Terima Kasih Sudah Me-review Blog Saya, Mas Ibrahim....

Assalamualaikum.... Beberapa waktu yang lalu, tepatnya waktu itu tanggal 24 September 2013, sekitar jam 4-an subuh, saya jalan-jalan...

Assalamualaikum....

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya waktu itu tanggal 24 September 2013, sekitar jam 4-an subuh, saya jalan-jalan ke blognya sahabat saya mas +Ibrahim Sukman.... Hihii, iyaa kalau nggak salah waktu itu selesai makan sahur terus sambil nunggu waktu sholat subuh, blogwalking-an deh.... sesampainya disana baca-baca postingan beliau dan saya sangat tertarik dengan tawaran yang beliau tulis, yaitu Blog Review Gratis. Hwahhh... langsung aja deh ikut daftarin blog saya untuk direview.

Dan beberapa hari kemudian... dapat notifikasi dari akun Google+ saya, katanya mas Ibrahim, aku lupa sih tepatnya kata-kata dia waktu itu seperti apa, intinya dia memberi tahu saya kalau tulisan dia tentang review blog saya sudah selesai.... Seneng banget dan langsung meluncur ke TKP untuk membaca tulisan review mas Ibrahim tentang blog saya. Tulisan reviewnya, dia kasih judul Review Blog Deebacalah.blogspot.com.
Eh iya, sering ada yang menyebut blog saya "deebacalah", padahal nama blogku "Dee Is My Name", deebacalah itu alamatnya, hehehe.... tapi nggak apa-apa kok, ^_^

Setelah membaca tulisannya mas Ibrahim, -iyaa betul... foto yang disebelah kiri ini adalah fotonya sahabat saya, mas Ibarahim Sukman- sekali saya merasa senang, sahabat seperti inilah yang saya butuhkan, seorang sahabat yang mampu memberi saya saran, kritik, masukan, penilaian, dukungan dan juga pujian, hehehe.... supaya kedepannya saya dan apa yang saya kerjakan/jalani bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Mau tahu seperti apa yang mas Ibrahim tulis tentang blog saya? Tapi... mungkin ada yang bertanya-tanya, apa sih maksudnya blog Review itu....? Oke, katanya mas Ibrahim.... "Blog review adalah aktivitas yang mengulas secara detail tentang sebuah blog. Blog review bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah blog. Aktivitas ini dapat dikatakan sebagai sebuah otokritik baik bagi blog yang direview, maupun bagi si pemilik blog sendiri. Dengan kata lain, blog review sesungguhnya akan memperbaiki sebuah blog jika memang hasil review tersebut menunjukan adanya hal-hal yang perlu diperbaiki." Begituuu...

