Friday, November 29, 2013

KOMET ISON LENYAP SEBELUM MENCAPAI PERIHELIONNYA

4 comments
Assalamualaikum...

UPDATE KOMET ISON
Komet ISON akhirnya sepenuhnya lenyap dari alam raya ini bahkan sebelum ia sempat mencapai titik perihelionnya atau titik terdekatnya dengan Matahari. Menit-menit sekaratnya komet ISON terekam jelas oleh liputan satelit pengamat Matahari SOHO (Solar and Heliospheric Observatory) khususnya melalui instrumen LASCO (Large Scale Coronagraph) C3 dan C2.

Berikut video detik-detik Komet ISON mati :



Pada 28 Nov 2013 pukul 12:00 WIB, komet ISON demikian benderang (magnitudo ~ -2). Berselang 6 jam kemudian komet justru lebih redup meski jaraknya ke Matahari kian memendek. Dan berselang 12 jam kemudian inti komet sudah benar-benar lenyap, hanya menyisakan jejak debu memanjang di langit dekat Matahari. 

Apa yang menewaskan komet ISON?
Masih belum jelas benar karena inti komet ini tergolong besar (diameter ~4 km). Namun badai Matahari per 27 Nov 2013 mungkin turut berperan dalam kematiannya.

Bye, Comet ISON...

Wassalamualaikum... Wr.Wb



Sumber

4 comments :

  1. turut berduka cita ya, dek.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mas... hehe, tapi ternyata masih ada secercah kabar baik dari lenyapnya komet ISON ini dari alam semesta, ternyata sisa-sisa inti kometnya masih ditemukan (dapat teramati) dengan bantuan alat khusus....

      Delete
  2. wah dengan teknologi canggih, apa aja bisa dipantau ya, termasuk komet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tapi kadang tidak semua teknologi canggih bisa lebih mempermudah pekerjaan kita kan ya... :D

      Delete