Kabar Baik dan Kabar Buruk Terupdate Komet ISON

Kabar baiknya , sisa-sisa inti komet ISON ternyata masih ada meski baru saja melewati tahap paling menghancurkan dalam sejarah kehidupanny...

Kabar baiknya, sisa-sisa inti komet ISON ternyata masih ada meski baru saja melewati tahap paling menghancurkan dalam sejarah kehidupannya, yakni kala menerobos atmosfer teratas Matahari sehingga hampir semua bagiannya tercukur habis. Instrumen LASCO C3 satelit SOHO hingga pukul 13:07 WIB tadi masih merekam bintik cahaya mirip komet, tepat di orbit komet ISON, yang sedikit lebih terang dibanding bintang Antares dengan perkiraan magnitudo antara +1 hingga 0. Dengan begitu sisa inti komet ISON mungkin berdiameter beberapa puluh meter, jauh lebih kecil dibanding diameternya semula yang ~ 4 km. 

Kabar buruknya, mengacu pada pengalaman komet Lovejoy di akhir 2011 silam, sisa inti komet ISON ini nampaknya masih tetap menjalani tahap desintegrasi (penghancuran) bertahap, mengingat struktur inti komet yang cukup rapuh. Dengan demikian sisa komet ISON nampaknya hanya akan bertahan antara beberapa jam hingga beberapa hari ke depan, sebelum benar-benar lenyap. Dan sepanjang itu, sisa komet ISON hanya bisa diamati oleh satelit-satelit pengamat Matahari seperti SOHO dan STEREO.



You Might Also Like

6 Comments