Dan inilah tulisan review blog saya yang ditulis mas Ibrahim :
"Meski saya termasuk orang yang tidak begitu menyukai dunia astronomi, namun menyimak informasi seputar astronomi dan varian-variannya di blog deebacalah.blogspot.com membuat saya tertarik untuk membacanya secara tuntas. Informasi seputar astronomi yang dipaparkan oleh De Widiani selaku admin blog tersebut terasa ringan dan mudah dicerna, sehingga saya tidak begitu sering mengerutkan dahi untuk memahami kata-kata atau istilah-istilah asing dalam dunia astronomi. Itulah kesan pribadi saya terhadap blog yang dimiliki oleh mojang asal Sumedang ini. Meski menarik bagi saya, belum tentu menarik bagi anda. Nah, berikut ini adalah hasil review saya sesuai dengan ketentuan yang saya terapkan dalam program blog review.
1. Tujuan Blog
Blog yang berjudul Dee Is My Name ini bertema tentang dunia astronomi. Karena bertema tentang astronomi, maka blog ini tentu bertujuan untuk menyampaikan informasi seputar astronomi. Varian atau turunan tema tentang astronomi seperti istilah astronomi dari A-Z cukup memberikan keterangan pada artikel-artikel yang memuat istilah asing atau baru bagi pembaca blog ini. Varian lain yang juga menarik adalah tentang UFO (Unidentifying Flying Object). Namun, sepertinya saya tidak menemukan kosistensi admin blog dengan pilihan tema astronomi tersebut. Banyak informasi yang keluar dari tema blog yang ia dipilih. Salah satunya adalah informasi tentang sebuah boy band bernama SMASH.
2.Konten Blog
Ada beberapa paragraf dalam artikel blog tersebut yang sama persis dengan setidaknya 10 blog lain yang juga menyajikan informasi seputar astronomi. Kesamaan ini dapat dicek melalui copyscape.com. Hal ini bisa saja terjadi karena tema astronomi adalah sebuah tema eksak yang membutuhkan definisi yang sama pada sebuah istilah. Kemugkinan lainnya barangkali admin tidak mengolah kembali definisi pada sebuah istilah astronomi dengan menggunakan bahasa atau kalimatnya sendiri. Namun, secara umum gaya penulisan dan kalimat-kalimat yang digunakan dalam artikel-artikelnya cukup mudah dipahami.
3.Lay Out/Tampilan Blog
Secara umum, lay out atau tampilan blog tersebut cukup visible. Menggunakan dua kolom, satu kolom utama dan satu kolom sidebar, membuat pembaca tidak kerepotan untuk mencari informasi-iformasi lain dalam blog tersebut. Menu navigasi juga tersusun rapi. Namun sayangnya tidak ditemukan menu about me, dan menu kontak, di mana dua menu tersebut sebenarnya merupakan menu yang cukup penting bagi pembaca untuk berkominkasi secara lebih jauh dengan admin blog.
4.Otoritas
Admin blog ini punya ketertarikan yang cukup tinggi terhadap dunia astronomi, wabilkhusus pada UFO. Dengan kata lain, ia mempunyai otoritas dalam menerbitkan postingan-postingan tentang astronomi. Namun tidak ada informasi lanjut tentang background ketertarikan admin pada tema ini. Pembaca atau pengunjung akan lebih mempercayai artikel-artikel yang diposting jika saja didukung dengan keterangan semisal admin adalah seorang peneliti astronomi dan lain sebagainya. Di sinilah letak pentingya menu about me.
5.Aktivitas Update
Frequensi untuk mengupdate artikel blog ini terbilang cukup konsisten. Hal ini dapat dilihat pada intensitas jumlah artikel yang diposting dalam setiap bulannya. Feedback dari pembaca atau pengunjung juga ditanggapi secara konsisten.
Oh iya, karena mas Ibrahim meminta saya untuk menulis tanggapan terhadap apa yang dia tulis tentang blog saya ini, hmm... oke deh, saya tulis yaa tanggapan saya.... Meskipun sebenarnya, menurut saya, saya gak perlu menulis tanggapan ini, karena sudah dibuatkan review seperti ini saja, saya sudah senang sekali, dan kedepannya akan berusaha untuk menjadi seorang blogger yang lebih baik, aktif, kreatif yang bisa terus menulis dan berbagi informasi bermanfaat untuk turut serta mengedukasi/mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.... (hahaa... keren banget yah, kata-kata sayaaa ^_^).

Satu aja deh yang mau saya tanggapi dari apa yang telah mas Ibrahim tulis tentang blog saya ini, yaitu point yang pertama tentang tujuan blog.... : 
Pada dasarnya semua yang mas tulis itu, betul semuanya... hehehee... dan iya, sering ada yang bilang, blog ku itu gak konsisten, dan kontennya campur aduk... harusnya pisahin antara postingan terkait astronomi, ufologi, ilmu pengetahuan, review buku, review musik, dan informasi-informasi lainnya. Tapi... memang tujuan/niat awalnya bikin blog yang ini, memang memasukkan semua informasi termasuk catatan yang bersifat pribadi dan catatan yang mungkin out of topic dari biasanya dalam satu blog, hehehh... Kenapa? karena saya ingin menjadi blog ini sebagai betuk realisasi dari apa yang ingin saya share dari apa yang terpikir di kepala saya, hehehe.... yaa begitulah kira-kira ^_^

Terakhir, sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk reviewnya yaa, mas Ibrahim.... sangat bermanfaat untuk saya :)

Untuk sahabat-sahabat Bloger lainnya yang juga ingin blognya direview oleh mas Ibrahim silahkan daftarkan blog kamu ya, atau yang ingin sekedar menyambung tali persahabatan dengan mas Ibrahim, silahkan mampir yaa.... Nama blognya "RASA BLOGGER". Semua rasa, cerita dan informasi menarik dan bermanfaat ada disana, pokoknya keren deh blognya ^_^

Wassalamualaikum.... WR, WB

You Might Also Like

16 Comments