Keindahan Nebula Burung Camar

Nebula (Latin: "kabut"; pl. nebulae atau nebulæ, dengan ligatur) adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasm...

Nebula (Latin: "kabut"; pl. nebulae atau nebulæ, dengan ligatur) adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma.

Pada tanggal 11 Januari 2014 lalu, situs apod.nasa.gov mempublikasian gambar yang diberi nama The Seagull Nebula, berikut deskripsinya :

Sebuah hamparan luas gas bercahaya dan debu membentuk wajah mirip burung jika di lihat dari planet Bumi, menunjukkan moniker populer - The Seagull Nebula atau Nebula Burung Camar. Nebula ini berlokasi di bidang Bima Sakti, dekat arah Sirius, bintang alpha di konstelasi Canis Major.

Wilayah ini termasuk objek dengan sebutan Katalog lainnya : terutama NGC 2327, daerah debu kompak dengan bintang besar tertanam di situ yang membentuk kepala burung (alias Nebula Parrot, di atas pusat).

Image Credit & Copyright: Michael Miller
Didominasi oleh cahaya kemerahan atom hidrogen, awan gas dan debu kompleks dengan bintang-bintang muda yang cemerlang mencakup wilayah lebih dari 100 tahun cahaya yang di diperkirakan berjarak 3.800 tahun cahaya dari Bumi.

You Might Also Like

0 Comments