Friday, November 29, 2013

Kabar Baik dan Kabar Buruk Terupdate Komet ISON

6 comments
Kabar baiknya, sisa-sisa inti komet ISON ternyata masih ada meski baru saja melewati tahap paling menghancurkan dalam sejarah kehidupannya, yakni kala menerobos atmosfer teratas Matahari sehingga hampir semua bagiannya tercukur habis. Instrumen LASCO C3 satelit SOHO hingga pukul 13:07 WIB tadi masih merekam bintik cahaya mirip komet, tepat di orbit komet ISON, yang sedikit lebih terang dibanding bintang Antares dengan perkiraan magnitudo antara +1 hingga 0. Dengan begitu sisa inti komet ISON mungkin berdiameter beberapa puluh meter, jauh lebih kecil dibanding diameternya semula yang ~ 4 km. 

Kabar buruknya, mengacu pada pengalaman komet Lovejoy di akhir 2011 silam, sisa inti komet ISON ini nampaknya masih tetap menjalani tahap desintegrasi (penghancuran) bertahap, mengingat struktur inti komet yang cukup rapuh. Dengan demikian sisa komet ISON nampaknya hanya akan bertahan antara beberapa jam hingga beberapa hari ke depan, sebelum benar-benar lenyap. Dan sepanjang itu, sisa komet ISON hanya bisa diamati oleh satelit-satelit pengamat Matahari seperti SOHO dan STEREO.



6 comments :

  1. wah jadi nambah ilmu nih ,,,,,apa kabar De,lama nggak kesini,,,,okay terus berkarya and tetap semangat Lanjutkannnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, baik, Chef :)
      Terima kasih yaa, sukses terus buat Chef Dede ^_^

      Oh iyaa, terima kasih banyak udah follow :D

      Delete
  2. nah yang ini berat buat saya. harus saya baca lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seberat apakah ituuu?, hehe... silahkan dibaca terus setiap hari pak... sehari tiga kali juga boleh :D

      Delete
  3. Nah, komet ISON nya udh lewat nih, kabar imam mahdinya nya mau turun gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk informasi tersebut, saya tidak tahu... malah baru tahu sekarang kalau berita perihelion Komet ISON ini dikaitkan dengan turunnya Imam Mahdi,

      Delete