Saturday, March 29, 2014

Indonesia, Mari Budayakan Gemar Membaca untuk INDONESIA HEBAT!

121 comments
Assalamualaikum...

Hai semuanya, selamat hari Sabtu ^_^

Buat saya, hari Sabtu selalu menjadi hari yang menyenangkan. Karena pada hari Sabtu seperti ini orang-orang rumah, kumpul komplit. Gak sepi deh, gak seperti hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jum'at, hehehe....


Oh iya, barusan baru selesai memperbaharui 2014 Reading Challenge di Goodreads. Ternyata di hari ke 88 tahun 2014 ini sudah 32 buku dan juga ebook yang sudah saya baca. Huhuyy... keren gak? Keren dong, meskipun dari 32 buku tersebut, kebanyakan buku-buku yang saya baca itu bercerita tentang kisah fiksi. Hihii....

Menurut saya membaca itu adalah kegiatan yang asyik, menyenangkan, menghibur dan tentunya bermanfaat karena bisa memperluas wawasan dan pengetahuan kita. Karena dengan membaca kita jadi tahu, dari tahu menjadi mengerti, dari mengerti kita jadi belajar, dari belajar kita jadi pintar dan dari pintar kita bisa jadi orang sukses yang cerdas, Insya Allah...

Dari sebuah kesuksesan dan kecerdasan, apa yang selanjutnya bisa kita dapat? Jawabnya adalah negara yang hebat.

Think, kalau kita semua sebagai penduduk negara Indonesia memiliki minat baca yang tinggi, gemar membaca... kita juga bisa benar-benar menjadi Indonesia Hebat.

Peta Negar Kita Tercinta, Indonesia
sumber
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, namun menurut saya, kekayaan yang berlimpah, letak geografis yang strategis, jumlah penduduk yang secara kuantitas tinggi, kemerdekaan dan kedaulatan, kenekaragaman budaya dan semangat persatuan belum lah cukup, tentunya kita juga harus cerdas untuk bisa tetap memelihara dan menjaga kehebatan Indonesia.

Percaya deh, gak ada ruginya menjadi seseorang yang gemar membaca. Banyak manfaat yang akan kita dapat dari membaca. Omong-omong tentang manfaat membaca, saya jadi ingat bukunya DR. Aidh bin Abdullah al-Qarni, MA, yang pernah saya baca beberapa waktu yang lalu, yang berjudul "Don't be Sad". Di buku tersebut tertulis beberapa manfaat dari membaca, berikut saya tuliskan lagi yaa...
  1. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan,
  2. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja,
  3. Dengan sering membaca, seseorang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata,
  4. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir,
  5. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan mengingkatkan memori dalam pemahaman,
  6. Dengan sering membaca seseorang dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain, seperti mencontoh kearifan orang bijaksana dan kecerdasan para sarjana,
  7. Dengan sering membaca, seseorang dapat mengembangkan kemampuannya, baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya di dalam hidup,
  8. Keyakinan seseorang akan bertambah ketika dia membaca buku-buku yang bermanfaat, terutama buku-buku yang ditulis oleh penulis-penulis muslim yang saleh. Buku itu adalah penyampai ceramah terbaik dan ia mempunyai pengaruh kuat untuk menuntun seseorang menuju kebaikan dan menjauhkannya dari kejahatan,
  9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia, dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat,
  10. Lebih lanjut lagi, ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis di antara baris demi baris (memahami apa yang tersirat).
Nah, maka dari itu... aku tuh pengen banget, supaya orang-orang, khususnya yang berada di lingkungan tempat tinggal aku dan umumnya seluruh rakyat Indonesia *ahahaa... ketinggian gak yaa...??* tertarik untuk membaca dan menjadi orang-orang yang gemar membaca. Tidak dipungkiri banyak yang masih salah kaprah dengan menganggap bahwa aktivitas membaca hanyalah untuk mereka yang sedang menempuh studi. Ahh... padahal itu tuh salah banget. Buku ataupun sumber bacaan lainnya yang bermanfaat bisa menjadi teman kapanpun, dimana pun dan bagi siapapun lho...

