Saturday, November 2, 2013

GERHANA MATAHARI HYBRID 3 NOVEMBER 2013

44 comments
Assalamualaikum...

Seperti yang telah kita ketahui, macam-macam gerhana Matahari dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu: Gerhana Matahari Total (GMT), Gerhana Matahari Sebagian (GMS), Gerhana Matahari Cincin (GMC) dan Gerhana Matahari Hybrid (GMH). Gerhana Matahari Hybrid, terkadang disebut juga dengan istilah Gerhana Matahari Campuran.

Pembagian tersebut bergantung pada jarak Bumi dan Bulan, jarak Bumi dan Matahari, dan lokasi pengamat di permukaan Bumi saat gerhana terjadi. 

Jarak Bumi ke Matahari sendiri bervariasi antara 1,471 x 108 km, yang terjadi pada sekitar 3 Januari, dan 1,521 x 108 km, yang terjadi pada sekitar 6 Juli. Karena diameter Matahari 1,392  x 106 km, maka diameter sudut Matahari (diameter Matahari yang tampak dari Bumi) ini bervariasi antara 32,531 menit busur  dan 31,462 menit busur. Adapun jarak Bumi-Bulan yang bervariasi antara 3,566 x 105 km dan 4,064 x 105 km menyebabkan diameter sudutnya bervariasi antara 33,468 menit busur dan 29,392 menit busur, mengingat diameter Bulan adalah 3,475 x 103 km.

Mengenai Gerhana Matahari Hybrid ini, mungkin agak terdengar asing di telinga. Tidak heran, karena memang gerhana Matahari Hybrid jarang terjadi. Mengapa? Karena Bulan harus berada pada jarak yang tepat. Lalu apa dan bagaimana terjadinya Gerhana Matahari Hybrid ini? yukk... kita bahas sama-sama ya....

Gerhana Matahari Hybrid adalah transisi antara Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Cincin sehingga didaerah yang terkena umbra akan melihat GMT (Gerhana Matahari Total) dan saat umbra bergerak ke daerah lain, daerah itu akan melihat GMC (Gerhana Matahari Cincin). Begitupun sebaliknya. Atau dengan kata lain, Gerhana matahari Hybrid ini bisa terjadi ketika sudut piringan Matahari sama besarnya dengan Bulan. Hal tersebut bisa terjadi karena lengkung Bumi. Bumi berbentuk bola, sehingga orang-orang akan berada pada jarak yang berbeda saat ada benda melintasi Bumi secara tegak lurus. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar berikut :

Sumber dan Hak Cipta Gambar : Eclipse Stargazing
Gerhana Matahari Cincin bisa terjadi apabila suatu daerah terkena antumbra sedangkan Gerhana Matahari Total bisa terjadi apabila suatu daerah terkena umbra. Saat Bulan melintas, jarak daerah siang ke Bulan lebih dekat daripada daerah pagi dan sore.

Saat Bulan berada pada jarak yang pas, daerah pagi dan sore akan berada dibelakang garis transisi sehingga terkena bayangan antumbra dan melihat Gerhana Matahari Cincin. Daerah siang yang lebih dekat ke Bulan daripada daerah pagi dan sore akan berada di depan garis transisi sehingga terkena bayangan umbra dan melihat Gerhana Matahari Total.

Gerhana Matahari Hybrid 3 November 2013
Gerhana Matahari Hybrid dengan magnitudo 1,0159 yang Insya Allah akan terjadi pada tanggal 3 November 2013 ini  akan nampak berupa Gerhana Matahari Total di sekitar Samudra Atlantik utara di sebelah timur Florida sampai Gabon dan Afrika. Durasi maksimum 1 menit 39 detik akan terjadi di Samudera Atlantik di selatan Pantai Gading dan Ghana.

Berikut gambar animasi yang menunjukkan keterlihatan Gerhana Matahari hybrid 3 November 2013 :

Credit Picture : Sun Earth
Hampir dipastikan bahwa seluruh negara di Afrika dapat melihatnya. Kawasan benua Asia termasuk Indonesia kali ini tidak beruntung. Iya betul... kita yang tinggal di negara Indonesia yang tercinta ini tidak bisa menikmati dan mengamati fenomena langka ini, karena matahari telah tenggelam pada saat bayangan Bulan merambat diatas Asia.

Wassalamualaikum... Wr.Wb



Sumber dan Referensi :
Sea Sky
Wikipedia
Eclipse.gsfc.nasa.gov

44 comments :

  1. Jam berapa akan terjadinya gerhana matahari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk wilayah mana mas...? silahkan bisa perhatikan gambar animasi diatas, :D

      Untuk kita yang tinggal di Indonesia, tidak dapat mengamati gerhana matahari hybrid ini...

      Delete
  2. wahhh padahal setelaj baca informasi ini sudah mau siap2 lihat besok ni teh...eh ternyata di Indonesia gak bisa liat y :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang... dari Indonesia mah gak bisa teramati.... :D

      Delete
    2. Bertepatan pukul brapa di waktu indonesia bagian barat (wib)??

