarang belum keturutan.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru lho, mengamati langit dengan teropong, hehe...
      mudah-mudahan cepat ada rezeki supaya kesampaian punya teropongnya yaa :)

      Delete
  11. ane baru tau nih kalo ada kalender astronomi ane kira yang ada tuh cuma hijriyah ama pendidikan...hehe

    ReplyDelete
  12. keren ya kalo kita bisa tau ilmu astronomi... pengen bisa tau hal banyak tentang gituan tapi ane kagak punya alatnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dipelajari juga melalui buku lho.. :)

      Delete