Namun, sayang... dari tulisan di Kompasiana yang pernah saya baca, menurut hasil survey UNESCO tahun 2010 minat baca masyarakat kita sangat rendah di kawasan Asia. Memang betul sih, mending kalau blogging, karena blogging atau ngeblog itu adalah kegiatan yang sangat bagus sekali. Setuju? Setuju pastinya, hehe... lha ini, orang-orang sepertinya lebih suka nongkrong, nonton, ngobrol, jalan-jalan, belanja dan  bermain game ya dibanding membaca. 

Meskipun kenyataannya seperti itu, tidak apa-apa... setiap orang tentunya memiliki cara sendiri untuk mengisi waktu luangnya, saya menghargai itu. Namun melalui tulisan ini, saya mengajak kamu dan seluruh penduduk negara Indonesia, yukk kita mulai dari sekarang, kita jadikan kegiatan membaca sebagai sebuah kebiasaan sekaligus kebutuhan. Supaya tidak ada lagi, buta huruf, tidak ada lagi kemiskinan dan tidak ada lagi kebodohan di negara kita tercinta, Indonesia.

Dan kalau kamu bertanya siapa saya, saya adalah 1 dari  242.325.638 orang penduduk Indonesia yang menginginkan penduduk Indonesia lainnya menjadi cerdas dengan dimulai dari gemar membaca. ^_^

Jadi, Indonesia... mari budayakan gemar membaca untuk terwujudnya Indonesia Hebat!.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.



Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Ngeblog #IndonesiaHebat
Yukk... ikutan juga, syarat dan ketentuan, silahkan klik disini.

121 comments :

  1. Selamat sore Mbak De Widiani ke 10 point artikel Mbak sangat menginfirasi sekali
    Buat saya Mbak. bagus tulisanya, dan cara penyampaianya sangat mudah
    Di mengerti buat saya yang masih baru di blogging. makasih yah Mbak atas artikel
    Yang sangat indah tentang Budaya gemar Membaca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore, mas Saud :)
      Terima kasih, semoga bisa bermanfaat ya.... :)

      Delete
    2. salam kunjung balas...membaca itu tiang ilmu...

      Delete
    3. tanpa membaca kita bukan siapa2...

      Delete
    4. karena membaca adalah suatu kebutuhan, jadi jika tanpa membaca kita tak akan memperoleh pengetahuan yang banyak...
      Terima kasih mba Tari :)

      Delete
  2. Weh keren dee.. punya saya kalah nih :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya ane jelek bingittzzz...

      Delete
    2. Terima kasih... ahh Dian suka gitu, keren kok tulisan kamu, barusan udah baca :)
      Gak apa-apa, sebagai calon Blogger Profesional alias nubitol *pinjem kata-katanya bang Roz*, kita harus ikut berpartisipasi memeriahkan segala bentuk event yang berkaitan dengan blogging, hihihi

      Delete
    3. hahaha,.. :D betul itu :D (y)

      Delete
    4. :)

      iya jangan bilang-bilang bang Roz kata-katanya aku pakai, nanti minta royalti, repot... ehh bang Roz belum ngisi absen yaa disini, hmm.... mesti disusul nih,

      Delete
  3. Sekarang ane udah paling males membaca neh Dee,,, tp setelah mampir dimari dan nyimak bacaan yg super inspiratif seperti yg dituliskan oleh DR. Aidh bin Abdullah al-Qarni, MA dalm bukunya diatas, saya jadi ingin memulai lagi kebiasaan waktu kecil dulu... :D Thanks Yah Dee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama-sama... ayoo kita mulai gala kan budaya gemar membaca mulai hari ini dan mulai dari diri kita sendiri :)

      Delete
    2. @Edyn Laskar : Ah... ko stop tipu-tipu pace.. :D
      Bilang aja kalau malas terus ko membaca.. Hihihihihi...

