Wednesday, February 12, 2014

Puasa Sunah Ayyaamul Bidh

6 comments
Assalamualaikum...

Reshare broadcast dari grup WA ODOJ #1293

Seperti yang telah kita ketahui, umat muslim disunnahkan puasa 3 hari pada setiap bulannya,yaitu setiap tanggal 13,14 dan 15 bulan-bulan Hijriyyah.

Namanya puasa tersebut adalah puasa "Ayyaamul Bidh" atau puasa pada hari-hari terang ketika Bulan Purnama. Adapun niat puasa sunah Ayyamul Bidh adalah sebagai berikut :

"Nawaitu shauma ghodiin an ada'i sunnatun ayyamil Biidh"

Yang artinya : Saya niat berpuasa sunah hari putih karena Allah Ta'ala.

Keutamaan puasa sunah Ayyamul Bidh ini banyak, diantaranya :

“Dari ‘Abdulloh bin ‘Amr bin al-‘Ash radhiallohu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Berpuasa tiga hari setiap bulan seperti berpuasa setahun penuh” ( HR.al-Bukhari 1878 dan Muslim 1159 ). 


Hikmah yang dapat kita ambil dari hadist diatas ialah:
1. Pada setiap kurun waktu waktu yang dilalui manusia, Allah azza wa jalla menetapkan musim-musim kebaikan, dan Dia azza wa jalla mensyariatkan padanya ibadah dan amal shaleh untuk mendekatkan diri kepada-Nya (Lathaiful Ma’arif hal.19-20)

2. Pahala perbuatan baik akan dilipatkan gandakan menjadi sepuluh kali (HR.al-Bukhari 42) karena puasa tiga hari pahalanya dilipatkangandakan sepuluh kali menjadi tiga puluh hari atau satu bulan maka kalau ini dikerjakan setiap bulan berarti sama dengan berpuasa satu tahun penuh.( asy-Syarhul Mumti’ 3/97 dan Bahjatun Nazhirin 2/390)

3. Keutamaan berpuasa ini lebih dikuatkan dengan perbuatan Nabi SAW sendiri, sebagaimana yang diriwayatkan oleh istri beliau yaitu Aisyah radhiyallahu ‘anha.( HR.Muslim 1160)

4. Demikian pula lebih dikuatkan dengan wasiat Nabi SAW  kepada beberapa sahabatnya untuk melakukan puasa ini, seperti kepada Abu Hurairah dan Abu Dzar radhiyallahu ‘anhuma.( HR.al-Bukhari 1124, Muslim 721 dan HR.Muslim 722)

5. Hadits ini juga menunjukkan keutamaan amal ibadah yang dikerjakan secara kontinyu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Amal ibadah yang paling dicintai Allah adalah amal yang paling kontinyu yang dikerjakan meskipun sedikit.”( HR.al-Bukhari 6099 dan Muslim 783)

Faedah/Manfaat Puasa Sunah 3 Hari Pada Setiap Bulan :
1. Menghidupkan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
2. Memberi istirahat pada anggota badan setiap bulannya.

Dalil-Dalil Tentang Puasa Sunah 3 Hari Setiap Bulan :
> Rasulullah SAW berwasiat kepada 3 orang sahabat Beliau supaya puasa 3 hari setiap bulan, yaitu; Abu Hurairah, Abu Darda' & Abu Dzar ra [HR.Bukhari,Muslim,dll]

> Rasulullah SAW bersabda kepada Sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr ra : 
"Dan berpuasalah 3 hari pada setiap bulan. Karena sesungguhnya kebaikan itu akan (dilipatkan) dengan 10 kali lipat. Oleh karenanya engkau se-olah-olah berpuasa selama 1 bulan penuh.” [HR.Bukhari & Muslim]

> Rasulullah SAW bersabda kepada Sahabat Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu tentang pelaksanaannya :
“Wahai Abu Dzar,jika engkau b'puasa 3 hari dlm setiap bulannya maka b'puasalah pd tgl.13,14,15 (maksudnya bln hijriyyah)”  [HR.Tirmidzi dg sanad hasan]

Semoga bermanfaat, 
Silahkan sebarkan info ini supaya mendapat ridha dan pahala dari Allah SWT, Aamiin...

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

6 comments :

  1. Saya belum perna nyoba puasa sunah ayyaamul bidh
    saya kapan-kapan nyoba yah Mbak De Widiani terima kasih

    ReplyDelete
  2. Alhamdulilah dapet doa-nya,, secara niat blum tau saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu niatnya udah saya tuliskan juga, mba.... ^^

      Delete
  3. alhamdulillah. dapat ilmu lg.
    mkasih kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, kK....
      semoga bermanfaat yah....

      Delete