Selamat Ulang Tahun ke-50, LAPAN!

Assalamualaikum.... Hampir semua negara-negara di dunia memiliki space agency atau badan antariksa nya sendiri-sendiri. Seperti Ameri...

Assalamualaikum....

Hampir semua negara-negara di dunia memiliki space agency atau badan antariksa nya sendiri-sendiri. Seperti Amerika yang mempunyai NASA, Rusia memiliki FSA, Kanada memiliki CSA, Jepang memiliki JAXA. Dan Indonesia pun juga nggak kalah, kita mempunyai badan antariksa yang bernama LAPAN.

LAPAN atau yang merupakan singkatan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya. 4 bidang utama LAPAN yakni penginderaan jauh, teknologi dirgantara, sains antariksa, dan kebijakan dirgantara.

LAPAN dibentuk pada tanggal 27 November 1963 dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 236 Tahun 1963 tentang LAPAN, untuk melembagakan penyelenggaraan program-program pembangunan kedirgantaraan nasional. Dalam hal penyempurnaan organisasi LAPAN, telah dikeluarkan beberapa Keppres, dengan yang terkini yakni Keppres Nomor 9 Tahun 2004 tentang Lembaga Non-Kementerian.

Program Utama LAPAN meliputi pengembangan teknologi dirgantara, Penginderaan jauh dan pusat sains dirgantara dan antariksa.

Visi dan Misi LAPAN :
Visi
Terwujudnya kemandirian dalam IPTEK penerbangan dan antariksa untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa

Misi
1. Memperkuat dan melaksanakan pembinaan, penguasaan dan pemanfaatan teknologi roket, satelit dan penerbangan.
2. Memperkuat dan melaksanakan pembinaan, penguasaan dan pemanfaatan teknologi dan data penginderaan jauh.
3. Memperkuat dan melaksanakan pembinaan, penguasaan dan pemanfaatan sains antariksa dan atmosfer.
4. Mengembangkan kajian kebijakan Penerbangan dan antariksa nasional.
5. Mengembangkan sistem manajemen kelembagaan.

Nah, sebagaimana yang tertulis diatas, LAPAN dibentuk pada tanggal 27 November 1963, itu artinya besok, Rabu, 27 November 2013... LAPAN akan genap 50 tahun berdiri.

Jadi...
Selamat Ulang Tahun ke-50, LAPAN!


Harapan saya sebagai warga Indonesia, yang mencintai hal-hal yang berbau antariksa (luar angkasa), semoga kedepannya LAPAN bisa lebih berkembang dan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya supaya bisa bersaing di mata dunia dalam hal teknologi antariksa dan semoga LAPAN bisa membuat warga Indonesia bangga dengan teknologi antariksa yang kita miliki.

Dirgahayu LAPAN, Majulah LAPAN! 

Oh iyaa... sering-sering yukk, main dan baca-baca di situs resminya LAPAN di www.lapan.go.id ^_^

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



(wikipedia/LAPAN, www.lapan.go.id)

You Might Also Like

9 Comments