      Delete
    3. ehh Pace artinya apa ya...? :D

      Delete
    4. Pace artinya "Bapak-bapak",, hmmm emangnya aku mirip bapak-2 apa... hehe.. orang gagah kok dibilang pace sih... hihihi

      Delete
    5. ohh... bahasa Makasar yaa...

      ya udah kalian ngobrol deh, saya nyimak sekalian belajar... jangan lupa teks translate nya, hehe :)

      Delete
  4. Baca dulu ah,, biar mantap.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapz buca dulu bang yahya, saya si sudah wkwkwk

      Delete
    2. Nanti ceritakan ke saya ya, setelah membaca ? :D

      Delete
    3. hai semuaa... terima kasih sudah mampir disini :)

      Delete
    4. Waaah tenang aja mas indra.. hehe

      Delete
    5. iyaa mas Indra... diharap tenang yaa, ahaha :D

      Delete
  5. Reviewnya keren... semoga bisa menang kk ^_^
    maaf lama gak berkunjung ...

    ReplyDelete
  6. Dengan membaca akan bertambah pengetahuan kita ya teh .. :)
    Mari kita sambut Indonesia Hebat dgn Budayakan gemar membaca di Blog ... ehhh... xixiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, pasti pak Eka paham betul :)
      di blog juga gak apa-apa, sudah banyak banget kan membuat blog dan dikhususkan berbagi berita dan informasi terupdate yang bisa menambah pengetahuan kita :)

      Delete
  7. Setuju banget sama ke 10 point diatas , apalagi sama point ke - 8 dan ke - 9 , intinya No READ NO WORLD hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip ^_^

      and a house without books is like a room without windows :)

      Delete
  8. Wao......setuju sekali, budayakan membaca adalah langkah hebat tuk mengetahui dunia.....

    ReplyDelete
  9. wah saya setuju banget mas.... memang kita harus rajin membaca... tanpa membaca orang takkan pandai/smart.... ya bangsa kita kedepan tanpa generasi yang gemar membaca ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. upss... saya perempuan, hehe :)

      tapi sebenarnya, bukan hanya membaca saja yang akan menjadikan kita pandai dan berpengetahuan luas.... ada berbagai aktivitas yang bisa kita lakukan baik itu melihat maupun mendengar apa saja yang ada disekeliling kita... itu juga bisa menjadi sumber ilmu... insya Allah :)

      Delete
  10. Karena membaca
    Hati bersuara kata
    Maka aku tahu dan bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa... karena dengan membaca kita dapat memperluas wawasan kita :)

      Delete
  11. saya juga sering membaca, seru loh :D
    nice share gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus...
      ini baru, penduduk Indonesi Hebat :)

      Delete
  12. saya membaca kalau pas bukunya seru dan menarik tapi kalau nggak menarik saya suka malas dan ngantuk bacanya, tapi memang penting juga yah mbak banyak membaca jadi tambah pinter dan berwawasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih sebenarnya, kalau pas kebetulan menemukan bacaan yang tidak menarik.... jadi malas menyelesaikannya, tapi kadang dari bacaan yang awalnya kita anggap tidak menarik justru ada sesuatu hal menarik yang bisa kita petik :)

      Delete
  13. setuju sekali mas, tapi kenapa ya kalo buku pelajaran jadi males baca,kalo komik aja saya rajin bgt baca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu sih masalah anda...
      hehe, peace... :)

      tapi bisa dimengerti, karena kalau komik biasanya bergambar, jadi gak ngebosenin ya... sedangkan buku pelajaran biasanya sehalaman full tulisan saja, jadinya wajar jadi agak-agak ngebosenin sedikit.... yang namanya buku pelajaran pastilah isinya sangat bermanfaat buat kita, yaa kan.... :)

      Delete
  14. mari kita budayakan membaca diawali dari diri kita dan keluarga dulu deh..

    ReplyDelete
  15. membaca nambah ilmu dan wawasan.trims sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, setuju...
      Terima kasih kembali :)

      Delete
  16. laa tahzan...!, buku yg menarik,..memang jikka kita membaca buku,,jendela dunia terbuka..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul :)
      tapi buku La Tahzan itu... buku bagus yang best seller di dunia, saya belum pernah baca, hehe :)

      Delete
  17. Dengan membaca kita jadi tau banyak hal dan secara tidak langsung wawasan kita juga akan bertambah ya mbak.?