      Delete
    3. Peristiwa gerhananya dimulai jam 18:05 WIB, puncaknya jam 19:46 WIB dan berakhir pada pukul 21:28 WIB.

      Bisa di cek di link ini :
      http://eclipse.gsfc.nasa.gov/SEplot/SEplot2001/SE2013Nov03H.GIF

      Delete
  3. Ooh,, gk bisa liat di indonesia mah ea,, kalau wilayah yg kena GMT seperti samudra atlantik itu jam brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... tidak bisa :)
      bisa cek dan perhatikan gambar animasi di atas mas... dengan waktu (jam) yang ada pada pojok kanan atasnya :)

      Delete
  4. padahal aku mau lihat gerhana matahari hybrid...sedih membayangkan indonesia tidak kebagian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)
      Karena pada saat-saat gerhana dimulai, saat puncah hingga saat-saat gerhana berakhir, pada waktu-waktu itu pula Matahari di Indonesia sudah terbenam, mbak.... :)

      Delete
  5. artinya harus siap2 ke afrika nich buat lihat gerhana,
    btw-aku lagi bikin lomba GA, dicari 32 orang blogger yang suka nulis dan corat coret untuk jadi pemenang dan mendapat hadiah guft menarik dari Makassar, Toraja dan Martapura Kalimantan Selatan...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya silahkan... jangan lupa pulangnya bawa oleh-oleh :)

      wah asik tuh, aku cioba ikutan ah :D
      Terima kasih informasinya :)

      Delete
  6. nambah lagi pengetahuan tentang gerhana matahari, liat animasinya jadi penasaran pengen ngerasain langsung kena gerhana matahari hybrid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat... semoga lain waktu Indonesia bisa kebagian jadi bisa ngerasain sensasinya, hehe

      Delete
  7. ga cuma tanaman saja yan hibrid ternyata gerhana juga ada kawin silangnya juga ya.
    Matahari dan bulan adalah Bukti kekuasaanNya Tiadalah terjadi gerhana atas keduanya kecuali atas kehendakNya sebagai pelajaran bagi manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... Subhanallah....

      tapi hibrid disini bukan merupakan hasil dari suatu perkawinan silang, melainkan gabungan.... di jalur umbra (bisa perhatikan gambar diatas), salah satu bagian mengalami Gerhana Matahari Cincin dan bagian lainnya mengalami Gerhana Matahari Total. Dengan kata lain... gerhananya campuran (hibrid) :)

      Delete
  8. Nice post! comment back! http://diverzer.blogspot.com/2013/11/autolike-facebook-on-flikerbcom.html

    ReplyDelete
  9. sayang banget ga bisa ngelihat dari Indonesia :(

    ReplyDelete
  10. Sayang Sekali Indonesia Tidak dapat menikmati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... tapi jangan khawatir, di bulan November ini masih banyak peristiwa astronomi lainnya yang akan terjadi selain gerhana matahari hibrid ini :)

      Delete
  11. tanggal 3 november berarti hari ini dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. mba Vina, kemarin...

      hehe, maaf saya telat balas komentarnya... terima kasih banyak untuk kunjungan dan komentarnya :)

      Delete
  12. peristiwa langka...sayang ndak bisa nyaksiin ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langka dan unik... betul sekalinya terjadi kita dari Indonesia tidak dapat mengamatinya, mungkin lain waktu, Insya Allah.... :)

      Delete
  13. Wah jadi banyak tau terimakasih mbk :)

    ReplyDelete
  14. di indonesia nggak kelihatan ya kak?

    ReplyDelete
  15. ternyata gerhana matahari hybrid seperti itu ya, mirip2 sama teknologi hybrid ya, ada dua macam kejadian hehe

    ReplyDelete
  16. Ada poto'' gerhana matahari 3 nop 2013? Kalau ada tolong di uploud ea,, thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah nanti saya buat postingannya :)

      Delete
    2. sams, nunggu share postingan foto-foto gerhana matahari hybridnya.penasaran..... :D

      Delete
    3. Sip, Insya Allah yaa... ditunggu aja :D

      Delete
  17. Apa bedanya gerhana matahari hybrid dengan gerhana matahari campuran, mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata "Hybrid" berasal dari bahasa Inggris, dalam bahasa Indonesia disebut juga hibrid atau artinya "Campuran"... jadi, Tidak ada bedanya... alias SaMa. :)

      Kenapa lebih menggunakan istilah Gerhana Hybrid atau Gerhana Hibrid yang kemudian disingkat menjadi GMH...? Karena kalau menggunakan istilah Gerhana Matahari Campuran yang disingkat GMC, supaya tidak tertukar dengan istilah Gerhana Matahari Cincin (GMC)... yang saya tahu seperti itu, mudah-mudahan bisa membantu....

      ada koreksi dari yang lain....? silahkan menambahkan :D

      Delete