    ReplyDelete
  18. Yuk Baca buku biar nambah pengetahuan :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk... yukk.... yuuk...
      salam kembali, terima kasih :)

      Delete
  19. Ketika membaca artikel ini, saya jadi teringat ketika bepergian ke Jakarta naik kereta api. Kebetulan saya satu gerbong dengan seorang turis asing. Yang menarik adalah ditangannya tergenggam sebuah buku bacaan. Tampaknya disana budaya baca sudah tertanam kuat berbeda dengan disini. Saya sendiri waktu itu kalau tidak salah ingat untuk bahan bacaan dalam perjalanan hanya bawa koran/majalah/tabloid. Walau saya hobby membaca namun rasanya 'masih malu' di depan umum dalam kendaraan transportasi membaca 'buku favorit'. Dalam perjalanan jauh biasanya saya bawa koran/majalah/tabloid. Kegemaran baca sangat bagus ditumbuhkan sejak dini ke dalam diri adik-adik kita yang masih kecil. Ayo gemar membaca membuka cakrawala kita melihat dunia yang begitu indah. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah mengalami pengalaman seperti itu, salut banget sama orang-orang luar yang sepertinya sudah menanamkan aktivitas membaca sebagai kebiasaan untuk mengisi setiap waktu luang mereka.... meskipun saya lihat ada juga orang-orang Indonesia yang melakukan itu... jujur saya sendiri belum bisa kalau harus mengisi waktu sepenuhnya di perjalanan seperti orang-orang luar negeri dengan membaca, karena suka pusing...

      tappi seperti itu, kebiasaan yang patutbanget untuk kita contoh :)

      Delete
  20. seperti halnya menulis, membaca itu menyehatkan jiwa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini, setuju banget :)

      mengenai menulis, bahkan lebih dari itu, menulis adalah suatu aktivitas yang sangat penting, suatu peristiwa besar dalam sejarah kehidupan dunia ini ditandai dengan aktivitas menulis...

      Delete
  21. Tulisan ini menginspirasi aku banget sob...

    http://gamesandroidasik.blogspot.com/2014/03/subway-surfers-world-tour-sydney.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih.... :)
      semoga bisa benar-benar bermanfaat :)

      Delete
  22. lewat kita sering membaca
    jendela wawasan terbuka
    semoga kontesnta menjd terbaik dari yg terbaik ya mbak Dee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... :)
      aamiin, terima kasih :)

      Delete
    2. ahahaha.... sipp, In Syaa Allah, nanti di bikin post blog, yg pengen beseknya tinggal downlod terus print out yaa, hihi :)

      Delete
  23. Benar sekali dengan banyak membaca fikiran akan terbuka, wawasan bertambah walau hanya membaca kisah fiksi tentunya bisa membawa perubahan cara berfikir kita ketika menghadapi sesuatu menuju yang lebih positf
    semoga banyak orang yang jadi gemar membaca dengan membaca artikel di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. "semoga banyak orang yang jadi gemar membaca dengan membaca artikel di atas"

      Aamiin :)

      Delete
  24. membaca pastinya menambah ilmu kita dan membaca sebagai hobby juga dapat mengisi masa kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, Mizz Aiza :)

      oh iya jadi ingat juga kata-katanya, mba Asma Nadia, bahwa :
      "buku tak hanya sebagai pengisi waktu luang, judul yang tepat bisa membantumu mengubah keadaan dan masa depan...."

      Delete
  25. dengan membaca manusia bisa mengeliminir kebodohan ya,, karena buku memang sebagai jendela dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... dan saya sangat setuju dengan pepatah tersebut, bahwa :
      "buku adalah jendela dunia"

      Memang begitulah kenyataannnya, khususnya yang saya rasakan, yukk... terus kampanyekan budaya gemar membaca, supaya semakin banyak orang, khususnya orang Indonesia menjadi orang-orang yang mempunyai minat baca yang tinggi.... Membaca... membaca apa saja, yang penting bermanfaat. :)

      Delete
  26. Yups, bener semua tuh.. hehe. Kalau boleh saya tambahin dikit ya sist.
    - Membaca juga membantu kelancaran usaha penerbitan dan penulis.
    Tentunya bila kita membaca buku yg asli, bukan kopian atau bajakan heuheu.. (~_~)
    Thanks sudah berbagi. Salam sukses selalu yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip... terima kasih banyak sudah membaca tulisan diatas, mas Bobby :), terima kasih juga untuk tambahannya :)

      iya, tanpa pembaca, penulis tak ada artinya... begitu juga sebaliknya ya... tidak akan ada yang disebut sebagai pembaca tanpa ada nya mereka, para penulis.... :)

      Delete
  27. Dengan membaca kita bisa lebih tau perkembangan dunia luar

    ReplyDelete
  28. sangat sepakat dengan postingan diatas. Sebaiknya kita biasakan diri untukk membaca ya kak agar kita bisa semakin pandai dan punya banyak ilmu, wawasan dan pengetahuan untuk menunjang kehidupan kita . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ririn... apakabar?
      Terima kasih untuk kunjungan dan komentarnya, :)

      Delete
  29. asal jangan baca yang tidak benar aja pasti bisa pintar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, ini penting banget.... meskipun gemar membaca itu sangat baik, tapi kita juga harus pandai-pandai menyaring informasi yang kita baca. tidak begitu saja menerima informasi yang kita terima :)

      Delete
  30. rajin membaca ... banyak dapat pengetahuan .
    semakin kita malas untuk membaca. semakin lamban juga kita mendapatkan pengetahuan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, terima kasih mas Ham Dan :)

      Delete
  31. teryata hobi membaca juga ya bak sama dong saya juga hobi membaca saya satu bulan minimal 3 sampai 4 majalah bak

    ReplyDelete
  32. memang mbak dengan membaca membuat kitamenjadi lebih pintar dan berwawasan luas, jadi sangat penting meningkatkan kebiasaan membaca, yah mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Anthonie....
      Terima kasih banyak untuk komentarnya :)

      Delete
  33. Wah tulisannya saya suka, super sekali kak ade

    ReplyDelete
  34. Miris sekali, krn pd kenyataannya generasi muda kita lebih banyak menghabiskan waktunya utk jalan-jalan gak jelas, tau maen game berjam-jam... pdhl itu adl usia2 produktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... ironis memang,

      tidak dipungkiri, persentuhan dan keakraban masyarakat kita terhadap produk-produk posliterasi (televisi, internet, handphone, dan sebagainya) memang memberikan banyak kemudahan, baik itu dalam mempermudah pekerjaan ataupun mempermudah akses informasi dan berita... tapi efek lainnya posilterasi juga melahirkan budaya yang menjadikan kebanyakan jadi malas membaca....

      Delete
  35. membaca dan menulis adalah skill manusia modern, kalau tidak suka membaca dan tidak punya blog, berarti dia primitif hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak Kum-kum apa kayak flinstones coba?

      Delete
    2. mba Elsa : haha... jadi ingat post blog temanku, dia menulis judul untuk postingannya dengan judul : "Blogger Yang Tidak Mau Menulis Adalah Rakyat Jelata Dunia Maya"

      Bang Zach : itu biarlah hanya menjadi rahasia mba Elsa, hehehe

      Delete
  36. nah ini dia membangun banget. siip Mbak. kita memang harus gemar membaca, biar top dan nggak diinjak2 bangsa lain ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih....

      iya rasanya tidak ada ruginya menjadi orang yg gemar membaca dan cerdas... karena kalau kita cedas kita gak akan diinjak-injak bangsa lain.... eh jadi ingat juga tulisannya Bung Karno yang berjudul Bung Karno untuk Malaysia, salah satu kalimatnya :
      "kita tunjukkan bahwa kita masih memiliki Gigi yang kuat dan kita juga masih memiliki martabat."

      Delete
  37. semoga artikel ini jadi pemenang ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... aamiin... terima kasih ^_^

      Delete
  38. gemar membaca akan banyak informasi dan tambah wawasan untuk kita ya mbak...
    thanxs, artikelnya bermanfaat. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali... salam kenal juga :)

      Delete
  39. Indonesia memang masih kurang ya minta membaca bukunya :(

    ReplyDelete
  40. betul juga D dengan membaca ( buku/ koran/majalah )kita jadi tahu permasalahan yang sedang berlangsung saat ini,dngan membaca kita jadi pintar untuk membedakan yang baik dan buruk,dengan membaca kita jadi bisa melakukan apa saja yang menurut kita lebih baik
    Nice post

    ReplyDelete
  41. Wah ada slogan "INDONESIA HEBAT" kalau nda salah itu ucapan atau pekikan dari salah satu capres dari partai tertentu ya. Hiehiheiee. Nah ya jangan jangan ini blognya tim suskes capres itu Hihihihihihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai... jeli juga, iya betul "Indonesia Hebat" adalah iklan kampanye milik salah satu partai peserta pada pemilu nanti... iklan tersebut adalah iklan PDI Perjuangan... tapi jujur, saya bukan tim sukses capres dari partai tersebut ataupun tim sukses capres dari partai lainnya....

      mengenai tulisan diatas, memang sengaja dibuat untuk diikutseratkan dalam kontes blog #IndonesiaHebat yang memang diadakan oleh Tim Indonesia Hebat, yang kebetulan juga, sebelumnya saya sudah merencanakan untuk menulis sesuatu tentang keinginan/harapan saya supaya, seperti yang sudah saya sampaikan diatas, penduduk Indonesia lainnya menjadi cerdas dengan dimulai dari gemar membaca :)

      Informasi selengkapnya mengenai kontes tersebut, bisa dicek di :
      indonesiahebat.org/kontesngeblog

      Delete
    2. Membaca memang menjadi kebutuhan bagi kami sekeluarga. Kami memiliki perpustakaan keluarga sendiri di rumah. Dulu sebelum menkah, saya dan istri (waktu itu masih calon) memang gemar membaca buku. Kami banyak koleksi buku sewaktu kami kuliah. Begitu nikah (kini sudah punya dua anak) buku buku digabungkan jadi satu. Jadilah perpustakaan Keluarga. Insya Allah buku buku ditambah kokleksinya setiap bulan minimal ada satu

      Delete
    3. waww... super!!
      contoh keluarga teladan, jadi pengen berkunjung ke rumahnya, ehehee....
      Saya gak pasti, kadang dalam satu bulan membeli beberapa buku, kadang tidak sama sekali kadang hanya satu atau dua buku saja....

      Salam untuk keluarganya ya Kang Asep :)

      Delete
    4. Hhih iya Insya Allah akan disampaikan. Salam kami , Pontianak, Kalimantan barat

      Delete
    5. oke... :)
      salam ukhuwah dari Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, planet Bumi, galaksi Bima Sakti, hehe

      Delete
  42. semoga sukses dengan lombanya ya, dek

    ReplyDelete
  43. sepertinya emang budaya dinegera kita harus ditingkatkan. ayo indonesia hebat!!! he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. budaya membaca ya...? ya ya ya... setuju, hehe

      Delete
  44. Bisa bikin artikel juga berkat suka membaca, keliatan pasti perbedaan bagaimana tulisan seseorang yang biasa baca dan tulisan seseorang yang tidak pernah mau baca. Kalau disini sudah sangat jelas terlihat kalau yang nulis pasti hobi baca karena dari nama julukan yang di pakai nya juga mewakili. Beda dengan saya yang masih acak adul kalo nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Roz... Terima kasih :)
      oh nama yang di FB ya, hehe... itu dulu ceritanyaikutan giveaways di sebuah blog, yang menharuskan setiap peserta memakai nama belakang di akun sosmednya menggunakan frase yang ada "book"-nya... ya udah deh, aku pakai LoveBooks, hehe... eh sampe sekarang jadi dipakai terus, hehe

      ahhnggak kok, tulisan-tulisannya bang Roz, cara nulis nya rapi :)

      Delete
  45. dengan membaca, kita akan banyak ilmu...dengan membaca kita akan lebih bijak...mungkin... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho... kok mungkin...? :D

      Terima kasih kunjungan dan komentarnya :)

      Delete
  46. Yuk hebatkan Indonesia melalui kegiatan membaca ;)

    ReplyDelete
  47. Setelah membaca manfaat dari membaca, ane jd semangat membaca lg neh.

    *komen ane belibet, tp ane bukan mastah yg ada di grup FB itu y?*

    xi..xi..xi....

    ReplyDelete
  48. Membaca adalah Tiang Ilmu
    Sholat 5 Waktu adalah Tiang Agama
    Artikel yang bermanfaat : salam http://blanter-forever.blogspot.com

    ReplyDelete